Implementasi Nilai-Nilai Agama Islam Dari Orang Tua Pengganti Terhadap Terbentuknya Perilaku Anak Pada Keluarga Perantau Di Desa Dukuhlo Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes.
(1) SD Negeri Dukuhlo 1 Kec. Bulakamba Kab. Brebes.
(*) Corresponding Author
Abstract
The role of parents as the first and foremost educator who instills the foundation of children's mental development. But what if parents go to work wandering out of town and entrust their children to the family like grandma or aunt. Based on the research background it aims to: (a) finding out the implementation of Islamic Values in Dukuhlo Village (b) finding out the Implementation of Islamic Religious Values of the children of the nomads in Dukuhlo Village, and (c) finding out how educate / instill Islamic Values from surrogate parents towards the formation of Behavior of migrant family children in Dukuhlo Village, Bulakamba District. The method used in this study is a qualitative approach that intends to understand the phenomenon of what is experienced by research subjects such as: religious values, behavior, perceptions, actions, and others, in a holistic manner. Data collection was done by observation, documentation, and interview techniques. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The conclusion of this study is that the Implementation of Islamic Values in Dukuhlo Village, Brebes District. The process of planting the values of Islam on migrant family children in Dukuhlo Village runs with the cooperation of several parties, namely, religious leaders, religious teachers in schools and foster mothers. Between substitute parents, and religious teachers or religious leaders, there is a good cooperation, which is to coordinate with each other
Peran orang tua sebagai pendidik pertama dan utama yang menanamkan dasar perkembangan jiwa anak. Tapi bagaimana jika orang tua pergi bekerja merantau ke luar kota dan menitipkan anak-anaknya pada keluarga seperti nenek atau bibi. Berdasarkan latarbelakang masalah penelitian ini bertujuan (a) mengetahui pelaksanaan Nilai-nilai Agama Islam yang ada di Desa Dukuhlo (b) mengetahui Implementasi Nilai-nilai Agama Islam anak Keluarga perantau yang ada di Desa Dukuhlo (c) mengetahui cara mendidik/ menanamkan Nilai-nilai Agama Islam dari orang tua pengganti terhadap terbentuknya Perilaku anak keluarga Perantau di Desa Dukuhlo Kecamatan Bulakamba.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian seperti : nilai-nilai agama, perilaku, persepsi, tindakan, dan lainnya, secara holistik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi,dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Implementasi Nilai-nilai Agama Islam di Desa Dukuhlo Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Proses dalam penanaman nilai-nilai Agama Islam pada anak keluarga Perantau di Desa Dukuhlo berjalan dengan adanya kerja sama beberapa pihak yaitu, tokoh agama, guru agama yang ada di sekolah dan ibu asuh. Antara orang tua pengganti,dan guru agama atau tokoh agama terjalin suatu kerja sama yang bagus, yakni saling berkoordinasi satu sama lain
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Cakya. (2018). Wawancara Mengenai Penanaman Nilai-nilai Agama Islam yang berada di Desa Dukuhlo.
Heriawan, A. (1988). Mengenal Manusia dan Pendidikan. Yogyakarta: Liberty.
Khunaenah. (2018). Wawancara mengenai Penanaman Nilai-Nila Agama Islam dari orang tua pengganti.
Kuyi. (2018). Wawancara Mengenai Penanaman Nilai-nilai Agama Islam yang berada di Desa Dukuhlo bersama orang tua pengganti.
Langgulung, H. (2004). Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologis, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: Husna Baru.
Manis. (2018). Wawancara mengenai Penanaman Nilai-Nila Agama Islam dari orang tua pengganti.
Maskunah. (2018). Wawancara tentang penanaman Nilai-Nilai Agama Islam berdasarkan Fase Perkembangan Anak.
Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muchlas, S. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurmatusholikha. (2018). Wawancara mengenai penerapan Nilai-Nilai Agama Islam dari orang tua pengganti di Desa Dukuhlo.
Nurohmah. (2018). Wawancara tentang Implementasi Nilai-nilai Agama Islam dari orang tua pengganti agar terbentuknya perilaku anak yang berakhlak.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Samino. (2010). Implementasi Pendidikan Spiritual Keislaman dan Keindonesiaan. Surakarta: Fairuz Media.
Santrock, J. W. (2011). Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika.
Ali, M. (2014). Memahami Riset Perilaku dan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Ansori, M. (2016). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik. Jurnal Pusaka: Media Kajian Dan Pemikiran Islam, 8, 14–32.
Asmani, J. M. (2017). FULL DAY SCHOOL: Konsep, Manajemen, dan Quality Control. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Astuti, M. (2013). Implementasi Program Fullday School Sebagai Usaha Mendorong Perkembangan Sosial Peserta Didik TK Unggulan Al- Ya ’ lu Kota Malang. Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1 (2), 133–140.
BNN. (2017). Survey Nasional Penyalahgunaan Narkoba di 34 Provinsi Tahun 2017. Jakarta. Retrieved from https://doi.org/10.1073/pnas.0703993104
Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Direktorat Statistik Politik dan Keamanan. (2017). STATISTIK KRIMINAL 2017. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Farida, I. (2018). Wawancara Tentang Program Pendidikan Karakter di TKIT Al-Hikmah. Cirebon.
Hamid, A. (2016). Metode Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 17 Kota Palu. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(2), 195–206.
Irianto & Bungin. (2015). Pokok-pokok Tentang Wawancara. In Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Varian Kontemporer (15th ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Kemendikbud. Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (2014).
Kemendikbud. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk). Kemendikbud. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Retrieved from cerdasberkarakter.kemendikbud.go.id
KPK. (2017). Rekapitulasi Tindak Pidana Korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jakarta: KPK. Retrieved from https://acch.kpk.go.id/id/statistik/tindak-pidana-korupsi
Mansur. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyati, B. (2018). Wawancara Tentang Program Pendidikan Karakter di TKIT Al-Hikmah. Kota Cirebon.
Muzianah, S. (2017). Upaya Guru Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Bagi Pembentukan Akhlakul Karimah Di SDIT As Sunnah Kota Cirebon. OASIS (Jurnal Ilmiah Kajian Islam), 1 (2), 60–78.
Nasihin. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Mulia. Ummul Quro, 5(Jurnal Ummul Qura Vol V, No. 1, Maret 2015), 1–10. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531
Nurlaela. (2018). Wawancara Tentang Program Pendidikan Karakter di TKIT Al-Hikmah. Cirebon.
Ratnawati. (2018). Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Pangkep: STKIP Andi Matappa Pangkep.
Samani, M., & Hariyanto. (2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.
Sobur, A. (2016). Kamus Besar Sosiologi. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Bandung: Alafabeta.
Sisdiknas. Undang-Undang Republik Indonesia,Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Pasal 1 (2003).
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfa Beta.
Uhbiyati, N. (1997). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Waesah. (2018). Wawancara tentang Implementasi Nilai-nilai Agama Islam dari orang tua pengganti agar terbentuknya perilaku anak yang berakhlak.
Warsih. (2018). Wawancara tentang penanaman Nilai-Nilai Agama Islam berdasarkan Fase Perkembangan Anak.
Wasnya. (2018). Wawancara tentang Implementasi Nilai-nilai Agama Islam dari orang tua pengganti.
Zamroni. (2018). Wawancara dengan Tokoh Agama Mengenai Penanaman Nilai-nilai Agama Islam yang ada di Desa Dukuhlo.
DOI: 10.24235/oasis.v3i2.3924
Article Metrics
Abstract view : 201 timesPDF - 74 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)