Model Pembelajaran Bidang Ekonomi di Pondok Pesantren Al-Mizan Majalengka
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Pesantren memiliki model sistem pendidikan pertama dan tertua di Indonesia. Keberadaannya mengilhami berbagai model, strategi dan sistem-sistem pembelajaran yang ditemukan saat ini. Peran pesantren memiliki peran strategis dalam kemajuan perkembangan ekonomi Islam di Indonesia. Dalam tujuan penelitian mengacu jawaban dari perumusan masalah yakni: untuk dapat mengetahui model pembelajaran pesantren di pesantren Al-Mizan Majalengka. Untuk dapat memahami penerapan model pembelajaran bidang ekonomi tinjauan ekonomi Islam di pesantren Al-Mizan Majalengka. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data dan sumber data terbagi 2 yaitu: data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam atau indept interview, dokumentasi. Validitas dengan cara menggunakan triangulasi. Adapun tahapan analisis data sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, pengambilan keputusan atau verifikasi. Penerapan model pembelajaran yang dilakukan di pesantren Al-Mizan menggunakan pola pembelajaran partisipatif, aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM). Penerapan model pembelajaran secara kontekstual (contextual learning) bidang ekonomi di pesantren Al-Mizan dengan cara active learning yang didesain oleh yayasan Al-Mizan.
Â
Kata Kunci: Pesantren, Model Pembelajaran, Ekonomi Islam
Â
Â
Abstract
Pesantren has a model first and oldest educational system in Indonesia. Its presence inspired a variety of models, strategies and learning systems found today. The role of schools have a strategic role in the advancement of economic development of Islam in Indonesia. In research purposes refers to the answer to the problem formulation: to identify the learning model boarding schools in Al-Mizan Majalengka. To understand the application of learning models economic outlook Islamic economics at Al-Mizan Pesantren Majalengka. The method in this study is a qualitative approach. Data and data sources is divided into two, namely: primary data and secondary data. Data collection techniques of participant observation, in-depth interviews or indept interview, documentation. Validity by using triangulation. The stages of data analysis as follows: data reduction, data presentation, decision-making or verification. Implementation model of learning is done in pesantren Al-Mizan using participatory learning patterns, active, creative, effective and fun (PAKEM). The application of contextual learning model (contextual learning) economics in pesantren Al-Mizan by way of active learning that is designed by the foundation of Al-Mizan.
Keywords: Pesantren, Learning Model, Islamic Economics
Â
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
A.Ahmadi. 1987. Pendidikan Dari Masa ke Masa, Bandung: Penerbit CV. ARMICO.
Aedy, Hasan. 2007. Indahnya Ekonomi Islam, Bandung: Alfabeta.
Amalia, Euis dkk. 2012. Potret Pendidikan Ekonomi Islam di Indonesia, Depok: Gramata Publishing.
Arifin, Muzayyin. 2005. Filsafat Pendidikan Islam (Ed.Revisi), Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (INOVATIF), Bandung: CV.Yrama Widya.
Bobbi DePorter dan Mike Hernacki. 2005. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: PT.Mizan Pustaka.
Bungin, Burhan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
B.R. Hergenhahn dan Matthew H.Olson. 2008. Theories of Learning, Ed. Ketujuh, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Emiliannur, Hubungan antara Model, Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Taktik Pembelajaran, http://www.wordpress.com//, diakses pada tanggal 20 Juni 2010.
Haerisma, Alvien S. 2011. Dinar dan Dirham (Studi Perkembangan dan Penerapan), Cirebon: eduvision publishing.
Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Salemba Humanika.
Heru Setyawan, Pengertian Model Pembelajaran dari Berbagai Tokoh Pendidikan, http://www.blogspot.com//, diakses pada tanggal 11 November 2010.
Hulwati. 2009. Ekonomi Islam (Teori dan Praktiknya dalam Perdagangan Obligasi Syariah di Pasar Modal Indonesia dan Malaysia. Jakarta: Ciputat Press.
Kahf, Monzer. 1995. Ekonomi Islam (Telaah Analitik terhadap Fungsi Sistem Ekonomi Islam), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kartono, Kartini. 1997. Tinjauan Politik Mengenai Sistem Pendidikan Nasional: Beberapa Kritik dan Sugesti, Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
Maulana, Achmad dkk. 2004. Kamus Ilmiah Populer, Yogyakarta: Absolut.
Melong, Lexi J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad. 2008. Metodologi Penelitian: Ekonomi Islam, Jakarta: RajaGrafindo.
Naqvi, Syed Nawab Haider. 1981. Ethics and Economics An Islamic Synthesis, London, UK: The Islamic Foundation.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.
Sholihin, Ahmad Ifham. 2010. Buku Pintar Ekonomi Syariah, Jakarta: PT.Gramedia.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Penerbit: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Statistik untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Supardi. 2005. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Yogyakarta: UII Press.
Tim. 2006. Himpunan Fatwa Dewan Syari’ah Nasional. Jakarta: Dewan Syari’ah Nasional-Majelis Ulama Indonesia
Undang-Undang N0. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wirasasmita, Rivai dkk. 2002. Kamus Lengkap Ekonomi, Bandung: CV. Pionir Jaya.
Yun Yun Yunadi. 2004. “Partisipasi Masyarakat DKI Jakarta di Bidang Pendidikan SMTA (Analisis terhadap APK/APS SLTA Tahun 1998-2000)", Tesis Magister, Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.
DOI: 10.24235/amwal.v8i1.667
Article Metrics
Abstract view : 622 timesPDF - 390 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 Al Amwal Indexed by:
Â
Â
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats