PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
faktor yang berkaitan dengan kinerja guru, melalui kinerja yang baik, maka proses
komunikasi pendidikan di suatu sekolah akan terlaksana dengan baik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengungkap sejauhmana pengaruh kepemimpinan kepala sekolah
perempuan terhadap kinerja guru di MTsN Ciledug Cirebon. Metode penelitian ini ialah
kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah 67 guru dengan sampel 30 guru.
Instrumen yang dipergunakan adalah angket. Teknik analisis yang dipakai ialah teknik
analisis Statistik Parametris sebagaimana jenis penelitian bersifat asosiatif, dengan
memakai korelasi bivariate atau Product Moment Pearson. Hasil yang memperlihatkan
bahwa ada hubungan yang sangat kuat antara Variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah
perempuan (X), dengan Kinerja Guru di MTsN Ciledug Cirebon sebesar 0,825 atau
memiliki pengaruh langsung sebesar 68,0625%. Hal tersebut berarti apabila
kepemimpinan Kepala Sekolah perempuan sudah baik, maka kinerja guru pun menjadi
baik.
Full Text:
PDFReferences
Baporikar, Neeta. (2015). “Educational Leadership for Enhancing Quality in Teacher
Educationâ€. Nwachukwu Prince Ololube, Peter James Kpolovie, Lazarus Ndiku
Makewa, Handbook of Research on Enhancing Teacher Education with Advanced
Instructional Technologies. Hershey PA, USA: IGI Global book, 320-341.
Carli, L. L. (1999). “Gender, Interpersonal Power, and Social Influenceâ€. Journal of Social,
(1), 81-99.
Channar, Zahid Ali, Zareen Abbassi, Imran Anwar Ujan. (2011). “Gender Discrimination in
Workforce and its Impact on the Employees.†Pak. J. Commer. Soc. Sci, 5 (1), 177-191.
Cruickshank, Vaughan. (2017). “The Influence of School Leadership on Student Outcomesâ€.
Open Journal of Social Sciences, 05(09), 115-123.
Engels, Nadine, Gwendoline Hotton, Geert Devos, Dave Bouckenooghe. (2018). “Principals
in Schools with a Positive School Cultureâ€. Educational Studies, 34 (3), 159-174.
Frankel, Lois P. (2007). See Jane Lead: 99 Kiat Sukses Memimpin Bagi Perempuan. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Baporikar, Neeta. (2015). “Educational Leadership for Enhancing Quality in Teacher
Educationâ€. Nwachukwu Prince Ololube, Peter James Kpolovie, Lazarus Ndiku
Makewa, Handbook of Research on Enhancing Teacher Education with Advanced
Instructional Technologies. Hershey PA, USA: IGI Global book, 320-341.
Carli, L. L. (1999). “Gender, Interpersonal Power, and Social Influenceâ€. Journal of Social,
(1), 81-99.
Channar, Zahid Ali, Zareen Abbassi, Imran Anwar Ujan. (2011). “Gender Discrimination in
Workforce and its Impact on the Employees.†Pak. J. Commer. Soc. Sci, 5 (1), 177-191.
Cruickshank, Vaughan. (2017). “The Influence of School Leadership on Student Outcomesâ€.
Open Journal of Social Sciences, 05(09), 115-123.
Engels, Nadine, Gwendoline Hotton, Geert Devos, Dave Bouckenooghe. (2018). “Principals
in Schools with a Positive School Cultureâ€. Educational Studies, 34 (3), 159-174.
Frankel, Lois P. (2007). See Jane Lead: 99 Kiat Sukses Memimpin Bagi Perempuan. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Văcar, Anca dan Dan Miricescu. (2013). “Leadership – A Key Factor to a Succesful
Organizationâ€. Procedia Economics and Finance, 6, 430-435.
DOI: 10.24235/equalita.v2i1.7053
Article Metrics
Abstract view : 14 timesPDF - 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:
EDITORIAL OFFICE:
LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.