PRAKTIK KOMUNIKASI DALAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BADAN USAHA MILIK NEGARA

Atikah Luthfiyah(1*), Muhamad Sulhan(2),


(1) Universitas Gadjah Mada
(2) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa aspek komunikasi sering kali diabaikan dalam praktik Corporate Social Responsibility (CSR). Hal ini menyebabkan pengelolaan CSR di lapangan menjadi tidak optimal. Begitu pula dengan pelaksanaan CSR di PT PLN Nusantara Power UP Tenayan yang masih menimbulkan beberapa permasalahan seperti kurangnya penginformasian CSR yang menyebabkan rendahnya komitmen antar anggota program dan ketidaktahuan masyarakat Kota Pekanbaru dalam aktivitas CSR perusahaan karena minimnya publikasi mengenai CSR. Perusahaan perlu mengidentifikasi elemen-elemen komunikasi dalam melaksanakan praktik komunikasi untuk CSR. Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis praktik-praktik komunikasi yang dilakukan oleh Divisi SDM Umum dan CSR UP Tenayan serta menganalisis karakteristik dari praktik komunikasi dalam CSR UP Tenayan sebagai perusahaan BUMN. Peneliti menggunakan tujuh elemen komunikasi milik Wilbur Schramm dan contingency theory of accommodation untuk melihat kecenderungan karakteristik praktik komunikasi CSR perusahaan. Penelitian bersifat kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan menggunakan metode studi kasus Robert E. Stake. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Divisi SDM Umum dan CSR UP Tenayan belum optimal dalam melaksanakan praktik komunikasi terkait CSR, dilihat dari tidak adanya strategi yang sistematis dan analitis dalam pengelolaannya. Sehingga, penelitian menyoroti kebutuhan akan pendekatan komunikasi yang lebih terstruktur dan terarah dalam pengelolaan CSR, yang dapat menjadi acuan bagi penelitian dan praktik CSR di masa depan.

Keywords


Badan Usaha Milik Negara; Penginformasian CSR; Praktik Komunikasi; Teori Kontingensi Akomodasi

Full Text:

PDF

References


Book

Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. 2nd ed. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Denzin, Norman K. 1984. The Research Act. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Stake, Robert E. 1995. The Art of Case Study Research. Thousand Oaks: Sage Publication, Inc.

Edited book

Bahruddin. 2012. “Institusionalisasi Corporate Social Responsibility.” In CSR: Komitmen Untuk Pemberdayaan Masyarakat, edited by Susetiawan, 101–26. Sleman: Azzagrafika.

Article of the Journal

Arifin, Miftahol, Hafidhah, and Mohammad Rofik. 2022. “Model Komunikasi CSR Perusahaan Bumn Di Indonesia (Pendekatan Social Network Analysis).” J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah) 5 (1): 1–13. https://doi.org/10.52266/jesa.v5i1.1005.

Dawkins, Jenny. 2005. “Corporate Responsibility: The Communication Challenge.” Journal of Communication Management 9 (2): 108–19. https://doi.org/10.1108/13632540510621362.

Dragomir, Voicu-Dan, Madalina Dumitru, and Liliana Feleaga. 2022. “The Predictors of Non-Financial Reporting Quality in Romanian State-Owned Enterprises.” Accounting in Europe 19 (1): 110–51. https://doi.org/10.1080/17449480.2021.2018474.

Ervits, Irina. 2023. “CSR Reporting in China’s Private and State-Owned Enterprises: A Mixed Methods Comparative Analysis.” Asian Business & Management 22 (1): 55–83. https://doi.org/10.1057/s41291-021-00147-1.

Gond, Jean-Pascal, Laure Cabantous, and Frédéric Krikorian. 2018. “How Do Things Become Strategic? ‘Strategifying’ Corporate Social Responsibility.” Strategic Organization 16 (3): 241–72. https://doi.org/10.1177/1476127017702819.

Li, Jiarong, and Masato Sasaki. 2023. “The Impact of State Ownership on Corporate Social Responsibility Reporting: A Comparison Between State-Owned and Non-State-Owned Enterprises in China.” Management Communication Quarterly, October, 1–30. https://doi.org/10.1177/08933189231209727.

Octaviani, Fachria Risna Resnawaty, Santoso Tri Raharjo, and Risna Resnawaty. 2022. “Strategi Komunikasi Dalam Corporate Social Responsibility Perusahaan Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat.” Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Humanitas 4 (1): 21–33. https://doi.org/10.23969/humanitas.v4iI.4882.

Oueslati, Hanene, Saloua Bennaghmouch-Maire, Martine Deparis, and Marie-Catherine Paquier. 2023. “Importance and Conditions of Effectiveness of CSR Communications in Franchise Networks.” International Journal of Retail & Distribution Management 51 (9/10): 1352–70. https://doi.org/10.1108/IJRDM-10-2022-0403.

Priliantini, Anjang, Erna Herlina, and Anter Venus. 2019. “Pengelolaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) ‘PLN Peduli’ (Studi Kasus Di Kantor Pusat PT. PLN (Persero)).” Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika 8 (2): 78. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.1995.

Pujayanti, Tutut, and Dadang Mashur. 2021. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program CSR PT. PJB UBJOM PLTU Tenayan Di Kelurahan Industri Tenayan.” Jurnal Studi Ilmu Sosial Dan Politik 1 (2): 101–16. https://doi.org/10.35912/jasispol.v1i2.551.

Shafany, Ghita Azmi, and Choiria Anggraini. 2023. “Analisis Strategi Komunikasi Corporate Social Responcibility Dan Pengorganisasian Informasi Pada Multi-Stakeholder.” Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA) 6 (1): 303–10.

Referensi lain

Asean CSR Network. 2016. Conference on Corporate Governance and Responsibility: Theory Meets Practice.

Info PJB. 2022. “CSR PLTU Tenayan Baik Secara Sistem, Kebijakan, Dan Pelaksanaan Di Level Sangat Baik.” PLN Nusantara Power. April 4, 2022. https://www.plnnusantarapower.co.id/csr-pltu-tenayan-baik-secara-sistem-kebijakan-dan-pelaksanaan-di-level-sangat-baik/#:~:text=PT%20PJB%20melalui%20PLTU%20Tenayan%20berhasil%20mencatatkan%20prestasi,mengadopsi%20Creating%20Shared%20Value%20%28CSV%29%20dan%20ISO%2026000.

Slaba, Marie. 2014. “Stakeholder Power-Interest Matrix and Stakeholder-Responsibility Matrix in Corporate Social Responsibility.” In The 8th International Days of Statistics and Economics. Prague: Thomson Reuters.

Suryo, Bagus. 2023. “Kementerian Desa Anugerahi Program CSR PLN NP Berbasis Pariwisata.” Media Indonesia. February 3, 2023. https://mediaindonesia.com/nusantara/555550/kementerian-desa-anugerahi-program-csr-pln-np-berbasis-pariwisata.

Yusniar. 2023. “TJSL PLN Dinobatkan Sebagai the Best Indonesia CSR 2023.” Economic Review. September 9, 2023. https://economicreview.id/tjsl-pln-dinobatkan-sebagai-the-best-indonesia-csr-2023/#:~:text=Dengan%20komitmen%20tersebut%2C%20PLN%20sukses%20meraih%20penghargaan%20bergengsi,%E2%80%9CPLN%20EMPOWER%20%28PLN%3A%20Pintar%20%E2%80%93%20Power%20%E2%80%93%20Green%29.




DOI: 10.24235/orasi.v15i2.18442

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â