Pengaruh Pembelajaran STEAM Terhadap Karakter Kreatif Ditinjau Jenis Kelamin Anak Usia 5-6 Tahun

Dina Amalia(1), Aan Widiyono(2*),


(1) Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
(2) Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran berbasis STEAM dapat membantu anak-anak mengembangkan kreatifitas dalam proses belajar interaktif sesuai dengan ide-ide yang mereka miliki khususnya di abad 21. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEAM terhadap karakter kreatif ditinjau dari jenis kelamin anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter kreatif anak dalam pembelajaran STEAM mendapatkan nilai F sejumlah 59 skor 81-90 (42.1%). Untuk karakter kreatif anak dengan jenis kelamin laki-laki tergolong lebih kreatif dibanding dengan anak perempuan. Berdasarkan hasil ini tentunya guru diharapkan lebih mengoptimalkan pembelajaran STEAM khususnya pada anak perempuan supaya lebih lancar dalam berpikir, fleksibel, mandiri, dan mengelaborasi secara kreatif.


Keywords


STEAM; karakter kreatif; jenis kelamin.

Full Text:

PDF

References


Amalia, D., J. Sutarto, and Y. K. Sugiyo Pranoto. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bermuatan STEAM Terhadap Karakter Kreatif Dan Kemandirian.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(3):1233–1246. doi: 10.31004/obsesi.v6i3.

Areljung, S., and A. Günther-Hanssen. 2021. “STEAM Education: An Opportunity to Transcend Gender and Disciplinary Norms in Early Childhood?†Contemporary Issues in Early Childhood 0(0):1–4. doi: 10.1177/14639491211051434.

Bishop, J., and D. Ph. 2017. “21st Century Skills (P21).â€

Debeturu, Balandina, and Elisabeth Lanny Wijayaningsih. 2019. “Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Magic Puffer Ball.†Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):233–40.

Fauziddin, Moh. 2017. “Penerapan Belajar Melalui Bermain Dalam Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini.†Jurnal Curricula 1(3).

Günther-Hanssen, Anna, Anna T. Danielsson, and Kristina Andersson. 2020. “How Does Gendering Matter in Preschool Science: Emergent Science, ‘Neutral’ Environments and Gendering Processes in Preschool.†Gender and Education 32(5):608–25. doi: 10.1080/09540253.2019.1632809.

Guyotte, Kelly W., Nicki W. Sochacka, Tracie E. Costantino, and Joachim Walther. 2014. “Steam as Social Practice: Cultivating Creativity in Transdisciplinary Spaces.†Art Education 67(6):12–19. doi: 10.1080/00043125.2014.11519293.

Hasanah, Aas, Ajeng Sri Hikmayani, and Nani Nurjanah. 2021. “Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini.†Jurnal Golden Age 5(2):275–81.

Henriksen, D. 2017. “Creating STEAM with Design Thinking: Beyond STEM and Arts Integration.†Steam 3(1):12–19. doi: 10.5642/steam.20170301.11.

Kemdikbud. 2021. “Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi & STEAM : Jakarta.â€

Khoiriyah. 2018. “Implementasi Pendekatan Pembelajaran Steam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Gelombang Bunyi.â€

Kofac. 2017. “Concept and Definition of STEAM. Seoul: The Korea Foundation for the Advancement of Science and Creativity.â€

Krogh, S. L., and K. L. Slentz. 2008. The Early Childhood Curriculum. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Nurani, Yuliani, and Sofia Hartati. 2020. Memacu Kreatifitas Melalui Bermain. Bumi Aksara.

Perignat, Elaine, and Jen Katz-Buonincontro. 2019. “STEAM in Practice and Research: An Integrative Literature Review.†Thinking Skills and Creativity 31:31–43. doi: 10.1016/j.tsc.2018.10.002.

Putri, S. U. 2019. Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. Sumedang: Royyan Press.

Quigley, C. F., and D. Herro. 2016. “Finding the Joy in the Unknownâ€: Implementation of STEAM Teaching Practices in Middle School Science and Math Classrooms.†Journal of Science Education and Technology. doi: 10.1007/s10956-016-9602-z.

Seidel, S., S. Tishman, E. Winner, L. Hetland, and P. Palmer. 2009. “The Qualities of Quality : Understanding Excellence in Arts Education.â€

Siantajani, Y. 2018. “Playing with Loose Parts.†Modul (Tidak Diterbitkan).

Simanjuntak, E., Y. Hia, and N. Manurung. 2019. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Perbedaan Gender.†School Education Journal PGSD FIP Unimed 9(3):213–220.

Sit, Maganti, and Dkk. 2016. Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana publishing.

Vendrell, R., R. Capdevila, M. Dalmau, A. Geis, and L. Ciller. 2014. “Descriptive Study on Gender Equity in Early Childhood Education in Catalonia, Spain.†International Journal of Humanities and Social Science 4(7):279–290. doi: https://www.ijhssnet.com/journal/index/2524.

Wahyuningsih, Siti, Adriani Rahma Pudyaningtyas, Ruli Hafidah, Muhammad Munif Syamsuddin, Novita Eka Nurjanah, and Upik Elok Endang Rasmani. 2019. “Efek Metode STEAM Pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):305. doi: 10.31004/obsesi.v4i1.305.

Warin, J., and V. A. 2017. “Gender Flexible Pedagogy in Early Childhood Education.†Journal of Gender Studies XX(X):1–12. doi: 10.1080/09589236.2015.1105738.




DOI: 10.24235/awlady.v10i2.13212

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here