Implementasi Pengelolaan Kurikulum Pembelajaran Mandiri di SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Kurikulum merupakan jantungnya lembaga pendidikan, karena kurikulum dimaksudkan sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di lembaga pendidikan yang bersangkutan. Fakta nyata dalam pelaksanaan kurikulum tentu akan ada sebuah perubahan dalam sistem kurikulumnya. Kurikulum pendidikan di Indonesia sudah berganti sebanyak kurang lebih sepuluh kali. Untuk sekarang ini kurikulum baru yang sedang diterapkan oleh sekolah yaitu kurikulum merdeka belajar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, dan metode yang digunakan dalam pengambilan data dengan melakukan pengamatan mendalam, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menujukkan bahwa 1) Dalam perencanaan kurikulum belum dilakukan dengan baik karena kurikulum yang dirancang belum matang dan belum disesuaikan dengan kebutuhan, 2) sekolah masih belum memahami makna penerapan kurikulum merdeka belajar karena banyaknya materi atau istilah yang berbeda dari kurikulum sebelumnya, 3) evaluasi kurikulum yang sudah dilakukan baru berlangsung satu kali, maka dari itu perlu adanya kegiatan evaluasi secara berkelanjutan meskipun hasilnya masih menunjukkan cukup baik dan butuh pengembangan secara maksimal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon masih berada pada tahap pengembangan dan penyempurnaan dalam menerapkan manajemen kurikulum merdeka belajar.
Kata Kunci: Implementasi Manajemen Kurikulum, Kurikulum Merdeka Belajar
Full Text:
PDFReferences
Adnan, M. (2017). EVALUASI KURIKULUM SEBAGAI KERANGKA ACUAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM. Al-Idaroh, 1(2), 108–129.
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.
Ali, M. (2009). Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Sinar Baru Algesindo.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari (ed.); Cet.1). CV Jejak.
Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990
Arofah, E. F. (2021). Evaluasi Kurikulum Pendidikan. Jurnal Tawadhu, Vol.5 No.2 , 2021, 5(2), 218–229.
Batubara, K. (2021). Perencanaan Kurikulum. Aciem, 1, 1–22.
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Desrianti, & Nelisma, Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Perspektif Manajemen Pendidikan Islam. 4(2), 158–172. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i2.309
Fauzi, A. (2019). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM - Edisi Revisi - (R. Abdullah & Y. Sapari (eds.); 2nd ed.). Penerbit K-Media Anggota IKAPI.
Hamalik, O. (2007). Dasar Dasar Pengembangan Kurikulum. PT. Remaja Rosdakarya.
Hamdi, M. M. (2020). Evalusi Kurikulum Pendidikan. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 66–75.
Hidayani, M. (2018). Model Pengembangan Kurikulum. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 375–385.
Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Indrawan, R., & Yaniawati, R. P. (2016). METODOLOGI Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran (Cet.2). Refika Aditama.
Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (Cet.1). PT. Remaja Rosdakarya.
Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis. Interes Media.
Manab, A. (2015). Manajemen Perubahan Kurikulum : Mendesain Pembelajaran (Kalimedia (ed.); Cet.1). Kalimedia.
Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar †Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.
Nasbi, I. (2017). MANAJEMEN KURIKULUM: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 318–330. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274
Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar ( Metode Belajar ). Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 166–177. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186
Nurdin, S. (2002). Guru dan Profesional dan Implementasi Kurikulum. Ciputat Pers.
Nurkholis. (2014). Pendidikan dalam Upaya Memaju Teknologi. Jurnal Pendidikan, 24–25.
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Roziqin, Z. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul. As-Sabiqun, 1(1), 44–56. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.161
Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum (Cet.1). Rajawali Pers.
Saufi, A., & Hambali, H. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29–54. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.497
Sudarto, Hafid, A., & Amran, M. (2021). Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/TemaIPA. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 1(1), 406–417. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25268
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sundayana, W. (2017). Telaah Kurikulum & Perencanaan Pembelajaran: Panduan bagi Calon Guru dalam Merancang Pembelajaran yang Sistematis (O. M. Dwiasri & A. Maulana (eds.); Cet.2). Erlangga.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13357
Syafaruddin, & MS, A. (2017). Manajemen Kurikulum. Perdana Publishing.
Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,†November, 46–47.
Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Grasindo.
Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Penelitian UIN Maulana Malik Ibrahim, 13(3), 1576–1580.
DOI: 10.24235/jiem.v7i1.13286
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Elda Suci Putri Aida, Ahmad Fauzi, Wahyono Wahyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:
Â