Pengembangan Tes Tulis dan Lisan untuk Mengases Keterampilan Komunikasi Matematika Siswa
(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. (2011). Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Abdurahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Alamsyah, N. (2015). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematika untuk Siswa SMP. Research and Development Journal of Education, 2(1).
Ansari, B. I. (2016). Komunikasi Matematik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Penerbit PeNA.
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Huggins, B., & Maiste, T. (1999). Communication in Mathematics (Master’s Action Research Project, St. Xavier University & IRI/Skylight.)
Kramarski, B. (2000). The Effects of Different Instructional Methods on the Ability to Communicate Mathematical Reasoning. Proceedings of the 24th conference of the international group for the psychology of mathematics education, Japan.
Lamonta, P. A., Tandiayuk, M. B., & Puluhulawa, I. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 19 Palu Dalam Memahami Volume Balok. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4).
Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa melalui Strategi Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 101-112.
Nurhayati, E. (2011). Psikologi pendidikan Inovatif. Yogyakarta:Pustaka pelajar
Nurudin. (2016). Ilmu Komunikasi ilmiah dan Populer. Jakarta: PT raja grapindo persada
Purwati, H., & Nugroho, A. A. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pada mata kuliah program linear. JIPMat, 1(2).
Persada, A. R. (2014). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).
Ramdani, Y. (2012). Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 44-52.
Subekti, A. (2011). Ensiklopedia Matematika Jilid I. Jakarta: PT Ikrar Mandiriabadi.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya
Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yusuf, P. M. (2010). Komunikasi Intruksional: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 40 timesPDF - 46 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.