Kemampuan Penerapan Struktur Esai Pada Tulisan Mahasiswa Universitas Katolik Musi Charitas
(1) Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang
(2) Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang
(*) Corresponding Author
Abstract
Literacy must not only be mastered by school children, but also by students. This study aims to determine the level of student literacy. This article aims to describe the ability to apply essay writing, specifically the application of the structure of essays to the writings of students from the conversion of the Catholic University of Musi Charitas. This research This study uses a mixed-method (qualitative and quantitative). Also, this study refers to a descriptive approach. Data collection techniques used in this study are pen and paper-based text. This technique is done by giving written text to the students being studied. The research sample of 180 writings randomly. The data obtained were validated using the researcher triangulation mode. The results showed that categorized as low writings obtained scores ranging from 1.67-30 as many as 58 writings or 32.2%, categorized writings received a score of 50 as many as 100 writings or 55.5%, and capable categories were as many as 22 writings or 12.2% who received scores ranging from 88.3-100.
Literasi tidak hanya harus dikuasai oleh anak sekolah, tetapi juga oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat literasi menulis mahasiswa. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan penerapan penulisan esai, terkhusus penerapan struktur esai pada tulisan hasil konversi mahasiswa Universitas Katolik Musi Charitas. Penelitian ini Penelitian ini menggunakan mix method (kualitatif dan kuantitatif). Selain itu, penelitian ini juga mengacu pada pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah pen and paper based teks. Teknik ini dilakukan dengan cara memberikan teks menulis pada mahasiswa yang diteliti. Sampel penelitian sebanyak 180 tulisan secara acak. Data yang diperoleh divalidasi dengan menggunakan modus triangulasi peneliti. Hasil penelitian menunjukkan tulisan yang dikategorikan rendah memperoleh skor bekisar 1.67—30 sebanyak 58 tulisan atau 32.2%, tulisan yang dikategorikan mendapatkan skor 50 sebanyak 100 tulisan atau 55.5%, dan kategori mampu sebanyak 22 tulisan atau 12.2% yang mendapatkan skor berkisar 88.3—100.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Afifuddin, B. A. S. & Saebani, B. A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Aji, F. T. (2013). Perilaku Plagiarisme di Kalangan Mahasiswa Magister Universitas Airlangga. Thesis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unair. Diakses dari http://repository.unair.ac.id/, diunduh pada tanggal 22 April 2020, pada pukul 12.30 WIB.
Dalman. (2014). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Raja Grafindo.
Dibia, I. K., & Dewantara, I. P. M. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Depok: Rajawali Pers.
Fitriyani. (2016). Kemampuan Menulis Esai Siswa Kelas XII SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi Unila. Diakses dari http://digilib.unila.ac.id/, diunduh pada tanggal 21 Agustus 2019, pada pukul 10.46 WIB.
Hasnadi. (2019). Membangun Budaya Literasi Informasi Pada Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Multi Disipin Ilmu UNAYA, 3(1), 610 – 620.
Havana. (2014). Analisis Kemampuan Literasi Digital Penulis Artikel di Website PT. Nyunyu Digital Media Jakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(3), 311 – 320.
Hidayah. (2019). Panduan Menulis Esai. Diakses dari https://osf.io, diunduh pada tanggal 6 November 2019, pada pukul 15.15 WIB.
Hidayanto, A. (2019). Panduan dalam Menulis Esai. Diakses dari http://staff.ui.ac.id/, diunduh pada tanggal 21 Agustus 2019, pada pukul 10.46 WIB.
Lie, A., dkk. (2018). Laporan Pemetaan Kompetensi Guru Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Surabaya: Universitas Widya Mandala.
Nugraheni, A. S. (2017). Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran Aktif. Jakarta: Prenada Media.
Mariana, I. (2013). Pengaruh Pendekatan Writing Process terhadap Kemampuan Menulis Narasi Ekspositoris dan Kreativitas Bahasa Tulis Siswa. Skripsi UPI. Diakses dari http://repository.upi.edu/, diunduh pada tanggal 20 Maret 2020, pada pukul 20.00 WIB.
Mulyaningsih, I., Suwandi, S., Setiawan, B., & Rohmadi, M. (2016). Model Pembelajaran Menulis Ilmiah Berbasis PARMI (Produksi, Atensi, Retensi, Motivasi, dan Inovasi) & Penerapannya. Cirebon: CV. Confident.
Muslimin. (2018). Menumbuhkan Budaya Literasi dan Minat Baca dari Kampung. Diakses dari repository.ung.ac.id, diunduh pada 20 Agustus 2019, pukul 07.46 WIB.
Nirmawan. (2017). Kemampuan Menyunting Karangan Eksposisi Berdasarkan Ejaan, Pilihan Kata, dan Keterpaduan Paragraf Siswa Kelas VII SMP Muhammadiayah 06 Medan Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(1), 156 – 160.
Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Pedoman Gerakan Nasional Literasi Bangsa. Diakses dari gln.kemdikbud.go.id/, diunduh pada tanggal 20 Maret 2019, pada pukul 13.42 WIB
Priyanti, A. M., & Triwidayati, K. R. (2017). Bentuk Penerapan Budaya Literasi Bagi Calon Guru Sekolah Dasar di Universitas Katolik Musi Charitas Palembang. Jurnal PGSD Musi, 1(2), 77 – 90.
Widiastuti, A. (2020). Data, Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/, diunduh pada tanggal 30 April 2020, pada pukul 12.00 WIB.
Wijayanti, S. H., Candrayani, A., Hendarwati, I. E. S., & Agustinus, J. W. (2015). Bahasa Indonesia Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers.
Yaumi. (2017). Penerapan Perangkat Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII. E-Journal Pensa, 05(01), 38 – 45.
DOI: 10.24235/ileal.v5i2.5101
Article Metrics
Abstract view : 75 timesPDF - 26 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â