KOMPETENSI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGELOLA MOTIVASI BELAJAR SISWA

Darrotul Jannah(1*), Yoyoh Badriyah(2), Dede Majreha Djoharuddin(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

This study aims to determine the competence of teachers, student learning motivation, and the obstacle and support factors for Akidah Akhlak teacher competence in increasing student learning motivation at Madrasah Aliyah Tunas Cendekia Babakan Ciwaringin Cirebon. This study used a descriptive qualitative method with data collection techniques through observation, interviews and documentation review. From this study it can be concluded that Akidah Akhlak teachers at Madrasah Aliyah Tunas Cendekia do not apply social competence and professional competence but only apply pedagogic competence and personality competence. Teachers of Akidah Akhlak at Madrasah Aliyah Tunas Cendekia have not fully mastered teacher competence. By examining students' learning motivation at Madrasah Aliyah Tunas Cendekia, it found out that student learning motivation is still quite high. The obstacle of Akidah Akhlak teachers in increasing student learning motivation at Madrasah Aliyah Tunas Cendekia comes from Aqidah Akhlak teacher’s lackness of teacher competence, especially social and professional competence.

Keywords:Teacher Competence, Student Learning Motivation, Students.

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru, motivasi belajar siswa, dan faktor penghambat dan pendukung kompetensi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Tunas Cendekia Babakan Ciwaringin Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan tinjauan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Tunas Cendekia tidak mengaplikasikan kompetensi sosial dan kompetensi profesional melainkan hanya mengaplikasikan kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian. Motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Tunas Cendekia dalam kategori cukup tinggi. Penghambat kompetensi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Tunas Cendekia berasal dari guru Akidah Akhlak yang kurang menguasai kompetensi guru, lebih tepatnya kompetensi sosial dan profesionalnya.

Kata Kunci:Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, Siswa.


Full Text:

PDF

References


Akbar, A., & Aplisalita, W. O. D. (2021). Fungsi Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 203-212.

DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.286

Anton, A., & Usman, U. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pendekatan Pengelolaan Kelas. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(1), 69-83. DOI: https://doi.org/10.52266/tadjid.v4i1.327

Hafzah, H. (2013). Hubungan Sense of Humor Guru dalam Mengajar di Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sangatta Utara. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(4). DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i4.3516

Hidayati, R. (2020). Peran orang tua: komunikasi tatap muka dalam mengawal dampak gadget pada masa golden age. Source: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2).

DOI: https://doi.org/10.35308/source.v5i2.1396

Jamil, S. (2014). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lubis, A. E., & Agus, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas pada Permainan Bola Voli melalui Variasi Pembelajaran Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 13(2), 58-64. DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v13i2.21028

Mangkunegara, A. A. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.

Nasrudin, E. (2013). Psikologi Manajemen, Bandung: CV. Pustaka Setia.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan Bahasa (Surakarta). Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

Nurhadi, A. (2018). Manajemen Laboratorium dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 1-12. DOI: https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1225

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 4(2), 337-343. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351

Ridwan, I. R. (2016). Keterkaitan Pendidikan dengan Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Sumber Daya Manusia (Sdm). Jurnal Geografi Gea, 9(1). DOI: https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1677

Rugian, S. N., Koagouw, F. V., & Putri, A. K. (2018). Motivasi Pemustaka untuk Memanfaatkan Koleksi Perpustakaan Sekolah Tinggi Ekonomi Eben Haezar Manado. Acta Diurna Komunikasi, 7(3).

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97. DOI: https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Suandi, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru menggunakan Globe Melalui In House Training di SDN Banteng Keselet Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7), 2001-2010. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v2i7.1047

Subianto, B., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1683-1689. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.900

Wardiah, D. (2017). Peran storytelling dalam meningkatkan kemampuan menulis, minat membaca dan kecerdasan emosional siswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 42-56.

DOI: https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i2.1236

Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau dari Latar Belakang Pilihan Jurusan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa di STKIP Siliwangi Bandung. TEOREMA: Teori dan Riset Matematika, 1(1), 47-54. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i1.540




DOI: 10.24235/oasis.v7i2.13994

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :

                                        

                                                                                                                            
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)