LIFE SKILL DI PESANTREN UPAYA PENINGKATAN DAN PEMBERDAYAAN SANTRI (Studi Kasus di Ponpes Amparan Djati Desa Cisaat Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon)

Syaeful Rohman(1*),


(1) IAIN SYekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Berangkat latar belakang tersebut, penulis menyoroti permasalahan pada (1) Bagaimana proses penerapan life skill yang dilakukan terhadap santri Pondok Pesantren Amparan Djati?, (2) Bagaimana implikasi program life skill terhadap keterampilan dan keahlian santri di Pondok Pesantren Amparan Djati?, Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Amparan Djati Desa Cisaat Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian adalah Santriwan- santriwati Pondok Pesantren Amparan Djati, informan dalam penelitian adalah pengurus Yayasan, Pimpinan Pesantren, Asatidz, Guru dan masyarakat sekitar Pondok Pesantren Amparan Djati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program life skill di Pondok Pesantren Amparan Djati dinilai sangat penting dan di butuhkan oleh para santri. Ada beberapa permasalahan yang di hadapi baik bagi pihak penyelenggara maupun santri yang mengikuti. Untuk pesantren merasa belum mampu memakasimalkan program life skill perbengkelan dikarenakan kurangnya guru yang mengajar dan mesin jahit yang diperoleh dari bantuan/sumbangan dari donatur ini masih kurang layak. Namun implikasi dari kegitan pemberdayaan ini sangatlah dirasakan oleh santriwan-santriwati Pondok Pesantren Amparan Djati.

 

Kata Kunci: Life Skill, Pesantren, Pemberdayaan Santri.


Keywords


Kata Kunci: Life Skill, Pesantren, Pemberdayaan Santri.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abawhida, Ridwan. 2002. Kurikulum Pendidikan Pesantren dan Tantangan Global. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Amir Faisal, Jusuf. 1995. Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Gema Insani Press Anwar, 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup, Bandung: CV Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur penelitian suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V

Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren, Jakarta: LP3S, 1985.

Departemen Agama RI, 2005. Pedoman integrasi life skill terhadap pembelajaran, Jakarta: Direktorat jenderal kelembagaan Agama Islam

Freire, Poulo, 1985. Pendidikan Kaum Tertindas, Jakarta: LP3ES.

Haedari, Amin. 2004. Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka. Hary Hikmat, 2001. Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Bandung: Humaniora.

Haidar Putra Daulay, 2007 . Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, jakarta: media kencana.

Ismawati, 2004. “Melacak Cikal Bakal Pesantren Jawaâ€, dalam Anasom (ed), Merumuskan Kembali Interrelasi Islam-Jawa, Yogjakarta: Penerbit Gama Media

Lexy J. Moleong, 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Majid, Nurcholis. 2002. Dinamika Pesantren dan Madrasah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Masyhud, M. Sulthon , dkk. 2004. Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka.

M. Dian Nafi’, dkk, 2007. Praksis Pembelajaran Pesantren, Yogjakarta: Instite For Training and Development (ITD) Amhers MA, Forum Pesantren Yayasan Salasih.

Mas’ud, Abdurrohman. 2000.“Pesantren dan Walisongo : Sebuah Interaksi dalam Dunia Pendidikan,†dalam Islam dan Kebudayaan Jawa, Yogjakarta : Penerbit Gama Media

Mukti Ali, 1987. Meninjau Kembali Pesantren sebagai Lembaga Pendidikan Ulama dalam Pesantren, Jakarta: P3M.

Muthohar, Ahmad . 2007. Ideologi Pendidikan Pesantren; Pesantren Di Tengah Arus Ideologi-Ideologi Pendidikan, Semarang: Pustaka Rizki Putra

Suparlan, 2011. Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum Dan Materi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Bandung: PT. Refika Aditama,

Pranarka, 1996. Dalam Pemberdayaan: Konsep, Kebijakan Dan Implementasi, Jakarta: CSIS. Slamet PH, 2002. Pendidikan Kecakapan Hidup, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan No. 037.

Wahid, Abdurrahman. 2001. Menggerakkan Esai-esai Pesantren, Yogyakarta:Lkis




DOI: 10.24235/empower.v2i2.4638

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Empower : Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam

      

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.