MANAJEMEN PEMBINAAN KINERJA GURU RAUDLATUL ATHFAL (RA)DALAM BALANCED SCORECARD (BSC)

fuad arif noor(1*),


(1) STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Ahli manajemen menemukan suatu pendekatan penilaian kinerja perusahaan yang dapat diadopsi pada organisasi nirlaba, alat penilaian kinerja yang disebut Balanced Scorecard (BSC) merupakan metode penilaian kinerja yang komprehensif. Metode ini menilai kinerja menggunakan seperangkat ukuran kinerja terpadu yang telah disusun berdasarkan visi misi dan strategi. BSC ini mendasarkan penilaian kinerja dalam empat perspektif penting, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

Kinerja Guru RA adalah kesuksesannya dalam memberi upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan menyediakan kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak melalui perencanakan, pelaksanakan, dan pengevaluasi proses belajar mengajar yang intensitasnya dilandasi oleh sikap mental dan profesionalisme guru.

Esensi dari kinerja guru tidak lain merupakan kemampuan guru dalam menunjukkan kecakapan atau kompetensi yang dimilikinya dalam dunia kerja yang sebenarnya. Dunia kerja guru yang sebenarnya adalah membelajarkan anak atau anak didiknya dalam kegiatan pembelajaran di kelas, dalam kinerjanya didasari dengan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kepemimpinan.


Full Text:

PDF

References


Abrasy (al-), Muhammad Athiyah, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, terj. BustaniA. Ghanidan Djohar Bahri (Jakarta: Bulan Bintang,1993).

Amin Abdullah, “Metodologi Penelitian untuk Pengembangan Studi Islam: Perspektif Delapan Poin Sudut Pandangâ€, Religia: Jurnal Studi-studi Agama, Vol. IV, No. 1, Januari 2005.

Borg and Gall, Educational Research, An Introduction (New York and London : Logman Inc., 1983).

Candida C. Peterson, Looking Forward Through The Lifespan Developmental Psychology (Australia; Person, 2013).

Chang. Otto H., and Chow. Chee W., “The Balanced Scorecard : A Potential tool for supporting chang and continuous improvement in accounting educationâ€, Accounting Education (Vol. 14, No. 3, August 1999).

Chang,M. C., Supporting Teacher Reformin Indonesia (Presentasi) (Jakarta: Kongres Guru Indonesia, 2010).

Colette Gray and Sean MacBlain, Learning Theories in Childhood (London: SAGE Publications Ltd, 2012).

Departemen Agama Republik Indonesia, Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Raudlatul Athfal (Jakarta : Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2005).

Djamarah, S.B. , Prestasi belajar dan Kompetensi Guru (Surabaya: Usaha Nasional, 1994).

Hardjana. A. Maqun, Komunikasi Interpersonal (Yogyakarta : Kanisius, 1989).

Kaplan. Robet S., dan Norton. David P., Balanced Scorecard: Menetapkan startegi menjadi aksi (Jakarta : Erlangga, 2000).

Kaplan. Robet S., dan Norton. David P., The balanced scorecard : translating strategy into action (Boston, Massachusetts : Harvard Business School Press, 1996).

Kompas.1Mei2012, “Peningkatan Kualitas Guru Butuh Jawabanâ€.Malayu S. P. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia (Jakarta: Bumi Aksara, 2003).

Masitoh, dkk.,Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-Kanak, (Jakarta: Depdiknas Ditjet Dikti Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005).

Melvin L. Silberman, Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject (Boston: Allyn and Bacon, 1996) Penerjemah Raisul Muttaqien; editor Ni`mal Fata, Active Learning: 101 Cara belajar Siswa Aktif (Bandung: Nuansa Cendekia, 2014).

Michael J. Seth, Educational Fever; Society, Politics, and the Pursuits of Schooling in South Korea (Korea: University of Hawai’I Press, 2002).

Moeliono. D.Anton,KamusBesarBahasaIndonesia(Jakarta:BalaiPustaka,t.th.).

Moleong. Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2009).

Muhammad As’ad, Psikologi Industri. Edisi keempat (Yogyakarta: Liberty, 1995).

Munir. Abdul, Seni Mengelola Lembaga Pendidikan Islam (Ciputat: Arta Karya Indonesia, 2010).

Musanef, Manajemen Kepegawaian di Indonesia (Jakarta: Haji Masagung, 1991).

Nahlawi (al-), Abdurrahman, Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga,di Sekolah dan di Masyarakat (Bandung: Diponegoro, 1992).

Nizar. Samsul, Filsafat Pendidikan Islam; Pendekatan Historis,Teoritis dan Praktis (Jakarta: Ciputat Press,2002).

Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta : Balai Pustaka, 2006).

Rohman. A., Politik Ideologi Pendidikan (Yogyakarta: Laksbang Mediatama, 2009).

Samana. A., Profesionalisme Keguruan (Yogyakarta: Kanesius, 1994).

Soedijarto.“ Rekrutmen, Pendidikan, dan Penempatan, serta Pembinaan Guru untuk Menunjang Pendidikan yang Relevan dan Bermuduâ€, Pendidikan Untuk Masyarakat Indonesia Baru: 70 Tahun Prof. Dr. H.A.R. Tilaar, MSc.Ed. (Jakarta: Grasindo, 2002).

Subroto. B. Surya, Proses Belajar Mengajar di Sekolah (Jakarta: Rineka Cipta, 1997).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Bandung : Alfa Beta, 2010).

Supeno. Hadi, Potret Guru (Jakarta: Pustaka Sinar Harapan,1995).

Suyadi Prawirosentono, Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan Kiat Membangun Organisasi Kompetitif Era Perdagangan Bebas Dunia. Edisi kedua. Yogyakarta: BPFE, 2008).

Thoha. Miftah, Pembinaan Organisasi (Jakarta: Mutiara Ilmu, 1997).

Thoha. Chabib, Kapita Selekta Pendidikan Islam(Yogyakarta: PustakaPelajar,1996)

Tilaar. H. A. R., Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad21 (Magelang: IndonesiaTera, 1999).

Tim Penulis, Pedoman Penulisan Disertasi Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015 (Keputusan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Nomor 137.4 Tahun 2015).

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Usman. Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1998).

Wijaya, C. Dan Rusyan A.T, Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994).

Yamin. Martinis, Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP (Jakarta: Ganung Persada Press, 2007).

Zainuddin,dkk., Seluk Beluk Pendidikan al-Ghazali (Jakarta: Bumi Aksara, 1991).




DOI: 10.24235/jiem.v2i2.3616

Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 fuad arif noor

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â