PENTINGNYA LITERASI MEDIA ERA DISRUPSI DIGITAL DAN POST TRUTH

Khusnul Khotimah(1*), Siti Rosyidah Ekasari(2), Eva Nur Kholifah(3), Neni Agus Triyanti(4), Tafsir Tafsir(5), Ismail Ismail(6), Ahmad Fauzan Hidayatullah(7),


(1) Departemen Pendidikan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
(2) Departemen Pendidikan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
(3) Departemen Pendidikan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
(4) Departemen Pendidikan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
(5) Departemen Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin & Humaniora Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
(6) Departemen Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
(7) Departemen Teknik Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada era disrupsi digital dan post truth, setiap individu perlu menguasai akan keterampilan literasi media. Literasi media ialah hal penting dan dibutuhkan agar dapat berpartisipasi di zaman sekarang ini, agar tidak salah dalam menggunakan media digital. Literasi media saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini ialah untuk menyadarkan masyarakat era digital akan pentingnya literasi media. Penelitian ini mengkaji berbagai jurnal, buku, dan artikel ilmiah. Pendekatan pada penulisan ilmiah ini yaitu pendekatan secara kualitatif deskriptif, termasuk jenis penelitian studi literatur untuk sumber data langsung. Metode studi pustaka di mana diarahkan pada pencarian data melalui dokumen-dokumen yang ada, baik dokumen tertulis, foto, gambar, maupun dokumen elektronik yang tentunya mendukung proses penulisan. Hasil studi menunjukkan bahwa banyak masyarakat yang menggunakan media sosial dalam komunikasi. Banyak berita serta informasi yang menyebar dari media tersebut. Akan tetapi, banyak pula yang tidak memiliki kemampuan literasi media yang baik. Sehingga perlu sosialisasi kepada selurh masyarakat akan pentingnya literasi media. Fakta yang objektif pada post truth ini sering diabaikan bahkan tidak memiliki pengaruh pada terbentuknya pandangan masyarakat. Hal tersebut dapat terjadi karena perasaan emosional yang ada pada diri yang akhirnya mempengaruhi persepsi masyarakat dalam menerima fakta yang ada. Menghadapi era Post-Truth yang semakin berkembang khususnya disaat digitalisasi begitu pesat. Sangat penting masyarakat untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan literasi digital. Adanya generasi muda sangat membantu dalam proses verifikasi objektifitas informasi. Berdasarkan har tersebut, dengan adanya literasi digital sangat diperlukan seseorang ketika menyaring, memverifikasi, dan mengggunakan informasi secara bijak dengan digitalisasi perangkat digital.


Keywords


Era Digital; Literasi Media; Media Sosial; Post Truth

Full Text:

PDF

References


Adiarsi, Gracia Rachmi, Yolanda Stellarosa, and Martha Warta Silaban. 2015. “LITERASI MEDIA INTERNET DI KALANGAN MAHASISWA” 6 (4): 470–82.

Arifin, Nuhdi Futuhal, and A Jauhar Fuad. 2020. “Dampak Post-Truth Di Media Sosial.” Intelektual Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 10 (3): 376–88. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/ji.v10i3.1430.

Balya, Tonna, Sri Pratiwi, and Reza Prabudi. 2018. “Research and Learning in Comunication Study JURNAL SIMBOLIKA Literasi Media Digital Pada Penggunaan Gadget” 4 (2).

Donny B. U., and Indriyanto Banyumurti. 2018. Keamanan Siber Untuk E-Commerce. Kominfo.

Hanika, Ita Musfirowati, Melisa Indriana Putri, and Alyza Asha Witjaksono. 2020. “SOSIALISASI LITERASI MEDIA DIGITAL DI JAKARTA ( Studi Eksperimen Penggunaan YouTube Terhadap Siswa Sekolah Dasar Di Jakarta ).” Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media 4 (2): 153–72. https://doi.org/https://doi.org/10.31002/jkkm.v4i2.3324.

Kurniawati, Juliana, and Siti Baroroh. 2016. “Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu.” Jurnal Komunikator 8 (2).

Limilia, Putri, and Nindi Aristi. 2019. “Literasi Media Dan Digital Di Indonesia : Sebuah Tinjauan Sistematis” 8 (2).

Malatuny, Yakob Godlif, Julianus Labobar, and Bernard Labobar. 2020. “Literasi Media : Preferensi Warga Negara Muda Di Era Disrupsi” 4 (1): 42–51.

Muhammad, Hatta Abdi, and Riri Maria Fitriani. 2021. “LITERASI DIGITAL DITENGAH REALITA POLITIK LOKAL PADA ERA POST TRUTH ( STUDI TERHADAP IKATAN MAHASISWA MUARO JAMBI ).” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ungu 3 (3): 128–33. https://doi.org/https://doi.org/10.30604/abdi.v3i3.390.

Mulyasih, Rahmi. 2016. “PENTINGNYA LITERASI MEDIA BAGI KAUM PEREMPUAN.” Lontar Jurnal Ilmu Komunikasi 4 (3). https://doi.org/https://doi.org/10.30656/lontar.v4i3.364.

Novianti, Dewi, and Siti Fatonah. 2018. “Literasi Media Digital Di Lingkungan Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Yogyakarta.” Jurnal Ilmu Komunikasi UPNYK 16 (1): 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.31315/jik.v16i1.2678.

Novianti, Rully, and Sutisna Riyanto. 2018. “TINGKAT LITERASI MEDIA REMAJA DESA DALAM PEMANFAATAN INTERNET Media Literacy ’ s Level of Young Villager in Internet Utilization” 16 (2): 158–71.

Prasanti, Ditha, and Sri Seti Indriani. 2017. “Pelatihan Literasi Media Digital Bagi Murid-Murid Armidale English College ( AEC ) Di Soreang Kabupaten Bandung Selatan Digital Media Literacy Training for Students Armidale English College ( AEC ) in Soreang , District of South Bandung” 4 (2): 157–65.

Rahmi, Amelia. 2013. “PENGENALAN LITERASI MEDIA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR” 8 (April): 261–76.

Refi, Mohammad, and Omar Ar. 2021. “TRUTH & POST TRUTH DEWASA INI” XV: 19–35.

Restianty, Ajani. 2018. “Literasi Digital , Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media.” Gunahumas Jurnal Kehumasan Universitas Pendidikan Indonesia 1 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380.

Rianto, Puji. 2019. “LITERASI DIGITAL DAN ETIKA MEDIA SOSIAL DI ERA POST - TRUTH” 8 (2): 24–35.

SARI, SAPTA. 2019. “Literasi Media Pada Generasi Milenial Di Era Digital.” Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik 6 (2): 30–42. https://doi.org/10.37676/professional.v6i2.943.

Soleh, Asep Muhamad, I Gusti Agung Ayu Mas Oka, and Muhammad Kristiawan. 2020. “Kondisi Literasi Media Digital Dalam Aktifitas Kerja Pegawai Politeknik Penerbangan Palembang.” Ilmu Pendidikan Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan 5 (2): 51–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i22020p051.

Sukasih, Sri. 2015. “LITERASI MEDIA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER” 32: 163–68.

Sumiati, E T I. 2020. “MANFAAT LITERASI DIGITAL BAGI MASYARAKAT DAN SEKTOR PENDIDIKAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19” 3 (2): 65–80.

Syuhada, Kharisma Dhimas. 2017. “Etika Media Di Era ‘Post-Truth’” 6 (1): 75–79.

Thadi, R, and M Mukhlizar. 2021. “Literasi Dakwah Di Era Post Truth.” … (Journal of Islamic Communication) 2 (1): 31–38.

Tsaniyah, Naimatus, and Kannisa Ayu Juliana. 2019. “Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoaks Di Era Disrupsi.” Al- Balagh Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 4 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1555.




DOI: 10.24235/orasi.v15i2.10637

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â