Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Sains Lokal Situs Kalijaga Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Toni Damasah Wijaya(1*), Kartimi Kartimi(2), Ria Yulia Gloria(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran berbasis Sains Lokal merupakan inovasi baru untuk membentuk suasana belajar yang menarik, selain itu pembelajaran ini membantu siswa mengasah keterampilan mengkritisi dan mengklarifikasi suatu fenomena Tujuan penelitian ini untuk mengkaji ; 1) aktivitas belajar siswa, 2) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen dan 3) respon siswa terhadap penerapan pembelajaran biologi berbasis Saisn lokal situs kalijaga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMAN 3 Cirebon dengan populasi 175 siswa kelas X MIPA SMAN 3 Cirebon dan sampel sebanyak 35 siswa kelas X MIPA 4 kelas kontrol dan 35 siswa kelas X MIPA 5 kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest postest control group dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan 1) terdapat perbedaan peningkatan aktivitas belajar siswa 2) terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan, 3) siswa memberikan respon positif terhadap penerapan pembelajaran biologi berbasis Sains lokal Situs Kalijaga pada konsep ekosistem. Beradasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran biologi berbasis Sains lokal Situs Kalijaga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa dan siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran biologi berbasis Sains lokal Situs Kalijaga.

Keywords


Sains lokal, Keterampilan Berpikir Kritis, Ekosistem

Full Text:

PDF

References


Bahtiar, Dian. 2016. Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Stm (Sains, Teknologi, Dan Masyarakat) Pada Mata Pelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan. Universitas Jember. 01:1-11

Dewi, L. M.I. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Dengan Seting Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini. Universitas Dhyana Pura.1 (1):1-16

Facione, PA, Sánchez, CA, Facione, NC & Gainen, J., 2011.The disposition toward critical thinking. Journal of General Education.44(1):1-25

Fisher, A. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Kuswana, W,S. 2012.Taksonomi Kognitif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hariri, A.Idrus. 2016. Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Budaya Lokal Ngaseup Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Sman 1 Maja. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains.5(1):1-14

Irawan, Ari. Chatarina, Febriyanti. 2016 penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan.22:1. Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta selatan.

Maknun, Djohar. 2014. Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kualitas Argumentasi Siswa Pondok Pesantren Daarul Uluum PUI Majalengka pada Diskusi Sosiosaintifik IPA.Scientiae Educatia:Jurnal Pendidikan Sains.3(1):1-15

Mulyani,Asep. 2013. Penerapan Multimedia-tutorial dalam Pembelajaran Sistem Saraf untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Scientiae Educatia.2(1):1-17

Sofiatin, Shintawati. Nurul Azmi. Evi Roviati. 2016. Penerapan Bahan Ajar Biologi Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Dan Daur Ulang Limbah (Studi Eksperimen Kelas X Mipa Di Sman 1 Plumbon). Scientia Educatia:Jurnal Pendidikan Sains.5(1):15-24

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Widiastuti, Siwi. 2012. Pembelajaran Proyek Berbasis Budaya Lokal untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. KB DAN TK Laboratori Pedagogia. FIP UNY. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1):1-13


Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.