PERSONAL BRANDING PEJABAT PUBLIK DI MEDIA SOSIAL

Hanifah Islamiyah(1*), Arief Rachman(2),


(1) Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati CirebonJurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengguna media sosial semakin banyak, berbanding lurus dengan minat anak muda terhadap isu-isu politik. Media sosial dan politik menjadi satu mata rantai yang penting dalam terjalinnya komunikasi politik. Dengan dilatarbelakangi hal tersebut peneliti tertarik untuk menggali informasi mengenai personal branding pejabat publik Nasrudin Azis, Walikota Cirebon 2013-2018, melalui akun media sosial Facebook dan Instagram dan personal branding yang paling dominan dibangun di media sosial.Penelitian ini bertujuan untuk mencari citra yang ingin ditunjukkan Nasrudin Azis dalam akun Facebook dan Instagramnya, dan citra yang paling menonjol ditunjukkan Nasrudin Azis dalam akun Facebook dan Instagramnya. Berdasarkan hasil penelitian mengenai personal branding yang ditunjukkan Nasrudin Azis di akun Facebook dan Instagram dan personal yang paling dominan menunjukkan bahwa; (1) Personal branding yang dibentuk Nasrudin Azis di akun Facebooknya adalah Spesialisasi; behaviour, mission, lifestyle, product, service, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, visiability dan keteguhan. (2) Personal branding yang dibentuk Nasrudin Azis di akun Instagram adalah spesialisasi; ability, lifestyle, product dan service, kepribadian, perbedaan, visiability, kesatuan, keteguhan dan goodwill. Dan hasil perhitungan persamaan paling tinggi dari tiga tabel penilaian pengkoding, hasilnya dapat disimpulkan bahwa personal branding yang paling dominan di akun Facebook Nasrudin Azis adalah Spesialisasi dan personal branding yang paling dominan di akun Instagram Nasrudin Azis adalah perbedaan.


Keywords


Personal branding; pejabat publik; media sosial, facebook; instagram

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro, dkk. 2014. Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arifin, Anwar. 2011. Sistem Komunikasi Indonesia. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Bungin, Burhan. 2007. Sosiologi Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

DeVito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia. Jakarta: Karisma Publishing

Effendi, Onong Uchjana. 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

________________2013. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Kasali, Rhenald. 2013. Camera Branding Cameragenic VS. Auragenic. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Kriyantono, Rachmat. 2006. Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Leakey, Richard. 2007. Asal-Usul Manusia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia

McQuail, Denis. 1994. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.

Morissan, dkk. 2013. Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nimmo, Dan. 2010. Komunikasi Politik Khalayak dan Efek. Bandung: Rosda Karya

Nurudin. 2013. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.

Rachmat, Jalaludin. 2014. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Rosda Karya

Rahmat, Jalaludin. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rivers, William L dan Jay W. Jensen Theodore Peterson. 2004. Media Massa dan Masyarakat Moderen. Jakarta: Prenada Media.

Subiakto, Henry dan Ida, Rachmah. 2015. Komunikasi Politik, Media dan Demokrasi. Jakarta: Kencana

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Tabroni, Roni. 2012. Komunikasi Politik pada era Multimedia. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wesfix, Tim. 2017. Branding itu “dipraktekinâ€. Jakarta: PT Grasindo

http://www.rakyatcirebon.co.id/2016/06/tidak-ada-wawali-sampai-2018.html diakses pada hari Senin, 22 Januari 2018 pukul 1:22

http://regional.kompas.com/read/2017/01/19/15010031/dua.tahun.tanpa.pendamping.wali.kota.cirebon.kewalahan diakses pada hari Senin, 22 Januari 2018 pukul 1:23

https://aboutcirebon.id/hari-terakhir-pendaftaran-pasangan-azis-eti-resmi-daftar-ke-kpu-kota-cirebon/ diakses pada hari Senin, 22 Januari 2018 pukul 1:24

http://jabar.tribunnews.com/2018/01/19/nasrudin-azis-akan-serahkan-surat-cuti-ke-kpu-kota-cirebon-hari-ini diakses pada hari Senin, 22 Januari 2018 pukul 1:26

http://diy.kpu.go.id/web/2016/06/27/memilih-pemimpin-berkualitas/ diakses pada hari Senin, 22 Januari 2018 pukul 1:27

http://jabar.tribunnews.com/2018/01/10/didukung-banyak-partai-petahana-kota-cirebon-optimistis-menang-pilkada-2018 diakses pada hari Senin, 22 Januari 2018 pukul 1:28

https://id.wikipedia.org/wiki/Nasrudin_Azis pada tanggal 19 Januari 2018 pukul 22;15




DOI: 10.24235/orasi.v9i1.2945

Article Metrics

Abstract view : 671 times
PDF - 356 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
 
Â