PENERAPAN KOMUNIKASI DAN MANAJEMEN KONFLIK DI KANTOR MEDIA RAKYAT CIREBON
(1) KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Komunikasi dalam sebuah perusahaan sangat penting dan mempunyai pengaruh yang begitu besar. Salah satunya yaitu untuk menyelesaikan sebuah konflik. Berbagai konflik yang mungkin terjadi dalam sebuah perusahaan, sebagian besar dapat diselesaikan dengan komunikasi, sehingga perlu untuk memahami komunikasi organisasi dengan sangat baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan komunikasi dan manajemen konflik di kantor media Rakyat Cirebon. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan melakukan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya konflik personal dan konflik interpersonal. Konflik interest, konflik realistis dan konflik non realistis, konflik destruktif dan konflik konstruktif. Penyelesaian konflik di media Rakyat Cirebon ditempuh dengan cara tidak mengulangi kesalahan yang sama, membina komunikasi yang baik, menyadari perbedaan pendapat, menerima kritik dan pemberian motivasi.
ÂKeywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Choerul. 2015. “Manajemen Konflik Untuk Menciptakan Komunikasi Yang Efektif.†Jurnal Interaksi 4 (2): 148–157.
Efendi, Nur. 2015. Islamic Educational Leadership.Yogyakarta: Kalimedia.
Moleong, Lexy J. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. IX.
Muhadjir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Muspawi, Mohamad. 2014. “Manajemen Konflik (Upaya Penyelesaian Konflik dalam Organisasi).†Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora 16 (2): 41-46.
Nurrohim, Hassa. 2009. “Efektivitas Komunikasi dalam Organisasi.†Jurnal Manajemen 7 (4).
Rusdiana. 2015. Manajemen Konflik. Bandung: Pustaka Setia.
Soetopo, Hendyat. 2016. Perilaku Organisasi Teori dan Praktik di Bidang Pendidikan. Bandung: Rosda.
Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wirawan. 2010. Konflik dan Manajemen Konflik Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
DOI: 10.24235/orasi.v11i1.6477
Article Metrics
Abstract view : 22 timesPDF - 11 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Orasi indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.