Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Ludo Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa

Neni Anggraeni(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantuan ludo dalam pembelajaran matematika menjadikan motivasi belajar siswa baik dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantuan ludo. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lemahabang Cirebon, sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh VII G sebagai kelas uji coba dan VII E sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka disimpulkan H0 ditolak Ha diterima. Artinya motivasi belajar matematika siswa lebih besar dari 72. Artinya bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantuan ludo dalam pembelajaran matematika menjadikan motivasi belajar siswa baik. Hal ini sebanding dengan hasil analisis data angket respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantuan ludo sebesar 85,25%. Artinya hampir seluruh siswa memberikan respon positif pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantuan ludo.

Keywords


Model pembelajaran kooperatif; Teams Games Tournament; ludo; motivasi belajar; matematika

Full Text:

PDF

References


Amkas, S. S. I. M., Tegeh, I. M., & Mahadewi, L. P. P. (2017). Pengembangan Media Ludo Word Game Siswa Kelas IV Sdn 1 Banjar Bali Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal EDUTECH Undiksha, 8(2).

Ekawan, S., Sudarmi, M., & Noviandini, D. (2015). Pengembangan Desain Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dengan Media Physics Ludo Pada Materi Fisika Tentang Bunyi. Jurnal Radiasi ,1(4), 1-13.

Fatimah, S. (2009). Matematika asyik dengan metode pemodelan. Bandung: PT. Mizan Pustaka

Gora, W., & Sunarto. (2010). PAKEMATIK (Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Nasehuddien, T. S. (2016). Teknik Penulisan Karya Ilmiah dan Perencanaan Penelitian. Cirebon: CV. Confident.

Rahmawati, A., Abdi, A. W., & Bardi, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamentmenggunakan Media Permainan Interaktif Ludo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Inshafuddin Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi, 1(1).

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Simbolon, N., & Satria, A. (2016). Making Ludo Word Game (Lwg) To Learn Grammar For Senior High School Students. Inovish Journal, 1(2), 77-85.

Siregar, E & Nara, H. (2011).Teori Belajar Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Slavin, R. E. (2015). Cooperatif Learning: Teori, Riset, Dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suardi, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2001). Common Textbook: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI Bandung.

Sumar, W. T., & Razak, I. A. (2016). Startegi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Suprihatiningrum, J. (2013) Strategi Pembelajaran : Teori dan Aplikasi. Yogyakarta:Ar-ruzz Media.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wilujeng, S. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Teams Games Tournament (TGT). Journal of Elementary Education, 2(1).

Zakiah, I., & Kusmanto, H. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1).


Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.