TathbÄ«q TarÄ«qah PQ4R fÄ« Ta’lÄ«m al-Lughat al-‘Arabiyyah linail MahÄrah al-QirÄat bil Madrasah al-‘Āliyyah Azzakariyah Jambi

Pahrizal Pahrizal(1*), Lina Marlina(2),


(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(2) UIN Sunan Gunung Djati
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Penerapan Strategi Pereview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review (PQ4R) dalam Pengajaran Bahasa Arab untuk Mencapai Keterampilan Membaca di Madrasah Aliyah Azzakariyah Jambi. Dalam penelitian awal, peneliti menemukan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh guru dan siswa diantaranya adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap bacaan. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap bacaan dengan metode belajar melalui Penerapan Strategi Pereview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review (PQ4R).

Metode yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memberikan solusi permasalahan yang dihadapi guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Azzakariyah Jambi di kelas XI A Putra dengan jumlah dua puluh lima siswa.

Kesimpulan dari perolehan hasil dalam siklus dengan Penerapan Strategi Pereview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review (PQ4R), menunjukkan kenaikan nilai. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 80 dengan persentase sebanyak 80% (berhasil 20 dari 25 siswa) dan pada siklus II nilai rata-rata 91.6 dengan persentase 92% (berhasil 20 dari 25 siswa), melebihi nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah (75). Ini menunjukkan bahwa semangat dan antusias siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan Strategi Pereview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review (PQ4R).


Keywords


Strategi PQ4R, Pengajaran Bahasa Arab, Keterampilan Membaca

Full Text:

PDF

References


أحمد مدكور، علي. 2010. طرق تدريس اللغة العربية. جامعة القاهرة: دار المسيرة

محمد محمد داود. دون سنة. العربية وعلم اللغة الحديثة. مكتبة العلماء

أحمد السيد، محمود. 1997. ÙÙ‰ طرائق تدريس اللغة العربية. دمشق : منشورات جامعة دمشق

إسماعيل، محمود وآخر. 1984. المعينات البصرية ÙÙŠ تعليم اللغة. الرياض : جامعة الملك سعود

دÙرتيمين ريÙوبليك إندونيسي. 2002. مصح٠القرآن ترجمة، ديÙوك: الهدى.

Agustina, Lia, Rida Oktorida Khastini dan Siti Gia Syauqiyah Fitri, “Pengaruh Penerapan Strategi Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Menggunakan Media Komik Pada Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Saraf.†Jurnal Biodidaktika, Volume 10, Nomor 2, Juli 2015.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Askara

B. Uno, Hamzah, dan Nurdin Mohamad. 2014 Belajar Dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: Bumi Aksara. Cet Ke-5

Dardjowidjojo, Soedjono. 2003. Psiko-Linguistik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia Anggota IKAPI Jakarta

Fuadi, Mukhlis. 2010. Otomatisasi Harakat Bahasa Arab Menggunakan Program JAVA. Malang: UIN-MALIKI PRESS

Hartono, Irwan. 2008. Penggunaan Strategi Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review ) Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XiIps 1 Pokok Bahasan Pendudukan Militer Jepang Di Indonesia Sma Negeri 1 Gringsing. Laporan Penelitian tidak diterbitkan : Pusat Penelitian

HP, Achmad, dan Alek Abdullah. 2013. Linguistik Umum. Jakarta: Pt. Glora Aksara Pratama

HS, Widjono. 2012. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Linayaningsih, Fitria, “Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite,Review) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.†Jurnal Majalah Ilmiah INFORMATiKA, Volume 2, Nomor 2, 2011.

Mahyaeny, “Penerapan Strategi PQ4R Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Kelas Vii-1 Smpn 4 Mataram.†J. Pijar MIPA, Volume 8, Nomor 1, Maret 2018.

Noviyanti, Tri, Suripto dan Joharman, “Penerapan Pembelajaran Strategi PQ4R Dalam Peningkatan Pembelajaran Ips Kelas V Sd Negeri Karangasem 02.†Jurnal, Volume 3, Nomor 3, 2012.

Saffan, Edi dan Febrianda, “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review).†Jurnal Fitra, Volume 3, Nomor 2, Juli 2017.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Belajar

Syam, Asrullah dan Amri, “Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare).†Jurnal Biote. Volume 5, Nomor 1, Juni 2017.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wangka, Astriani dan Mustahidang Usman, “Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect,Recite, Dan Review) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pai.†Jurnal Tabawy. Volume 1, Nomor 1.

Yuliana, Ira dan Noor Fajriah, “Penerapan Metode Pq4r Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas Vii Smp.†Jurnal Pendidikan Matematika, Volume1, Nomor 1, Oktober 2013.




DOI: 10.24235/ibtikar.v9i2.6431

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pahrizal Pahrizal, Lina Marlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â