Analisis Gaya Kepemimpinan Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan dalam Memberdayakan Tenaga Honorer di Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kedawung

Koko - Santoso(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Gaya kepemimpinan merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam pengelolaan lembaga pendidikan guna mencapai tujuan instansi pendidikan. Pemberdayaan tenaga honorer dapat dilihat dari cara pemimpin dalam memimpin instansinya. Fakta di lapangan terdapat harmonisasi internal kantor serta minimnya kesenjangan antara staf PNS dan staf honorer. Penelitian dilakukan untuk mengetahui sejauh mana gaya kepemimpinan koordinator wilayah bidang pendidikan dalam memberdayakan tenaga honorer di koordinator wilayah bidang pendidikan kecamatan kedawung kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif empiris. Pengambilan data melalui wawancara mendalam, observasi mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) gaya kepemimpinan yang diterapkan di koordinator wilayah bidang pendidikan kecamatan Kedawung didominasi oleh gaya kepemimpinan transformatif, 2) upaya-upaya yang dilakukan oleh koordinator wilayah bidang pendidikan kecamatan Kedawung yaitu membenahi kantor agar lebih nyaman bagi karyawan, sering mengadakan syukuran makan-makan, menciptakan lingkungan organisasi yang menyenangkan yaitu dengan menghindari cara-cara repsesif dalam memimpin. 3) gaya kepemimpinan mempengaruhi optimal atau tidaknya kinerja tenaga honorer.

Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Optimalisasi, Pegawai Honorer

 

ABSTRACT

Leadership style was a very important aspect in the management of educational institutions in order to achieve the goals of educational institutions. Empowerment of honorary staff can be seen from the way leaders lead their institutions. The facts in the field are there was internal office harmonization and the minimum gap between civil servant staff and honorary staff. The study was conducted to determine the extent of the leadership style of the regional education coordinator in empowering the honorary staff in the regional education coordinator of the Kedawung sub-district, Cirebon district. The method used was qualitative descriptive empirical. Retrieval of data through in-depth interviews, in-depth observation, and documentation. The data analysis technique uses descriptive qualitative which includes data reduction, data presentation, and data verification. The results showed that 1) the leadership style applied in the education area coordinator of the Kedawung sub-district was dominated by the transformative leadership style, 2) the efforts made by the regional coordinator for education in the Kedawung sub-district, namely fixing the office so that it was more comfortable for employees, often holding meals and thanksgiving, creating a pleasant organizational environment, namely by avoiding repessive ways of leading. 3) leadership style influences the optimal performance of honorary staff.

Keywords: Leadership Style, Optimization, Employees Honorary


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. 2nd edn. California: Sage.

Danim, S. (2004). Kepemimpinan Pendidikan: Kepemimpinan Jenius (IQ +EQ), Etika, Perilaku, Motivasional, dan Mitos. Bandung: CV Alfabeta.

Djaelani, A. R. (2013). Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. Semarang: FPTK IKIP Veteran.

Kartono, K. (2000). Penimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali.

Kurniawan, A. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Cirebon: Eduvision




DOI: 10.24235/jiem.v5i1.8895

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Koko - Santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â