Orientasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Quran

M Kamil Salas(1*), Tutik Hamidah(2),


(1) Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang
(2) Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurikulum mempunyai posisi sentral dalam mewujudkan tujuan dan sasaran pendidikan yang dicita-citakan karena kurikulum salah satu perangkat penting dalam pendidikan . Umat Islam percaya bahwa nilai-nilai, sikap dan norma sangat dipengaruhi oleh pendidikan Islam. O rientasi kurikulum pendidikan Islam sebagai kebutuhan umat guna menerapkan idealisme Islam dalam dinamika perubahan zaman. Kurikulum pendidikan Islam harus mengacu pada Al-Qur'an dan hadis sebagai dasarnya. Al-Qur'an berisikan ayat-ayat yang memuat tentang kurikulum, yaitu mengenai tentang bahan, isi yang diberikan untuk peserta didik di lembaga pendidikan, seperti bahan atau materi pendidikan tauhid, ibadah, akhlak, kesehatan, sosial, keterampilan, dan estetika. Dengan demikian, materi tersebut akan mewujudkan peserta didik yang beriman, berakhlak mulia dan berilmu serta terwujudnya peradaban manusia muslim yang berkualitas.


Full Text:

PDF

References


Ashraf , Syed Ali. Horizon Baru Pendidikan Islam. (1989). Terjemahan Sori Siregar, Jakarta : Pustaka Progressiv

Faisal, Yusuf Amir. (1995). Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta : Gema Insaani Press.

Hayward, Louisie and Jessica Pandya Dominic Wyse, (2016) The SAGE Handbook of Curriculum, Pedagogy and Assessment - Google Buku.

Janesick, Valerie J. (2003). Curriculum Trends: A Reference Handbook - - Google Buku

Jaradat, Ijjat. (1988 ). Islam dan Pendidikan Untuk Pengembangan, dalam Ja’far Syah Idris, dkk (Persfektif Muslim Tentang Perubahan Sosial), Terjemahan A. Nashir Budiman, Bandung : Pustaka.

Maududi, Abu ‘Ala Al-. (1993) Khilafah dan kerajaan : Evaluasi kritis atas sejarah pemerintahan Islam / Abul A'la Al-Maududi ; penerjemah: Muhammad Al-Baqir. Bandung : Mizan

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. (2007). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana Prenada Media Group.

Nasution. (2003). Asas-asas Kurikulum. Bumi Aksara: Jakarta

Nata.,Abudinn. (2017). Ilmu Pendidikan Islam.

Purwadi, (2019) “Curriculum Management in the 21st Century Learningâ€. SOSIOHUMANIKA 12

Roqib, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah Yogyakarta.

Rosyad, Ali Miftakhur. (2019) “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Muhammadiyah Di Indramayu†Al-Afkar: Journal for Islamic Studies Vol.2 (2) https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v4i1.57

Sukmadinata, Nana Syaodih. (1997). Pengembangan Kurikum; Teori dan Praktek. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Sulaiman, Fathiyah Hasan. (1986). Sistem Pendidikan Versi al-Ghazali. Bandung: AlMa’arif.

Suteja. (2012). Tafsir Tarbawi: Pengantar Tafsir Tarbawi. Pangger.

Syakur, Mahlail. (2019). Tafsir Kependidikan - Mahlail Syakur - Google Buku.

Tafsir,Ahmad. (1994) Ilmu Pendidikan Islam. Bandung.




DOI: 10.24235/jiem.v8i1.15752

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 M Kamil Salas, Tutik Hamidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â