Pengaruh Inteligensi Linguistik terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Cirebon
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara Inteligensi linguistic terhadap hasil belajar siswa MAN 1 Kota Cuirebon. Dasar pemikiran dari penelitian ini adalah keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 027/U/2002 yang menyatakan bahwa akreditasi sekolah bertujuan untuk menentukan tingkat pencapaina sekolah dalam pelayanan pendidikan. Hasil akreditasi tersebut dinyatakan dalam akreditasi sekolah yang terdiri dari akreditasi A (sangat baik), B (baik), dan C (cukup). Adapun akreditasi untuk MAN 1 Kota Cirebon yaitu A yang berarti sangat baik. Tetapi akreditasi tersebut berbanding terbalik dengan kualitas hasil belajar siswanya, terutama hasil belajar siswa kelas XI MAN 1 Kota Cirebon. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti faktor internal yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yaitu inteligensi linguistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Medote pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara penyebaran angket, wawancara dan dokumen , sedangkangkan analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penghitungan,uji normalitas, uji korelasi,uji regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) inteligensi linguistik siswa kelas XI MAN Kota Cirebon dengan persentase 69% tergolong tinggi; (2) hasil belajar siswa dengan mean 61,43 tergolong sedang; (3) tidak ada pengaruh yang signifikan antara inteligensi linguistik dengan hasil belajar, dan pengaruhnya hanya sebesar 0,5% ditunjukkan dengan nilai sig > 0,05 yaitu 0,687 > 0,05, korelasi dalam penelitian ini tergolong sangat rendah. Ada 99,5% faktor lain yang berpengaruh  diantaranya bakat, motivasi, metode pembelajaran, guru, dan sebagainya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Hayati, Tuti. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Insan Mandiri.
Hermawan, Acep. 2011. Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Jamaris, Martini. 2013. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.
Masrurah, Farhatin. “Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Melalui Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT)â€. vol 6 no. 2, ( Desember 2014): 1-30.
Ratnawulan, Elis & A. Rusdiana. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Ratu, Besse. “Pengaruh Keserdasan Verbal Linguistik terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesi Pesert Didik Kelas V MIN Batu Pitumpanua Kabupaten Wajoâ€. 2017.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi, 2016. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning Teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryabrata, Sumadi. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Uno, Hamzah B. & Masri, Kuadrat. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Warsono & Hariyanti. 2016. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yaumi, Muhammad & Nurdin, Ibrahim. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: 10.24235/ibtikar.v9i2.7231
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Titin Siti Patimah, Wawan Arwani, Masri'ah Masri'ah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â