Karcis-Delay sebagai Media Terapi Wicara pada Anak dengan Gangguan Keterlambatan Bicara

Afrinar Pramitasari(1*), Ariesma Setyarum(2), Aji Cokro Dewanto(3), Firda Aulia Hafizha(4),


(1) Universitas Pekalongan
(2) Universitas Pekalongan
(3) Universitas Pekalongan
(4) Universitas Pekalongan
(*) Corresponding Author

Abstract


Keterlambatan berbicara pada anak jika dibiarkan dan tidak ditangani dengan benar dapat menjadi suatu gangguan serius yang bisa mempengaruhi perkembangan lain baik kognitif, kemandirian, maupun sosial. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mengetahui analisis kebutuhan media karcis-delay dan 2) mendeskripsikan desain karcis-delay sebagai alternatif terapi wicara pada anak dengan gangguan keterlambatan berbicara. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, wawancara, dan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media karcis-delay sangat dibutuhkan sebagai stimulus untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak dengan gangguan keterlambatan berbicara 2) berdasarkan hasil analisis, diperoleh kebutuhan konten media karcis-delay yaitu kartu emosi dan penyebabnya. Kartu emosi yang disusun berupa emosi marah, sedih, bahagia, takut, terkejut, dan jijik beserta penyebabnya.

Delay-Ticket as a Speech Therapy Media for Children with Speech Delay Disorders

Speech delays in children are left untreated and not handled properly, they can become a serious disorder that can affect other developments, including cognitive, independence, and social development. The aims of this research are 1) to understand the analysis of the need for delay-ticket media and 2) to describe the delay-ticket design as an alternative speech therapy for children with speech delay disorders. This research method is research and development. Data collection techniques include observation, questionnaires, interviews, and FGD. The results of the research show that 1) ticket-delay media is really needed as a stimulus to improve the speaking ability of children with speech delay disorders. 2) Based on the results of the analysis, it was found that the content needed for ticket-delay media was emotional cards and their causes. The emotion cards are arranged in the form of emotions of anger, sadness, happiness, fear, surprise, and disgust, along with their causes.


Keywords


card media; speech delay; speech therapy

Full Text:

PDF

References


Aini, Q., & Alifia, P. (2022). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech delay) pada Anak Usia 6 Tahun di RA An-Nuur Subang. Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Al-Qur'an, 1(1), 8–17. https://doi.org/10.33511/ash-shobiy.v1n1.8-17

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 274–279. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301

Angraeni, R., Irawan, B., & Maulana, A. (2024). Faktor dan Cara Mengatasi Speech Delay terhadap Pemerolehan Bahasa Anak. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 773–779. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3363

Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model Addie untuk Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 259–7267. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1355

Azizah, U. (2018). Keterlambatan Bicara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 281–297. http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v6i2.60

Bahnan, A. (2023). Aku adalah Agen Perubahan. Magetan: CV. Ae Media Grafika.

Chomsky, N. (1965). Aspects of the Theory of Syntax. The Massachusetts Institute of Technology. Boston: MIT Press.

Desiarna, S., Nafila, U., Restiani, R., & Fatmawati, F. (2023). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) pada Anak Usia Dini. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 2(2), 97–105. https://doi.org/10.25299/s.v2i2.11743

Ekman, P. (1984). Expression and the Nature of Emotion (Approaches to Emotion) (1st ed.). New York: Taylor & Francis Group

Faridah, F., Maulana, R, A., & Elnawati, E. (2025). Penerapan Metode Bermain Kartu Kata dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Anak Speech Delay Usia 5-6 Tahun di PAUD Darul ‘Ulum Kecamatan Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi. Calakan : Jurnal Sastra, Bahasa, dan Budaya, 3(1), 170–178. https://doi.org/10.61492/calakan.v3i1.324

Fitrianingsih, F., Lasan, B. B., & Indreswari, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Mengelola Emosi Marah melalui Strategi Emosional Literacy. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(7), 1032–1039. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i7.13826

Goleman, D. (2000). Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Hartawan, I. M. (2018). Pengaruh Media Flash Card terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B di TK Nurus Sa'adah 03 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Jurnal Warna: Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.24903/jw.v2i2.190

Hasanah, N. I. (2021). Upaya Orang Tua dalam Mengatasi Anak yang Terlambat Berbicara (Study Kasus pada Anak yang Ketergantungan pada Gadget). Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.55115/widyakumara.v2i1.1453

Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) pada Anak Usia 6 Tahun. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 206–216. https://doi.org/10.18860/preschool.v2i2.12026

Kurniati, M., & Nuryani, N. (2020). Pengaruh Sosial Media Youtube terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun (Studi pada Anak Speech Delay). Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 16(1), 29–38. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2494

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana

Marwa, M. (2018). Efek Pelatihan Pemahaman Emosi pada Anak Retardasi Mental Ringan di SLBN Pembina Yogyakarta. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 3(2), 208–226. https://doi.org/10.33367/psi.v3i2.627

Miftahurrohmah, L., & Pamuji, P. (2024). Intervensi Anak Speech Delay untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(2), 259–267. https://doi.org/10.33369/jip.9.2.259-267

Mirantisa, F. A., Wirman, W., Firdaus, M., & Lestari, S. S. (2021). Komunikasi Terapeutik Berbasis Kartu (Flash Card) pada Anak dengan Gangguan Bicara (Speech Delay) di Eka Hospital Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 5(1), 53–62. https://doi.org/10.36341/jka.v5i1.1691

Mus’adah, N. L., & Fachrurrazi, A. (2020). Pengaruh Permainan Kartu Gambar pada Pemerolehan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 43–51. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/incrementapedia

Nurhabibah, N., Asiah, N., & Istiarsyah, I. (2024). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Berbahasa pada Anak Speech Delay Usia 4-5 Tahun. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 7(2), 115–129. http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSH/article/view/2887

Oktariani, O. (2022). Gadget dan Speech Delay pada Anak Usia Dini Pasca Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K), 3(3), 175–182. https://www.jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/article/view/173

Prasetya, A. F., & Gunawan, I. M. S. (2018). Mengelola Emosi. Yogyakarta: K-Media.

Puspita, S. M. (2019). Kemampuan Mengelola Emosi sebagai Dasar Kesehatan Mental Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 85–92. https://doi.org/10.29062/seling.v5i1.434

Putri, A. B. E., & Kamali, N. A. (2023). Perkembangan Berbicara Anak Usia Dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 35–45. https://doi.org/10.30631/smartkids.v5i1.131

Rahim, N., Yuhasriati, Y., & Fauzia, S. N. (2021). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak yang Speech Delay di Paud Kasya Ulee Kareng Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). 1–10. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/17604

Ramadani, A. N. (2023). Strategi Penanganan Penanganan Gangguan Speech Delay terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Tunas Jaya. Bunayya: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 31–44. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/view/195

Rezeki, T. I., & Sagala, R. W. (2019). Language Acquisition pada Anak Periode Linguistik. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 84–89. https://doi.org/10.37755/sjip.v5i1.157

Rofi’ah, S., Setyowati, A., & Idhayanti, R. I. (2018). Media Gambar Flashcard dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 78–92. https://doi.org/10.56354/jendelainovasi.v1i2.19

Rozana, S., Wulan, D. S. A., & Hayati, R. (2020). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Teori dan Praktik). Tasikmalaya: Edu Publisher.

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak-Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6–7 Tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100. https://doi.org/10.58230/27454312.71

Safitri, Y. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Bahasa Balita di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148–155. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.35

Sagita, E. L. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Media Flash Card bagi Anak Autis Kelas TK B di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta. Widia Ortodidaktika, 7(1), 62–71. Corpus ID: 195001155

Sholihah, M., Fitriani, M., & Istiqamah, M. (2022). Strategi Guru dalam Menangani Anak yang Mengalami Keterlambatan dalam Berbahasa (Observasi Lapangan di TK Daarul Fattaah Tangerang). Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Al-Qur'an, 1(1), 27–37. https://doi.org/10.33511/ash-shobiy.v1n1.27-37

Sofia, A., & Anggraini, G. F. (2018). Interaksi Sosial antara Guru dan Anak dalam Pengembangan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 7–18. http://dx.doi.org/10.17977/um053v1i1p7-18

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05

Sumaryanti, L. (2017). Peran Lingkungan terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(1), 72–89. https://doi.org/10.24269/muaddib.v7i01.552

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (edisi Revisi). Bandung: Angkasa.

Tesalonika, C., Prasida, T. A. S., & Prestiliano, J. (2023). Perancangan Board Game sebagai Media Edukasi Bicara Siswa Berkebutuhan Khusus “Speech Delay”. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5340–5348. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1944

Yuliafarhah, N., & Siagian, I. (2023). Keterlambatan Berbicara pada Balita Usia 3-4 Tahun di Lingkungan Kp. Utan RT002/RW002 Jakasetia, Bekasi Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 705–713. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5349




DOI: 10.24235/ileal.v10i2.16888

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com