Psikologi Persepsi Visual pada Konten Dakwah Visual Instagram
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Persepsi berkaitan dengan menafsirkan makna yang terkandung dari pesan yang disampaikan, dalam konteks ini berbentuk visual. Pesan berbentuk visual memiliki keunikan tersendiri, salah satunya adalah pemaknaan dari bentuk visualnya. Setiap individu memiliki tingkat kognitif berbeda-beda, hal ini yang menjadi pengaruh terhadap persepsi visual. Konten dakwah visual di Instagram tentunya bertujuan untuk menyampaikan pesan dakwah secara visual. Bagaimana proses bentuk visual itu dipersepsi setidaknya ada tiga tahapan, yaitu pemrosesan pararel (perhatian), persepsi pola (analisis visual), dan memori kerja visual. Metode yang digunakan untuk menjelaskan kajian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan teori Desain Komunikasi Visual untuk membahas elemen visualnya, teori semiotika Pierce untuk mengetahui makna yang terkandung pada pesan, dan teori psikologi persepsi visual untuk mengetahui proses mempersepsi dari objek yang diamati. Hasil yang didapatkan, konten dakwah visual Instagram memiliki bentuk visual yang menarik sehingga pada tahap awal persepsi membentuk perhatian, tahap kedua konten dianalisis oleh kinerja otak dalam sistem kinerja visual untuk menginterpretasi bentuk visual dan hasil persepsinya membentuk kognitif, dalam hal ini ditemukan nilai-nilai ajaran Islam, hasil persepsi pada tahap ketiga disimpan dalam memori visual dan memunculkan respon baik secara afektif berupa sikap (menjadi orang yang bertaqwa) maupun secara psikomotor berupa tindakan (melaksanakan ibadah).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Basri, S. H. (2012). Pemahaman Aktivitas Psikis Manusia Sebagai Modalitas konselor. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 9(1). http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/hisbah/article/view/143/137
Alizamar, & Couto, N. (2016). Psikologi Persepsi dan Desain Informasi (Sebuah Kajian Psikologi Persepsi dan Prinsip Kognitif untuk Kependidikan dan Desain Komunikasi Visual). Media Akademi.
Eymeren, M. M. van. (2014). Memahami Persepsi Visual: Sumbangan Psikologi Kognitif Dalam Seni Dan Desain. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 7(2). https://ejournals.umn.ac.id/index.php/FSD/article/view/387
Iskandar, M. S. (2011). Pembentukan Persepsi Visual Pada Iklan Televisi. Visualita, 3(1). https://ojs.unikom.ac.id/index.php/visualita/article/view/1095
Rizaty, M. A. (2021). Inilah Negara Pengguna Instagram Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa? Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-urutan-berapa
Sugiasih, I., & Setiowati, E. A. (2016). Studi Deskriptif mengenai Kemampuan Persepsi Visual Anak usia 3-5 tahun. Proyeksi, 11(1). http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/2883/2099
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tinarbuko, S. (2009). Semiotika Komunikasi Visual. Jalasutra.
Walgito, B. (1997). Pengantar Psikologi Umum (Ed. Kelima). Andi Offset.
Ware, C. (2013). Information Visualization: Perception for Design (Third Edit). Elsevier.
Yuwita, N. (2018). Representasi Nasionalisme Dalam Film Rudy Habibie (Studi Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Jurnal Heritage, 6(1). https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/HERITAGE/article/view/1565
Zikrillah, A. (2019). Kajian Semiotika Poster Kegiatan Frankfurt 63rd International Motor Show 2009. Jurnal Orasi, 10(2). https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/orasi/article/view/5609
DOI: 10.24235/prophetic.v4i2.9667
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prophetic Indexed By:Â Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Editorial Office:
FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com