Studi Profesionalisme Pedagogik Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kemahiran Berbahasa (Studi Fenomenologi Terhadap Guru Bahasa Arab di MA Negeri 3 Majalengka)
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena hasil UMBN siswa di MA Negeri 3 Majalengka masih harus mengejar KKM; Hal ini menjadi kekhawatiran karena rendahnya kompetensi guru. Penelitian ini berfokus pada salah satu dari empat kompetensi esensial, yaitu kompetensi pedagogik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profesionalisme pedagogi guru dalam meningkatkan kemahiran berbahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi dengan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan pendekatan fenomenologi menggunakan pendekatan deskriptif yang dipelopori oleh Edmund Husserl. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Terdapat potensi peningkatan kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di MAN 3 Majalengka. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru perlu ditingkatkan, dengan kategori penilaian saat ini berada pada level MEMADAI. Guru bahasa Arab di MAN 3 Majalengka perlu meningkatkan kompetensi pedagogiknya. Terdapat kekurangan pada beberapa indikator, seperti pengembangan kurikulum dan evaluasi hasil pembelajaran. Peningkatan kompetensi pedagogik dapat memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaranKeywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, Y. R., Dini, A., Hasanah, L. F., & Kholifah, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Arab Melalui Penelitian Tindakan Kelas Mahasiswa PBA Madin Universitas Nurul Jadid. Communnity Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1534–1539. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8095
Andini, G. T. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(2), 159–169. https://doi.org/1015575/isema.v3i2.5008
Arifin, Z. (2010). Antologi Pendidikan Islam; Manajemen Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.
Ayudia, I., Bhoke, W., Oktari, R., Carmelita, M., Salem, V., Khairani, M., Mamontho, F., Setiawati, M., Nurhayati, Nurhidayati, & Imbar, M. (2023). Pengembangan Kurikulum. PT. Mifandi Mandiri Digital.
Azis, R. (2018). Implementasi Pengembangan Kurikulum. JIP: Jurnal Inspiratif Pendidikan, 7(1), 44–50. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4932
Bahri, S. (2011). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15–34. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61
Chandra, P. (2020). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Madrasah. Jurnal Aghinya STIESNU Bengkulu, 3(2), 180–195.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. PT Nasional.
Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dan Presiden Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Dewi, R. S. (2018). Pengaruh Kemampuan Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar di Kota Cimahi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Direktur Jenderal Pendidikan Islam. (2022). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211 Tahun 2022 Tentang Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah.
Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 1439–1444. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Gloriani, Y., & Tresnawati, T. (2013). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Guru Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cilimus Tahun Ajaran 2013/2014. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 1–13. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v3i2.157
Gymnastiar, A., A’fiani, N. N., Ramadhan, N. B., & Aeni, A. N. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE UNTUK PEMBENTUKAN AKHLAK TERPUJI SISWA KELAS VI SD Abstrak Abstrack. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 1241–1248.
Hasbullah. (2013). Profesionalitas Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab pada Madrasah Aliyah di Kota Banjarmasin. Al-Maqoyis, 1(1), 63–111. https://doi.org/10.18592/jams.v1i1.181
Hasnah, S., & Hardianti. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII di MTs Al-Khairat Wosu Kabupaten Morowali. Al Bariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 55–74.
Hikmawati, S. A. (2019). Pendekatan dan Model-Model Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab pada Madrasah/Sekolah di Indonesia. Muhadasah : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 203–218.
Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113
Indriana, D., & Arifin, A. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Bahasa Arab Melalui Penelitian Tindakan Kelas. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 21(2), 239–254. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i02.1682
Jamilah, N., Guntur, & Amiruddin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Ispring Presenter Pada Materi Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V MI Tarbiyatul Athfal Lampung Timur. Al-Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 141–150. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-08
Janawi. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68–79. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6i2.1236
Jumiati, Yulinda, R., & Istyadji, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Pada Materi Transformasi Energi dan Metabolisme Sel Kelas VII SMP / MTs. Jurnal Pendidikan Sains Dan Terapan, 2(1), 89–101.
Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). IAIN Surakarta.
Maksudin, & Nurani, Q. (2018). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab (Teori dan Praktik). Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Menteri Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Miswari. (2010). Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Arab: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 255–272. https://doi.org/10.19109/td.v15i02.75
Muhaimin. (2005). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Raja Grafindo Persada.
Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 7(1), 127–140. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957
Muradi, A. (2016). Pengembangan Kompetensi Guru Bahasa Arab Melalui Imla Sebagai Organisasi Profesi. Arabi: Jounal of Arabic Studies, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24865/ajas.v1i2.2
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN “Veteran†Yogyakarta Press.
Naim, A. R. (2021). Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Arab sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Lisᾱn Al-‘arabī : Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 42–53.
Novita, O. E., & Yusuf, F. N. (2019). Kemahiran Bahasa Guru Bahasa Inggris dan Efektivitas Mengajar. JPP: Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(3), 383–394. https://doi.org/10/17509/jpp.v19i3.22332
Nurhasanah, I. (2022). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab. NIHAIYYAT: Journal of Islamic Interdisciplinary Studies, 1(3), 251–258.
Nursyam, & Sidik, J. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Palu. ALbariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 45–61. https://doi.org/10.24239/albariq.v1i2.10
Pudjosumedi, Handayani, T., Saidah, E. S., & Istaryatiningtias. (2013). Profesi Pendidikan. UHAMKA Press.
Rahayu, P., & Hasanah, U. (2022). Hubungan Profesionalitas Guru Bahasa Arab dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 04 Kota Bima. AL-Af’idah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Pengajarannya, 6(1), 97–108. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v6il
Rahmaini. (2019). Menakar Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Jurnal Benchmarking, 3(1), 57–66.
Razif, A., Shamshinar, N., Ismail, M. R., Ghazali, R., & Hamdan, H. (2020). Kompetensi Guru Bahasa Arab Sekolah Rendah di Malaysia Competency of Arabic Teachers in Primary School in Malaysia. Jurnal Sultan Alauddin Sulaiman Shah, 7(1), 103–113.
Rusmiyasih. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru PAI Tersertifikasi DI Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Se-Kecamatan Nogosari Tahun 2020. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Sadirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.
Sadullah, U. (2011). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Alfabeta.
Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333–9339.
Safrudin, V. R., & Anshory, I. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMP Muhammadiyah Waipare Kabupaten Sikka. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 175–186. https://doi.org/10.22219/jkpp.v6i2.11613
Sanasintani. (2015). Pengantar Profesi Keguruan PAK. Selaras.
Sauri, S., Saepulloh, & Sanusi, A. (2021). Guru Profesional Abad-21. Mustika Ilmu.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Susanti, N. I., & Aini, R. Q. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Al-Amiriyyah Blok Agung Banyuwangi. Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, Dan Pemikiran Hukum Islam Vol, 6(2), 125–138.
Syarifuddin. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas di SD IT Ihsanul Amal. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 169–178.
Syihabuddin. (2018). Tes dan Evaluasi Pengajaran Bahasa. UPI Press.
Thoifah, I. (2015). Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Madani.
Zainuri, A. (2018). Menakar Kompetensi dan Profesionalitas Guru Madrasah di Palembang. Tunas Gemilang Press.
Zakkiyah, U. (2020). Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Kelas XI (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Pademawu dan SMA Negeri 1 Galis Pamekasan Madura). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Zulkifli Paputungan. (2022). Desain Pengembangan Media Pembelajaran Maharatul al-Kalam Berbasis Articulane Story Line. ’Ajamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 11(1), 46–59.
DOI: 10.24235/ibtikar.v13i1.16527
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Iza Zainal Ambiya, Sofyan Sauri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â