INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM BERBASIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PROGRAM GERAKAN MAGHRIB MENGAJI DI KOTA CIREBON

Zaenal Mutaqin(1*), Dessy Kushardiyanti(2),


(1) Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
(2) Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini membahas proses internalisasi nilai-nilai Islam berbasis komunikasi interpersonal dalam Program Gerakan Maghrib Mengaji di Kota Cirebon. Program ini dirancang untuk menanamkan nilai aqidah, ibadah, dan akhlak di kalangan generasi muda melalui aktivitas mengaji yang rutin dilaksanakan di masjid. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pola komunikasi interpersonal antara guru ngaji dan santri di masjid dalam pelaksanaan Program Gerakan Maghrib Mengaji, serta penerapannya untuk meningkatkan nilai-nilai Islam melalui Gerakan Masyarakat Mengaji di kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif analisis interaksionalisme simbolik dan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam, kuesioner, dokumentasi, dan studi pustaka yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang efektif, terdiri dari keterbukaan, empati, dukungan, kesetaraan, dan kepositifan, memiliki dampak positif dalam proses internalisasi nilai-nilai keislaman. Faktor pendukung dan penghambat diidentifikasi untuk memperbaiki efektivitas program ini di masa mendatang.


Keywords


Internalisasi; Komunikasi Interpersonal; Mengaji; Nilai-Nilai Islam

Full Text:

PDF

References


Ahsanitaqwim, R. (2024). Sosialisasi Maghrib Mengaji: Membangun Generasi Qurani Di Kelurahan Pangunggangan. ADIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 4.

Anjani, R. D., Fany, M., Suryana, S. M., Zain, H. N., Chaniago, A. S. (2024). Implementasi Kegiatan Magrib Mengaji Dalam Upaya Meningkatkan Kemahiran Membaca Al-Qur’an Di RW 04 Kelurahan Empangsari. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 1 (6), 80-86.

Annisa Herman, A. (2021). Implementasi Program Kementerian Agama Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat Tentang Gerakan Maghrib Mengaji Dalam Mewujudkan Masyarakat Madani (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Beebe, Steven A, Beebe, Susan J & Ivy, Diana K. (2010) Communication Principles for A Lifetime. Boston: Pearson Education, Inc.

Devito, Joseph A. (2009). The Antarpribadi Communication. New York: Pearson Education Inc.

Djamarah, S. B. (2004). Pola komunikasi orang tua dan santri dalam keluarga (sebuah perspektif pendidikan Islam). Rineka Cipta.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat, Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Handayani, M. (2016). Peran Komunikasi Antarpribadi dalam Keluarga untuk Menumbuhkan Karakter santri Usia Dini. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 11(1), 57–64

Junaedi, M. (2017). Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Kencana

Kurniadi, O. (2001). Pengaruh Komunikasi Keluarga terhadap Prestasi Belajar santri. Media-tor, 2(2), 267–290.

Lubis, L. P., Azzahra, A., & Della, N. (2021). Magrib Mengaji Upaya Membangun Kebiasaan Membaca Alquran pada santri di Kelurahan Tanjung Ibus Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat. Mitra Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 45-49.

Marlina, E., Nurhasani, H. L., Rahmalia, S., Latifah, U., & Sari, Z. A.(2021). Pendampingan Program Gerakan Maghrib Mengaji bagi santri-santri Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Cisauheun Kota Banjar. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(2), 125-139.

Ngalimun. (2018). Komunikasi Interpersonal . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nur’aini, & Jalil, Z. A. (2018). Kondisi Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar santri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 3(2), 143–167.

Purwanto, Heri. (1998). Pengantar Perilaku Manusia. Jakarta: EGC

Prayugo, B. (2020). Pola Komunikasi Masjid Dalam Menanamkan Nilai Islami Kepada santri Melalui Program Maghrib Mengaji Perspektif Komunikasi Antar Pribadi (Studi Deskriptif Masjid Kelurahan Harjosari I Kecamatan Medan Amplas). Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, 6(2), 168-176.

Rahman, A. (2021). Habituasi Gerakan Maghrib Mengaji Pada Masyarakat Desa Pakkabba Kabupaten Takalar. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(2), 23-43.

Ronawati, R. (2020). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan santri Bagi Penanaman Akhlak Di Lingkungan Keluarga Di Desa UlatanKecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong (Doctoral dissertation, IAIN Palu).

Sarwono, S. W. (1995). Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta : Rajawali Pers.

Soejanto, Agoes. (2001). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suprapto, T. (2009). Pengantar teori & manajemen komunikasi. Media Pressindo.

Ulum, M. Syahrul. (2024). Interasi Simbolik Antara Guru Dan Santri Dalam Sistem Pembelajaran Di Taman Pendidikan Al-Quran An Nahdloh Kediri. JUSMA: Jurnal Studi Islam dan Masyarakat. 3(1) 85.




DOI: 10.24235/orasi.v15i2.19007

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â