EFEKTIFITAS TEKNIK SELF REGULATION LEARNING DALAM MEREDUKSI TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SMA INSAN CENDEKIA SEKARKEMUNING CIREBON
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui efektifitas teknik self-regulation learning dalam mereduksi tingkat kejenuhan belajar siswa, terutama di SMA Insan Cendekia Sekar Kemuning Islamic Boarding School Cirebon. Self regulated learning merupakan kemampuan yang dimiliki setiap siswa sebagai dasar kesuksesan belajar, problem solving, transfer belajar, dan kesuksesan akademis secara umum. Self-regulation learning adalah usaha untuk memonitor, meregulasi, dan mengontrol aspek kognisi, motivasi, dan perilaku Ketidakmampuan siswa dalam mengelola self regulation learning akan menimbulkan dampak negatif di antaranya kejenuhan belajar seperti keletihan emosi, depersonalisasi, dan menurunnya keyakinan akademik.
Kata Kunci : Efektifitas, Self Regulation Learning, Kejenuhan Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Agustin, Mundir. 2009. Model Konseling Kognitif Perilaku untuk Menangani Kejenuhan Belajar Mahasiswa,Disertasi Tidak diterbitkan.Bandung: PPs.UPI.
Alhusni, Syahri. 2003. Aplikasi Statistik Praktis dengan SPSS 10. For Windows.Yogjakarta : Graha Ilmu.
Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Azwar, Saefuddin. 2004. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
_______________. 2004. Reliabilitas dan Validitas. Yogjakarta : Pustaka Pelajar.
Ellis, A. 2006. Terapi REBT Agar Hidup Bebas Derita. Alih bahasa oleh Ikramullah. Yogjakarta : B-First. Friedenberg,
Lisa. 1995. Psychological Testing Design Analysis and Use. Massachusetts: Allyn&Bacon.
Guillford. J.P. 1959. Fundamental Statistic in Psychology and Education. New York: Mc Graw Hill Book Company Nurihsan,
A. Juntika & Syamsu Yusuf. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung : Rosda Karya. Papalia, Diane E. 2002.
Adult Development and Aging, Second Edition. New York: Mc.Graw Hill. Paris, S. G. 2001.
The Role of Self-regulated learning in Contextual Teaching : Principles and Practices for Teacher Preparation. http:// www.ciera.org/library/archieve/2001-04htm.
Schunk, Dale H. 2001. Self Regulation through Goal Setting. http:// www.tourettesyndrome.net. Sears, David O.,Freedman, Jonathan L.,Peplau.L, Anne. 1994.
Psikologi Sosial (Terj). Jakarta: Penerbit Erlangga. Siegel, Sidney. 1997. Statistik Nonparametrik Untuk Ilmu-Ilmu Sosial (terj). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Silvar,B. 2001. The syndrome of burnout, self-image, and anxiety with grammar school student. Journal of Psychology. Vol.10.No.2.PP.21-32. Board of Education of the Republic of Slovenia.
Sudjana. 1996. Metoda Statistika edisi keenam. Bandung: Tarsito.
Susanto, Handy. 2006. Mengembangkan Kemampuan Self Regulation untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7 hlm. 64-71.
Winne, P.H. 1997. Experimenting to Bootstrap Self-Regulated Learning. Journal of Educational Psychology. 89. 3. 397-410.
Wolters, Chistopher A. 1998. Self-Regulaed Learning and College Students’Regulaion of Motivation. Journal of Educational Psychology, 90, 2, 224-235.
Wolters, C.A., Pintrich, P.R., dan Karabenick, S.A. 2003. Assesing Academic Self-Regulated Learning. Conference on Indicators of Positive Development: Child Trends.
Zimmerman, Barry.J. & Kitsantas, Anastasia. 2005. The Hidden Dimension of Personal Competence: Self Regulated Learning and Practice.
In Elliot, Andrew J. & Dweck, Carol S. 2005. Handbook of Competence and Motivation. New York: The Guilford Press.
Zimmerman, Barry.J. 1989. A Social Cognitive Of Self Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology.Vol.81. p. 329-339.: http://her.oxfordjournals.org
DOI: 10.24235/holistik.v14i2.450
Article Metrics
Abstract view : 1456 timesPDF - 2449 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.