Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab “Al-Mihnah†dengan Teknik Mnemonik (Teori dan Praktik)
(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik mnemonik dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab pada materi Al-Mihnah juga menganalisis kelebihan dan kekurangan teknik mnemonik pada pembelajaran kosakata bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber penelitian ini berupa buku, artikel, ataupun sumber lain yang selaras dengan topik teknik mnemonik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Hasil penelitian kepustakaan ini ditemukan bahwa teknik mnemonik dianggap sebagai teknik yang efisien dan meningkatkan daya ingat siswa dalam menghafalkan kosakata bahasa asing. Hal ini karena teknik mnemonik melatih pembelajar untuk menggunakan otak kiri dan otak kanan dalam belajar sehingga, informasi yang diterima otak dapat tersimpan pada memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Ada beberapa pola yang ditawarkan oleh teknik mnemonik di antaranya; loci, pasak, akronim, akrostik, kata kunci, visual, rima, dan pengelompokan. Penelitian ini dapat berkontribusi dalam memberi wawasan bagi pembaca tentang teknik dalam pembelajaran kosakata.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amiryousefi, M., & Ketabi, S. (2011). Mnemonic Instruction: A Way to Boost Vocabulary Learning and Recall. Journal of Language Teaching and Research, 2(1), 178–182. https://doi.org/10.4304/jltr.2.1.178-182
Anjomafrouz, F., & Tajalli, G. (2012). Effects of Using Mnemonic Associations on Vocabulary Recall of Iranian EFL Learners over Time. International Journal of English Linguistics, 2(4). https://doi.org/10.5539/ijel.v2n4p101
As’ari, D. R. (2015). Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Konferensi Nasional Bahasa Arab I, 1, 113–120. http://eprints.walisongo.ac.id/355/1/UmiHanik_Tesis_Coverdll.pdf
Baharun, H. (2018). Penguatan Daya Ingat Mahasantri Melalui Mnemonic Learning. Jurnal Pedagogik, 05(02), 180–192. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik
Bakken, J. P. (2017). Mnemonic Strategies: Helping Students with Intellectual and Developmental Disabilities Remember Important Information. Global Journal of Intellectual & Developmental Disabilities, 2(3). https://doi.org/10.19080/gjidd.2017.02.555587
Chaplin, J. . (2006). Kamus Lengkap Psikologi. Rajagrafindo Persada.
Darusman, Y., & Herwina, W. (2018). Pembelajaran Mnemonik. CV Buku Langka Indonesia.
Ferdinand, I., & Yasry, F. A. (2023). Implementation Of The Keyword Mnemonic Method And Its Effectiveness To Improve Arabic Vocabulary Mastery. Tadris Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 16–29. https://doi.org/10.15575/ta.v2i1.22966
Firdaus, S., & Hafidah, S. (2020). Mnemonik : Solusi Kreatif untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswi Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Palapa, 8(1), 81–96. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.700
Gulo, Y., Damai Laia, R., & Dian Ndraha, L. M. (2022). Improving Students’ Vocabulary Mastery On Narrative Text Through Mnemonic Method At The Seventh Grade Of SMP 1 Huruna. Research on English Language Education (Relation Journal), 4(1). https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Relation
Isbah, F. (2023). Memahami Karakteristik Bahasa Arab Untuk Pembelajaran. Bashrah, 03(01), 1–10. https://doi.org/10.58410/bashrah.v3i01.604
Joyce, B., & Weil, M. (2003). Models of Teaching. Prentice Hall of India, 7.
Khatibah. (2011). Penelitian Kepustkaan. Iqra, 05(01), 36–39.
Mirzaqon, A. T., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 4(1), 1–8. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/22037/20201
Mnemonik. (2023). kbbi.kemendikbud.go.id. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/mnemonik
Musthofa, M., & Dkk. (2023). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Get Press Indonesia.
Nasir, A., & Basit, M. A. (2021). تعليمالمÙردات العربيةعلىطريقة الاستذكار mnemonic للكلمات المÙتاØية. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 40–60. https://doi.org/10.19105/alb.v2i1.3944
Putnam, A. L. (2015). Mnemonics In Education: Current Research and Applications. Translational Issues in Psychological Science, 1(2), 130–139. https://doi.org/10.1037/tps0000023
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Sholiha, A., & Aisyahrani, A. I. B. (2023). The Use of Mnemonic Method and Its Implications for Arabic Learning. Studi Arab, 14(1), 29–42. https://doi.org/10.35891/sa.v14i1.3751
Sofeny, D., & Muamanah, S. (2021). Keyword Mnemonic in Boosting the Students’ Vocabulary Memorization for Young Learners Level. Getsempena English Education Journal, 8(1), 96–109. https://doi.org/10.46244/geej.v8i1.1281
Sudirman, N. A., & Ridha, A. A. (2017). Efektifkah Keyword Mnemonic Dalam Mempelajari Kosakata? Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5(2), 226–235. https://doi.org/10.22219/jipt.v5i2.4639
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA.
Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo Persada.
Tarigan, H. G. (1985). Pengajaran kosakata. Angkasa. Penerbit Angkasa. https://books.google.co.id/Books?Id=Rlutaaaamaaj
Thaimah, R. A. (1986). المرجع ÙÙŠ تعليم اللغة العربية.
Wagoner, B. (2020). Culture and Memory. Oxford Research Encyclopedia of Psychology, November 2020. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190236557.013.587
Wekke, I. S. (2012). Model Pembelajaran Bahasa Arab. DEEPUBLISH.
Yates, F. A. (1966). The Art Of Memory. In ARK Paperbacks.
Zahara, A. I., & Samsul, S. I. (2022). Penggunaan Strategi Mnemonik dalam Mempelajari Kosakata Bahasa Jerman pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gedangan. Laterne, 11(02), 221–232.
DOI: 10.24235/ibtikar.v13i2.18536
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Bellah Asa O'Neal Elmi, Agung Setiyawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â