Islamic Boarding School Culture In Developing The Character of Students

Briliana Afidah(1*), Abdul Goffar(2),


(1) Institut Agama Islam At Taqwa Bondowoso
(2) Institut Agama Islam At Taqwa Bondowoso
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to describe the culture of Islamic boarding school in developing the character of students. This research method uses a qualitative approach with a Phenomenological research type. Data collection techniques use interviews, observations and documentation. The subjects in this study include: caregivers, deputy caregivers, foundation heads, Teachers and students. While the data analysis used is the Miles and Huberman interactive model. The results of this study; 1) The culture that becomes a forum for habituation in developing the character of students is Covert Culture which consists of ta'dzim, 5S, uswah hasanah, practice and habituation, Mauidah, Ibrah, targib wa tahzib. (2) The character values that develop are in line with the Concept of the Strengthening Character Education Program (PPK) and the Pancajiwa pesantren which consists of Religion, Independence, Simplicity, Ukhuwah, Mutual Cooperation, Integrity, Sincerity, Nationalism. The application of Islamic boarding school culture has broad implications for the development of the character of students. Islamic boarding schools not only produce knowledgeable individuals, but also form people who are independent, responsible, have good morals, and are ready to make a positive contribution to society.

Keyword: Islamic School culture, Character Development, Student

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya pesantren dalam pengembangan karakter santri. Metode penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Fenomenologi. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini meliputi: pengasuh, wakil pengasuh, ketua yayasan, ustadz dan santri. Sedangkan analisis data yang digunakan ialah model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini; 1) Budaya yang menjadi wadah pembiasaan dalam mengembangkan karakter santri ialah Covert Culture yang terdiri dari ta'dzim, uswah hasanah, Latihan dan pembiasaan, Mauidah, Ibrah, targib wa tahzib. (2) Nilai – Nilai karakter yang berkembang sejalan dengan Konsep Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Pancajiwa pesantren yang terdiri dari Religius, Kemandirian, Kesederhanaan, Ukhuwah, Gotong Royong,  Integritas, Keikhlasan, Nasionalis. Penerapan budaya pesantren memiliki implikasi luas bagi pengembangan karakter santri. Pesantren tidak hanya mencetak individu yang berilmu, tetapi juga membentuk manusia yang mandiri, bertanggung jawab, berakhlak mulia, dan siap berkontribusi positif di masyarakat.

Kata Kunci : Budaya Pesantren, Pengembangan Karakter, Santri


Full Text:

PDF

References


Aisyah, A. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 77–84. https://doi.org/10.24903/jw.v5i2.528

Aisyah, F. N., & Nikmah, K. (2024). Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. 2(April), 1–6.

Akhyar, Y., & Sutrawati, E. (2021). Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak. Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 137. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.363

Amini, N., & Melda Sari, Y. (2022). Penanaman Nilai Kesederhanaan Sejak Dini dalam Perspektif Hadits (Instilling the Value of Simplicity from an Early Agein Hadith Perspective). Jurnal Amal Pendidikan, 3(2), 134–145.

Anwari, & Mufid. (2020). Potret Pendidikan Karakter Pesantren. Edu Publisher.

Ardani & Yusuf. (2021). Pemikiran ki Ageng Selo Tentang Akhlak. CV Graf Literasi.

Bachtiar, Dkk. (2020). Penanaman Nilai pendidikan karakter Berbasis Al Quran dan Hadist Sekolah. Umsu Press.

Baihaqi, M. (2023). Pancasila sebagai pendidikan akhlaq pada santri di pondok pesantren Modern. Scopindo media pustaka.

Basir. (2022). Urgensi pendidikan bagi kaum perempuan dalam kerangka pendidikan islam: i'tiqhadiyah, amaliyah, Khuluqiyah. An Nisa' 15(2), 71–80 https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/annisa/article/view/3343

Creswell, J. W. (2016). Pendekatan Metode kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Belajar.

Denzin, Norman K dan Licoln, Y. S. (2009). Handbook Qualitative Research. Pustaka Belajar.

Fadhli, R. (2024). Kebijakan Pendidikan: Konsep, Model dan isu strategis di Indonesia. Indonesia Emas Grup.

Febrina, W., & Defi, W. F. (2024). Analisis Pengaruh Kepemimpinan Kiyai dan Hubungan Teman Sejawat Terhadap Budaya Pesantren Serta Dampaknya Pada Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Taman Pendidikan Ulama Zuamma ( Tapuz ) Kota Pariaman Sumatera Barat. 17–32. https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5765

Hamsir, et all. (2023). Implementasi Karakter Pancajiwa Santri dengan menggunakan targib wa Tahrib. CV Adanu Abimata.

Hasnida, H. (2023). Sejarah Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia Pada Masa Pra Kolonialisme Dan Masa Kolonialisme (Belanda, Jepang, Sekutu). Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(2), 237–256. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i2.6442

Hastuti, D. (2020). Remaja Sejahtera Remaja Nasionalis. Penerbit Andi.

Idris, M. A., & Suroto. (2022). Problematika Pembentukan Karakter Di Lembaga Pendidikan Dayah. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(2), 186–200. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i2.673

Imam Alfi. (2020). Strategi Pesantren dalam Pemberdayaan Masyarakat pada Era Generasi 4.0. Matan: Journal of Islam and Muslim Society, 2(1), 26–39.

Jaelani, A., Sahudi, sahudi, Suhartini, A., & Ahmad EQ, N. (2021). Budaya dan Pendidikan Karakter Pada Pesantren Campuran. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 5(2), 130–143.

Lesmana, et all. (2021). PERAN PONDOK PESANTRENDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Syntax Transformation, Vol 2 No 7, 962–970. https://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/319/476

Lickona, T. (2013). Educating for character how our school can teach respect and resposibility. PT. Bumi aksara.

Marwiyah, S. (2022). Pengembangan Budaya Pesantren Berbasis Kearifan Lokal di Pondok Pesantren Putri Salafiyah Bangil dan Pondok Pesantren Ali Ba’alawi Kencong Jember. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan …, 631–652. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2324

Mauluddin, M., & Habibah, N. (2022). Pola Hidup Sederhana Dalam Kajian Tafsir Maudhu’i. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir, 5(2), 231–249. https://doi.org/10.58518/alfurqon.v5i2.1397

Milles, Huberman. dan Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis a methods sourcebook. Sage Publication Ltd.

Musaddad & Fawaidi, . (2023). Budaya Organisasi Pesantren sebagai Upaya Menguatkan Perilaku Santri dalam Belajar: Studi Fenomenologi. Nusantara Journal of Islamic Studies, 4 (1), 81–92. https://doi.org/10.54471/njis.2023.4.1.81-92

Nizarani, et all. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, Dan Sains, vol 9 No 1, 37–44. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita

Nurdiyanti & Sutaryat (2023). Pendahuluan Hakikat tujuan pendidikan islam yang bersifat fundamental untuk membentuk manusia yang beribadah kepada Allah yang dilakukan melalui pembinaan aspek Aspek jasmani , Aspek akal , Aspek akidah , Aspek akhlak , Aspek Beribadah kepada Allah merupa. 06(02), 158–173. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/view/2627

Nurjannah & Sholeh. (2020). Implementasi Program Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dalam Menanamkan Sikap Religius Siswa. Qiro’ah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10 (1), 58–73. https://doi.org/10.33511/qiroah.v10n1

Prasetya, Benny, et all. (2021). Metode Pendidikan Karater Religius. Academia Publication.

Rahman & Fauji. (2024). ANALISA SURAT LUQMAN AYAT 12-19 TERKAIT BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DI PONDOK PESANTREN MODERN Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 9 (03) 102-120. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/18447

Rillah, G. R., Lyesmaya, D., & Amalia, A. R. (2022). Analisis Karakter Cinta Tanah Air Pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan). Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 14. https://doi.org/10.32507/attadib.v6i1.1348

Sholeh, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Perspektif Manajemen Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon. Permata: Jurnal Pendidikan Agama …, 4, 305–320. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/permata/article/view/1273%0Ahttps://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/permata/article/download/1273/783

Silfiyasari. M. dan Az. zhafi. (2020). Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5 (1),127–135. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pesantren+telah+berhasil++meminimalisir++kondisi++rusaknya+moral++atau++karakter%2C++bahkan++cara++yang+dilakukan+pesantren+dalam+menguranginya+banyak++ditiru++oleh++lembaga++pendidikan+lainnya.+&btn

Songgirin, A. (2022). Sistem Pendidikan Kader dan pengembangan lembaga pendidikan islam. Penerbit NEM.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Suryanti, et all. (2021). Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Nilai karakter untuk mengembangkan kemandirian mahaisiswa dalam Pandemi Covid 19. Unisri Press.

Wahdani, M. F. (2020). Mahmida Farah Wahdani, “Pendidikan Sikap Tanggung Jawab Dan Ta’dzim Pada Ssiwa Di MTs Al Manar Bener Tengaran Kaupaten Semarang Tahun Ajaran 2020/2021†(IAIN SALATIGA, 2021).

Yuniar, K. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Islam ( Studi Kasus Di Smp Daar En Nisa Islamic School ). Tesis, 1–81. http://lib.unnes.ac.id/40976/1/UPLOAD TESIS KIKI YUNIAR.pdf

Yunus, et all . (2023). Pendidikan Karakter di Masyarakat. Ideas Publishing.

Yusuf, A. (2020). Pesantren Multikultural Model Pendidikan Karakter Humanis-Religius di pesantren Ngalah. Rajawali Press.

Zainatur, R. (2022). Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Modern Palangkaraya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 2(6), 282–289. https://www.jipkl.com/index.php/JIPKL/article/view/32

Zaki, M. (2023). Pesantren dan Pendidikan Karakter. (Menelusuri Rahasia dan Keuinikan Budaya Pesantren). Anggota IKAPI.




DOI: 10.24235/jiem.v8i2.19069

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Briliana Afidah, Abdul Goffar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â