Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Melalui Pendekatan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Lingkaran

Anike Anike(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw melalui pendekatan discovery learning pada pokok bahasan lingkaran terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan afektif khususnya dari sisi berfikir kreatif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri 1 Kota Cirebon, untuk pengambilan sempel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan memperoleh kelas VIII I yang dijadikan sempel. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dan uji regresi sederhana. Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran jigsaw melalui pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar aspek kognitif dapat dilihat dari hasil uji hipotesis penelitian dengan taraf signifikan 5% yang menunjukan thitung = 2,035 dan ttabel = 2,775 karena thitung  > ttabel  (2,774 > 2,035), dan besarnya pengaruh penerapan model jigsaw melalui pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar aspek afektif khususnya kemampuan berfikir kreatif menunjukan thitung = 2,035 dan ttabel = 2,829 karena thitung  > ttabel  (2,829 > 2,035). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran jigsaw melalui pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif dan afektif khususnya aspek berfikir kreatif siswa.

Keywords


Model Pembelajaran Jigsaw; Discovery Learning; hasil Belajar; lingkaran

Full Text:

PDF

References


Arini, W., & Asmila, A. (2017). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Pada Materi Cahaya Siswa Kelas VIII SMP XAVERIUS Kota Lubuklinggau. Science and Physics Education Journal (SPEJ) , 1(1), 23-38.

Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogyakarta: DIVA Press.

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Lapis. (2009). Pembelajaran Matematika MI. Surabaya: Amanah Pustaka.

Maonde, F., Bey, A., Salam, M., Suhar, Lambertus, Anggo, M., et al. (2015). The Discrepancy of Students' Mathematic Achievement through Cooperative Learning Model and the ability in mastering Languages and Science. International Journal of Education and Research , 3(1), 141-158.

Nasehuddien, T. S., & Manfaat, B. (2015). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Cirebon: Eduvision.

Persada, A. R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMPN 2 Sindangagung Kabupaten Kuningan Pada Pokok Bahasan Segiempat). Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(2).

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Bandung: PT Rajagrafindo Persada.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran Besed Learning. Bogor: PT Ghalia Indonesia.

Shandy, T. A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Disposisi Matematika Siswa (Skripsi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syafwan. (2009). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Poso Pesisir. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(4), 227-238.


Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.