Peran Pemerintah Desa dan Manajemen Penyelenggaraan PAUD Berkualitas di Kecamatan Kroya Indramayu

Libri Rizka Windarta(1*),


(1) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemerintah memiliki peran yang besar dalam memajukan pendidikan bagi masyarakatnya, pemerintah desa menjadi penyambung penyalur dana dari pemerintah pusat maka dari itu mempunyai peranan penting untuk menyelenggarakan PAUD di desa masing-masing. Dukungan yang diberikan dapat berupa tanah, bangunan dan tunjangan bagi pendidik serta tendik. Satuan PAUD di kecamatan Kroya sudah menyelenggarakan PAUD  berkualitas bagi peserta didiknya melalui kegiatan yang dibuat oleh masing-masing Lembaga dan disesuaikan dengan karakteristik orangtua. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui peran pemerintah desa dan gambaran PAUD berkualitas di Kecamatan Kroya. Jenis Penelitiannya kualitatif, subyek penelitian kepala sekolah, pendidik serta orangtua. Teknik Pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis data yang didapat kemudian diolah dan disajikan dengan narasi. Temuan penelitian ini adalah masing-masing satuan PAUD mendapat dukungan dari pemerintah desa setempat dan memiliki kegiatan yang berbeda untuk bertransformasi menjadi PAUD berkualitas.


Keywords


Peran Pemerintah Desa; Manajemen Penyelenggaraan PAUD; PAUD berkualitas

Full Text:

PDF

References


Agustina Setiawan, S. I. P. 2022. Pemerintahan Desa (Partisipasi Dalam Perencanaan Pembangunan Desa). Deepublish.

Anon. 2022. Pedoman Peran Desa Dalam Penyelenggaran Paud I.

Guru PAUD dan Dikmas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Direktorat, Riset dan Teknologi Tahun, Nasruddin PTP Ahli Madya, Koordinator Pokja Transformasi Pembelajaran Dit Guru PAUD Dan Dikmas Ditjen GTK, and Kemendikbudristek Pada Kegiatan Webinar Pedoman dan Seri Panduan PAUD Berkualitas. 2022. Pemenuhan Kebutuhan Esensial Anak Usia Dini.

Hetifah Sjaifudian, Ir, and MPP X. Wakil Ketua Komisi DPR RI. 2022. “Konsep Dasar PAUD Berkualitas Dalam Upaya Pemenuhan Hak Anak.”

Indramayu, Opendata Kabupaten. 2023. “Pemerintah & Desa Indramayu.” Retrieved May 7, 2024 (https://opendata.indramayukab.go.id/).

Kelas Orang Tua, -Penyelenggaraan, Penyelenggaraan Kelas Orang Tua, Kementerian Pendidikan, Dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, and Dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2023. Penyelengaraan Kelas Orang Tua.

Kemendikbudristek. 2022a. “Lingkungan Belajar Partisipatif.”

Kemendikbudristek. 2022b. Seri 6-Lingkungan Belajar Aman Dan Nyaman. Jakarta.

Kemendikbudristek. 2022c. “Seri1 Pembelajaran Berkualitas.”

Komalasari, Komalasari. 2022. Paud Berkualitas: Gerakan Menjamin Mutu PAUD. Eureka Media Aksara.

Mahdiansyah, Mahdiansyah. 2023. “Peran Pemerintah Desa Dalam Mendukung Pendidikan Anak-Anak Desa Terpencil.” Jurnal Borneo Humaniora 6(2):87–95.

Margiyanto. 2022. “Pengelolaan PAUD Berkualiatas Melalui Konsep Sekolah Ramah Anak.” Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 7(3):115–21. doi: 10.32585/edudikara.v7i3.291.

Misnawati Misnawati. 2024. “Penguatan Kapasitas Pendidik PAUD Mewujudkan PAUD Berkualitas Secara Holistik Integratif.” Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini 5(3):01–11. doi: 10.59059/tarim.v5i3.1290.

Netti Herawati. 2022. Pengelolaan Satuan PAUD.

Nuryati, Nuryati, and Ade Muslimat Mufrodi. 2020. “Manajemen Penyelenggaraan PAUD.”

Pembinaan, Direktorat. 2022. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas.

Pembinaan, Direktorat, Pendidikan Anak, Usia Dini, Direktorat Jenderal, Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan, and Dan Kebudayaan. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Pedoman Penyelenggaraan.

Pemerintah, Lampiran Peraturan. 2022. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia.

Pendekatan Dasar, Suatu. 2020. Metode Penelitian Kualitatif.

Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat, Pendidikan Dasar, and Dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2021. Panduan Monotioring Dan Evaluasi Penyelenggaraan Lingkungan Belajar Berkualitas PAUD.

Penyelenggaraan Paud Berkualitas Seri, Panduan, Kementerian Pendidikan, Dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, and Dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2022a. Kemitraan Dengan Orang Tua.

Penyelenggaraan Paud Berkualitas Seri, Panduan, Kementerian Pendidikan, Dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, and Dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2022b. Mendukung Pemenuhan Kebutuhan Esensial Anak Usia Dini.

Penyelenggaraan PAUD di Kelompok Bermain Taman Sari Kenten Laut Dessi Andriani, Manajemen. 2022. “Nomor 2 Tahun 2022| 1655 JOTE Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 1655-1665 Journal On Teacher Education Research & Learning in Faculty of Education.” 4.

Priyono, Dwi, M. Ed Direktur, Seameo Ceccep, Kata Kunci, : Sinergi, Peran Keluarga, Peran Sekolah, and Paud Berkualitas. 2018. “Sinergi Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas.”

Wahyudi, Mahdiyansyah. 2023. “Peran Pemerintah Desa Dalam Mendukung Pendidikan Anak-Anak Desa Terpencil.”

Wirta, Mirna Rosa, Ruslan Ruslan, and Hasbi Ali. 2021. “Pemanfaatan Dana Desa Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Gampong Simpang Beutong Kecamatan Muara Tiga Kabupaten Pidie.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 9(2):537–44.




DOI: 10.24235/awlady.v10i2.18974

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here