Pengembangan Tes Tulis dan Lisan untuk Mengases Keterampilan Komunikasi Matematika Siswa

Nurmalasari Nurmalasari(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dibekalkan kepada siswa dalam pendidikan di Indonesia seperti disebutkan dalam Peraturan   Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Namun pada kenyataan di lapangan tujuan tersebut belum tercapai, salah satu penyebabnya masih minimnya  ketersediaan instrumen yang menilai ketiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor yang menyebabkan makna pendidikan sendiri telah berubah. Peserta didik hanya mendapatkan pengetahuan/teori saja, sedangkan sikap dan keterampilan yang harus didapat dari pembelajaran yang telah dilaksanakan belum maksimal. Oleh karena itu penelitian ini menyajikan pengembangan tes untuk mengukur keterampilan  komunikasi matematika siswa sekolah Madrasah Aliyah Islamic Centre Kabupaten Cirebon secara tulis dan lisan. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang saat uji coba keterbacaan dan 12 orang saat uji coba lapangan. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Devolepment). Adapun langkah- langkahnya meliputi: (1) identifikasi tujuan dan kawasan ukur; (2) penguraian komponen isi; (3) membuat kisi-kisi tes; (4) penulisan butir soal; (5) validasi isi tes; (6) uji coba keterbacaan; (7) uji coba lapangan; (8) kategorisasi tingkat keterampilan komunikasi matematika. Penelitian ini menghasilkan suatu instrumen tes keterampilan komunikasi matematika pada jenjang SMA. Muatan tes telah divalidasi oleh ahli, dan hasil uji coba lapangan menunjukan bahwa tes memiliki realibilitas yang tinggi, butir-butirnya memiliki daya beda yang tinggi, serta tingkat kesukaran yang ideal.

Keywords


Tes tulis; tes lisan; asesmen; komunikasi matematika

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2011). Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Abdurahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alamsyah, N. (2015). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematika untuk Siswa SMP. Research and Development Journal of Education, 2(1).

Ansari, B. I. (2016). Komunikasi Matematik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Penerbit PeNA.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Huggins, B., & Maiste, T. (1999). Communication in Mathematics (Master’s Action Research Project, St. Xavier University & IRI/Skylight.)

Kramarski, B. (2000). The Effects of Different Instructional Methods on the Ability to Communicate Mathematical Reasoning. Proceedings of the 24th conference of the international group for the psychology of mathematics education, Japan.

Lamonta, P. A., Tandiayuk, M. B., & Puluhulawa, I. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 19 Palu Dalam Memahami Volume Balok. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4).

Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa melalui Strategi Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 101-112.

Nurhayati, E. (2011). Psikologi pendidikan Inovatif. Yogyakarta:Pustaka pelajar

Nurudin. (2016). Ilmu Komunikasi ilmiah dan Populer. Jakarta: PT raja grapindo persada

Purwati, H., & Nugroho, A. A. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pada mata kuliah program linear. JIPMat, 1(2).

Persada, A. R. (2014). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).

Ramdani, Y. (2012). Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 44-52.

Subekti, A. (2011). Ensiklopedia Matematika Jilid I. Jakarta: PT Ikrar Mandiriabadi.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yusuf, P. M. (2010). Komunikasi Intruksional: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.