Implementasi Model Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Berbasis Tema Pada Anak Usia Dini

Durtam Durtam(1*),


(1) IAIN SyekNurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


 

Abstrak

Urgensi mempelajari bahasa Arab karena bahasa Arab gerbang untuk ilmu pengetahuan, terutama ilmu-ilmu Islam. Model pembelajaran bahasa Arab anak usia dini di RA lebih pada pengenalan kosakata sederhana dan masuk pada lingkup tema-tema kurikulum 2013 PAUD. Tujuandaripenelitianiniyaitumengetahui model pembelajaran bahasa arab yang diterapkan di Roudhatul Athfal Kabupaten Cirebon dan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru Raudhatul Athfal dalam mengembangkan pembelajaran bahasa arab sesuai dengan tema-tema pada kurikulum 2013 PAUD di Kabupaten Cirebon. Objek yang diteliti adalah RA yang berada di Kabupaten Cirebon. Subjek penelitian yaitu peserta didik dan guru-guru RA di Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni (1) wawancara mendalam (indepth interview) (2) telaah dokumen (3) Focus Group Discussion (FGD) dan (4) kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini didapatkan yaitu kurikulum, metode, media, dan dampak implementasi model pembelajaran bahasa Arab bagi anak usia dini. Model pembelajaran bahasa Arab dalam kurikulum RA mengalami kendala karena keterbatasan sekolah dalam mengembangkan panduan kurikulum umum RA dari Kemenag RI. Metode pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan di RA Kabupaten Cirebon sudah bervariasi seperti bernyanyi, bercerita, bermain, gerakan, dan pembiasaan. Media pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di RA Kabupaten Cirebon diantaranya adala media gambar, anggota tubuh, kartu, buku, puzzle, dan lain-lain. Penguasaan mufrodat bahasa Arab anak di RA Kabupaten Cirebon sudah di atas 50%. Respon anak dalam model pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan di RA Kabupaten Cirebon yaitu kesulitan sebesar 9%, tertarik 47%, dan antusias 44%.


Keywords


Pembelajaran Bahasa Arab, Mufrodat, Anak Usia Dini, Raudhatul Athfal

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group

Dhieni Nurbiana. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Bahasa di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 2011. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara

Setyosari. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Asdi

Hadi, Sutrisno (1984) Metodologi Penelitian Research II. Jakarta: Puspa Swara

Mardalis (2002) Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, J Lexy (1999) Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Santoso, Soegeng (2011) Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Pendirinya. Jakarta: Citra Pendidikan.

Santoso, Soegeng (2002) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Akla. (2017). Desain Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Penanaman Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Elementary, 3(2).

Alfin, J., & Pangastuti, R. (2018). Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing untuk Anak Usia Dini Indonesia. In Prosiding Seminar Internasional dan Diskusi Panel.

Baroroh, R. U., & Pratiwi, N. (2015). Kebijakan Pendidikan Bahasa Arab pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal. Jurnal Al Mahara, 1(1).

Fajriah, Z. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar (Penelitian Tindakan Pada Siswa kelas I MI Nurul HakimKediri Lombok Barat Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1).

Kusyairy, U., Sartika, I. D., Hidayah, H., Hartati, S., & Nurhidayat. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum pada PAUD Sulapa Eppa. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 25–34.

Mufidah, N., Salamah, U., Muthoharoh, I., & Islamy, M. I. (2019). Hybrid Learning dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab pada Anak Berbantuan Media Al-Mutho. Jurnal Al-Mudarris, 2(1).

Mufti, A., & Fathoni, A. (2018). Permainan Edukatif sebagai Alternatif Pengajaran Bahasa Arab bagi Anak Usia Dini. In Prosiding Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab di Indonesia.

Nazarah, H. (2017). Meningkatkan Pengenalan Kosakata Bahasa Arab melalui Pemanfaatan Media Gambar pada Anak Kelompok B di RA Al-Jannah Jakarta. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Paramita, N. P. (2016). Telaah Kritis Bahan Ajar Bahasa Arab Anak Usia Dini Perspektif Teori Belajar Humanistik. Jurnal Al Manar, 5(1).

Permata, H. E. G., & Laila, A. (2019). Analisis Kelayakan Pengembangan Produk Alat Permainan Edukatif dengan Pengenalan Bahasa Arab bagi Anak Usia Dini. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 8(2).

Ramadhan, S. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak Usia Dini. Jurnal Ummi, 3(2).

Ridwan, & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Raodhatul Athfal. Jurnal Didaktika, 13(1).

Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.

Saptiani. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Kamus Tematik Tiga Bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) untuk MenstimulasiKognitif Anak Usia Dini. Jurnal Ar Raniry, I(2).

Ulfah, M., Durtam, & Maesaroh, I. (2019). Pengenalan Mufrodat Bahasa Arab melalui Permainan Ular Tangga pada Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 5(2).

Yusuf, E. B. (2017). Penerapan Metode Edutainment dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak. Jurnal Yin Yang, 12(2).




DOI: 10.24235/awlady.v8i1.9773

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here