PRAKTEK GHARAR PADA ENDORSEMENT PRODUK DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Angga Syahputra(1*), Yoesrizal M Yoesoef(2),


(1) Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
(2) Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
(*) Corresponding Author

Abstract


Penjualan produk dengan metode endorsement pada media sosial instagram sedang trend dilakukan. Metode ini dinilai efektif dan efesien oleh produsen dalam memasarkan produknya. Dalam memasarkan produk di media sosial instagram, biasanya produsen menggaet selebritis instagram yang memiliki jumlah folloowers yang banyak. Bermodal followers yang banyak, pada kenyataannya, endorser kerap melakukan praktek gharar dalam memasarkan produk. Praktek gharar yang dilakukan endorser dapat berupa informasi yang disampaikan maupun praktek yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan metode yuridis empiris dengan mengkomparasikan antara hukum yang seharusnya ada dengan kenyataan yang terjadi di masyarakat. Hasil penelitian memaparkan guna menghindari praktek gharar dalam endorsement produk, endorser harus memahami rukun dan syarat dalam jual-beli, bersikap jujur serta menjunjung tinggi etika dalam muamalah.

Kata Kunci: Gharar, Endorsement, dan Instagram.


Full Text:

PDF

References


Aksamawanti. (2019). Gharar: Hakikat Dan Pengaruhnya Terhadap Akad. Syariati, 5(1), 43-56.

Aksin, N. (2016, Desember). Pandangan Islam Terhadap Pemanfaatan Media Sosial. Jurnal Informatika UPGRIS, 2(2), 119-120.

Al-Ghazali. (2005). Ihya 'Ulum al-Din. Beirut: Dar ibn Hazm.

Al-Qardhawi, Y. (2014). 7 Kaidah Utama Fikih Muamalah, Terj. Fedrian Hasmand. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Al-Qusyairi, M. b.-H. (t.t.). Shahîh Muslim. Bayrût: Dâr Ihyâ al-Turâts al-‘Arabî.

Al-Saati, A. R. (2003). The Permisible Gharar (Risk) in Classical Islamic Jurisprudence. J.KAU Islamic Economics, 16(2), 5.

Al-Saati, A.-R. (2003). The Permissible Gharar (Risk) in Classical Islamic Jurisprudence. Journal of King Abdulaziz University: Islamic Economics, 16(2), 3-19.

Al-Zuhayli, W. (2004). al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh (Vol. 5). Damaskus: Dar al-Fikr.

Bishop, M. (2004). Essential Economics. London: The Economist and Profile Books Ltd.

Black, J. (1997). A Dictionary of Economics. UK: Oxford University Press.

Hamid, A. (2016). Praktek Jual Beli Sistem Online Ditinjau Dari Hukum Islam, Stadi Kasus Mahasiswa Universitas Al Asyariah Mandar, Kabupaten Polewali Mandar. J-ALIF: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Sosial Budaya Islam, 1(1), 74-86.

Haroun, N. (2000). Fiqh Muamalah. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Hosen, N. (2009). Analisis Bentuk Gharar dalam Transaksi Ekonomi. Al-Iqtishad, 1(1), 53-54.

Junaedi, D. (2016, September 14). Saintek Mutakhir. Retrieved Juli 09, 2020, from dedijunaedi.com: http://www.dedijunaedi.com/2016/09/gharar-dalam-bisnis-mlm.html#:~:text=Gharar%20dari%20segi%20fiqih%20berarti,dapat%20diserahkan%2C%20juga%20terkandung%20ketidakrelaan.&text=Dengan%20demikian%2C%20dapat%20diambil%20pengertian,penipuan%2C%20pertaruhan%2C%

Kaplan, A., & Haenlein, M. (2010). Users Of The World, Unite! The Challenges And Opportunities Of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Lidinillah, A. H., & Mawardi, I. (2015, Pebruari). Praktik Gharar pada Hubungan Bisnis UMKM-Eksportir Furnitur di Jepara. JESTT, 2(2), 127.

Manzur, I. (1993). Lisan al-‘Arab (Vol. 5). Beirut: Dar Sadr.

Mardani. (2012). Fiqih Ekonomi Syariah. Jakarta: PRENAMEDIA.

Morissan, A. M. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Penerbit Kencana.

Mowla, M. M. (2019). Identifying the Presence of Gharar in Buying and Selling Mechanism Under Different Kinds of the Market Structure. Global Journal of HUMAN-SOCIAL SCIENCE: ECONOMICS, 19(1), 37-42.

Munawwir, A. W. (1997). al-Munawwir. Surabaya: Pustaka Progressif.

Muqtadir, I. b. (2006). Uang Haram. (A. K. dkk, Trans.) Jakarta: Amzah.

Muttaqin, A. (2010). Transaksi E-Commerce Dalam Tinjauan Hukum Jual Beli Islam. ULUMUDDIN, 6(4), 459-467.

Muttaqin, A. (2010). Transaksi E-Commerce Dalam Tinjauan Hukum Jual Beli Islam . Ulumuddin, 6(4), 466.

Nur, E. R. (2015, Juni). Riba dan Gharar: Suatu Tinjauan Hukum Dan Etika Dalam Transaksi Bisnis Modern. AL-‘ADALAH, 12(3), 647-662.

Pertiwi, W. K. (2019, 12). Sebanyak Inikah Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia? Retrieved 07 10, 2020, from Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2019/12/23/14020057/sebanyak-inikah-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia#:~:text=Saat%20itu%2C%20total%20pengguna%20aktif,dibanding%20rata%2Drata%20pengguna%20global.

Powers, T., Advincula, D., & Austin M, G. S. (2012). Digital and Social Media in The Purchase Decision Process. Journal of Advertising Research.

Rahman, M. F. (2018). Hakekat dan Batasan-Batasan Gharar Dalam Transaksi Maliyah. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 5(3), 256.

Redaksi. (n.d.). IBEC FEBUI. Retrieved 07 08, 2020, from https://www.ibec-febui.com/: https://www.ibec-febui.com/endorsement-dalam-kacamata-ekonomi-islam/

Rusyd, I. (1981). Bidayah al-Mujtahid wa Nihayah al-Muqtasid (Vol. II). Beirut: Dar al-Ma'rifah.

Sabiq, S. (1994). Fiqih Sunnah (Vol. III). Kairo: Dar al-Fath li A’lam al-‘Arabiy.

Saiti, B., & Abdullah, A. (2016). Prohibited Elements In Islamic Financial Transactions: A Comprehensive Review. Al-Shajarah, 21(3), 158.

Syahatah, H., & Adh-Dhahir, S. M.-A. (2005). Transaksi dan Etika Bisnis Islam. (S. B. Satryo, & Fauziah, Trans.) Jakarta: Visi Insani Publishing.

Syahputra, A. (2018). Etika Bisnis Dalam Islam: Suatu Jalan Keseimbangan Dalam Berbisnis. At-Tanmiyah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 70.

Syahputra, A. (2019). Etika Berbisnis Dalam Pandangan Islam. At-Tijarah: Jurnal Penelitian Keuangan dan Perbankan Syariah, 1(1), 21-34.

Taimiyah, I. (2002). Majmu’ al-Fatawa (Vol. III). Beirut: Dar al-Fikr.

Taufiq. (2018). Memakan Harta Secara Batil (Perspektif Surat An-Nisa: 29 dan At-Taubah: 34). Jurnal Ilmiah Syari‘ah, 17(2), 257.

Uddin, M. A. (2015). Principles of Islamic Finance: Prohibition of Riba, Gharar and Maysir. INCEIF, Kuala Lumpur, Malaysia (pp. 1-8). Kuala Lumpur: Munich Personal RePEc Archive.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018, September 2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 277.

Utami, P. B. (2014). "Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Endorsement pada Online Shop di Indonesia". Tesis - Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa.

Warde, I. (2001). Islamic Finance In The Global Economy. Skotlandia: Edinburgh University.




DOI: 10.24235/jm.v5i2.7399

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Mustashfa Indexed by:


Reference Management Tool


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats