Peran Pengawasan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehtan di Madrasah Ibtidaiyah An-Nur

Ahmad Ripai(1*), Ali Hasan(2), Fathanah Fathanah(3),


(1) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
(2) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
(3) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan memberikan penjelasan mengenai peran pengawasan kepala nadrasah di MI An-Nur, khususnya bagi guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus melalui pengamatan kegiatan pengawasan yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di MI An-Nur Kota Cirebon. Hasil temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kinerja guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan memiliki sedikit kendala, yaitu kurangnya fasilitas pembelajaran. (2) Pelaksanaan pengawasan kepala madrasah terhadap guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan rutin dilaksanakan secara berkala agar mengetahui kualitas pembelajaran dan kinerja guru. (3) Hasil  pelaksanaan pengawasan kepala madrasah terhadap guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di MI An-Nur Kota Cirebon adalah cukup baik yang diimbangi dengan pelaksanaan dan dokumen-dokumen yang lengkap.

 

This study aims to understand and provide an explanation of the supervisory role of the headmaster at Islamic Elementary School An-Nur, especially for Physical Education Sports and Health (PJOK) teachers. This study used a qualitative descriptive method using a case study approach through observing supervisory activities carried out by the headmaster in improving the performance of Physical Education Sports and Health at Islamic Elementary School An-Nur teachers in Cirebon City. The results of this study can be concluded that: (1) The performance of Physical Education Sports and Health teachers has a few obstacles, namely the lack of learning facilities. (2) The supervision of the headmaster for Physical Education Sports and Health teachers is routinely carried out periodically in order to determine the quality of learning and teacher performance. (3) The results of the implementation of the headmaster supervision of Physical Education Sports and Health teachers at MI An-Nur, Cirebon City are quite good, which is balanced with complete implementation and documents.


Full Text:

PDF

References


Agustin, Vina. 2019. “Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019.†IAIN Tulungagung.

Azizah, Mar, and Miranda Nur Apdila. 2021. “Peran Kepala Madrasah sebagai Supervisor dalam Peningkatan Kinerja Guru.†Chalim Journal of Teaching and Learning 1(1). 73-84.

Bagus, Ida, Putu Oka, I. Ketut Budaya Astra, and I. Ketut Semarayasa. 2020. “Survei Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ( PJOK ).†Indonesian of Sport Journal & Tourism 2(2). 54-59.

Huda, Mochamad Miftahul. 2021. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MI Miftahul Ulum Sweden Kaligrenjeng Blitar.†IAIN Tulungagung.

Khairani, Lily. 2022. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SMA Negeri 1 Pelangiran Tahun Pelajaran 2020/2021.†Jurnal Pendidikan Tambusai 6(1). 1793-1802.

Mashud. 2018. “Analisis Masalah Guru PJOK dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani.†Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga 17(2). 77-85.

Mushlih, Aguslani, and Rudi Ahmad Suryadi. 2018. Supervisi Pendidikan Teori dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mutohir, T. Cholik, and Ali Maksum. 2007. Sport Development Index: Konsep, Metodologi, dan Aplikasi. 1st ed. Jakarta: Bessindo Primalaras.

Pranpantja, Yuda, Evi Satispi, and Retnowati WD Tuti. 2021. “Peran Supervisi Kepala Madrasah dan Kualifikasi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.†Jurnal Instruksional 3(1). 87-96.

Purwanto, Ngalim. 2016. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, Yulia. 2013. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru.†Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang 1(1). 19-28.

Rachma, ST. 2022. “Peran Supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah DDI Lil-Banat Ujung Lare Parepare.†IAIN Parepare.

Ramadhan, Richard Firmana. 2020. “Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah di SD Islam Darul Falah Depok.†UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

RI, Departemen Agama. 2002. Motivasi dan Etos Kerja. Jakarta: Depag RI.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah : Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: 10.24235/jiem.v8i2.18977

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fathanah Fathanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â