Manajemen Desain Lingkungan pada Program Kegiatan PAUD Ramah Anak

Khairunnisa Ulfadhilah(1*),


(1) Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Lembaga PAUD perlu menerapkan manajemen sehingga akan lebih memudahkan dalam menerapkan pendidikan. Manajemen desain lingkungan dalam program kegiatan di PAUD ramah anak sangat penting diterapkan untuk menjadikan referensi semestinya, dan mampu menerapkan lingkungan sekolah yang ramah anak. Selain itu, TK Satap Munjul mampu memberikan suasana menyenangkan bagi anak didik saat dilingkungan sekolah. Penelitian ini dilakukan TK Satap Munjul bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis praktik manajemen desain lingkungan yang efektif dalam mendukung program kegiatan disekolah ramah anak. Metode riset ini metode deskriptif analitis kualitatif. Data dapatkan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil riset manajemen desain lingkungan yang efektif melibatkan perencanaan yang matang dalam pengaturan ruang belajar, penggunaan material yang aman dan ramah anak, pengelolaan kebersihan dan keamanan lingkungan, serta penerapan desain yang memperhatikan aspek estetika dan fungsionalitas. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya peran manajemen desain lingkungan dalam menciptakan lingkungan belajar yang optimal ramah anak.


Full Text:

PDF


DOI: 10.24235/jiem.v8i1.16908

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khairunnisa Ulfadhilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â