ANALISIS SWOT PERENCANAAN PEMBELAJARAN LURING DI MADRASAH PADA MASA PANDEMI CORONA VIRUS
(1) STID al-Biruni Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Planning is an activity process that are expected to minimize problems that arise so that an activity can achieve the goals that have been set. Analysis of Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats or SWOT in planning learning in education is carried out for measuring the success of learning programs in schools through lesson plans and syllabi which are used as guidelines in implementing learning. This article aims to find out the results of the SWOT analysis of offline learning planning carried out at Asy-Syuhada Junior High School during the Covid-19 pandemic. The data obtained through the search for literature studies in various references to add the discussion in the article. The references used are the results of surveys, observations and interviews. The research method in this article is a descriptive qualitative research method that describes the occurrence of a learning process in an inclusive education setting. From this study, it can be concluded that the results of the SWOT analysis as the main strength factor for learning planning are the availability of adequate facilities for the continuity of the teaching and learning process. The weakness of schools in learning planning is that the preparation of lesson plans and syllabus by subject teachers is not in accordance with the conditions during the Covid-19 pandemic. Opportunities for schools to monitor students more effectively in the implementation of learning because school activity teaching and learning activities are carried out in the boarding school environment, besides that teachers who are not busy in school activity teaching and learning activities are a threat to schools because there will be outside activities so that there is a decrease in teacher loyalty to schools.
Keywords : Lesson Planning, New Normal, Covid-19.
Abstrak
Perencanaan adalah sebuah proses kegiatan yang disipakan dan disertai dengan berbagai langkah yang diharapkan dapat meminimalisir persoalan yang timbul agar sebuah kegiatan tersebut dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Analisis Strenghts, Weaknesses, Opportunities, dan Threats atau SWOT pada perencanaan pembelajaran dalam pendidikan merupakan cara mengukur keberhasilan program pembelajaran di sekolah melalui RPP dan silabus yang dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis SWOT perencanaan pembelajaran luring yang dilakukan di SMP Asy-Syuhada pada masa pandemi Covid-19.Data yang diperoleh melalui pencarian studi literatur di berbagai referensi untuk menambah pembahasan didalamartikel. Referensi yang digunakan adalah hasil survei, observasi dan wawancara. Metode penelitian dalam artikel ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan tentang kejadian suatu proses pembelajaran dalam setting pendidikan inklusif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil analisis SWOT sebagai faktor kekuatan utama perencanaan pembelajaran adalah tersedianya fasilitas yang memadai dalam keberlangsungan proses KBM. Sedangkan kelemahan sekolah dalam perencanaan pembelajaran adalah penyusunan RPP dan silabus oleh guru mata pelajaran belum sesuai dengan kondisi pada masa pandemi Covid-19. Peluang bagi sekolah dalam memantau siswa lebih efektif dalam pelaksanaan pembelajaran karena kegiatan KBM dilaksanakan didalam lingkungan pesantren, terlepas dari ini guru-guru yang tidak disibukkan dalam aktivitas KBM menjadi ancaman bagi sekolah karena akan mempunyai aktivitas diluar sehingga terjadi penurunan loyalitas guru kepada sekolah.
Kata kunci: PerencanaanPembelajaran, New Normal, Covid-19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, U. M. K., & Azis, A. (2019). Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai Terhadap Pengembangan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 51. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.355
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Ambarita, J., Jarwati, & Restanti, D. K. (2020). Pembelajaran Luring. In A. Perancang (Ed.), Penerbit Adab (CV. Adanu Abimata). Penerbit Adab (CV. Adanu Abimata) Anggota I KAPI.
Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. In Amiruddin (Ed.), Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI) (1 ed.).
Darmawan, I. (2020). “Pembelajaran Pendidikan Jasmani Secara Tatap Muka Di Era New Normal.” Seminar & Conference Nasional Keolahragaan., 1, 189–194.
Haerunnisa, Permana, A., & Firmansyah, R. (2020). Peranan Smarthphone Dalam Dunia Pendidikan Di Masa Covid-19, Pandemi. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Vol.7, No.2 Desember 2020, 7(2), 1–10.
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Herawaty, D. (2018). Peningkatan Kompetensi Siswa SMP di Kota Bengkulu melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika (MPM-SMP). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 46–62. https://publikasi.polije.ac.id/index.php/j-dinamika/article/view/527
Khanifah, U., Fathoni, A., & M, M. M. (2020). Pengembangan sumber daya manusia pada pengerajin mebel limbah kayu dengan analisa swot (Efas-Ifas) (studi kasus: pengrajin mebel limbah kayu desa kangkung, kec. Mranggen, kab. Demak). Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, 2(4), 1–22.
Kusbandono, D. (2019). Analisis Swot Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis ( Study Kasus Pada Ud. Gudang Budi, Kec. Lamongan). Jurnal Manajemen, 4(2), 921. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.250
Laudria Nanda Prameswati, Istiana Malikatin Nafi’ah, P. Y. P. (2021). Program Pendampingan Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 3(1), 18–24.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640
Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1–12. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/1190
Qasim Maskiah, M. (2016). Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaan. Jurnal Diskursus Islam, 04(3), 484–492.
Salmon Priaji Martana. (2018). Problematika Penerapan Metode Field Research Untuk Penelitian Arsitektur Vernakular Di Indonesia. Dimensi (Jurnal Teknik Arsitektur), 34(1), 59–66. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/ars/article/view/16458
Seknun, M. Y. (2014). Telaah Kritis Terhadap Perencanaan Dalam Proses Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 80–91. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a6
Sitanggang, Y. R. U. (2019). Penerapan Analisis SWOT dalam Penyusunan Rencana Stratejik ( Renstra ) pada Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III Badan Pusat Statistik. Pendidikan, 2(1), 1–11.
Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. In Suaka Media. Suaka Media.
DOI: 10.24235/oasis.v7i2.9379
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)