Hubungan Antara Religiusitas Nilai Nilai Islam dengan Kimia Dalam Materi Elektrokimia
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Artikel ini membahas keterkaitan Elektrokimia dalam pembelajaran kimia di sekolah biasanya tidak dikaitkan dengan Al-Qur'an agama tertentu, sehingga seolah-olah bahwa materi elektrokimia yang dipelajari adalah ilmu yang terpisah dan tidak ada kaitannya dengan Al-Qur'an. Untuk menunjukkan bahwa al-Qur'an merupakan pedoman bagi umat manusia, termasuk mempelajari ilmu-ilmu alam termasuk ilmu kimia, maka penulis ingin mengkaji masalah kimia berbasis elektrokimia serta cara pandang al-Qur'an yang bertujuan untuk mengetahui pengertian elektrokimia menurut konsep kimia dan alquran, aspek-aspek apa saja yang terkandung dalam alquran yang dapat dijadikan pedoman dalam pembelajaran elektrokimia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpustakaan (Library Research) yaitu mempelajari Al Quran dan mempelajari bacaan buku, jurnal, buku pelajaran, kamus, dan karya ilmiah. Hasil dari kajian tersebut terlihat bahwa Alquran pertama kali menjelaskan konsep elektrokimia serta bagian-bagiannya dan di dalam Alquran terdapat konsep elektrokimia yang sejalan dengan konsep kimia yang dikemukakan oleh para ahli kimia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alam, L. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Perguruan Tinggi Umum Melalui Lembaga Dakwah Kampus. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 101. https://doi.org/10.24269/ijpi.v1i2.171
Chang F., & Munoz M. A. (2006). School personnel educating the whole child: Impact of character education on teachers’ self-assessment and student development. J Pers Eval Educ, 19, 35-49
Chang, Raymond. 2005. Kimia Dasar. Jakarta : Erlangga
Diantari, R. A., Darmana, T., Zaenal, Z., Hidayat, S., Jumiati, J., Soewono, S., & Indradjaja, I. M. (2019). Sosialisasi Energi Baru Terbarukan dan Lingkungan Hidup Untuk Masyarakat Desa Sukawali Kab. Tangerang, Banten. TERANG, 2(1), 53–59. https://doi.org/10.33322/terang.v2i1.538
Dr.Fitria Rahmawati. 2013, Elektrokimia Transformasi Energi Kimia-Listrik, Erlangga: Yogyakarta.
Gideon S, dan Saragih K,P. 2019. Analisis Karakteristik listrik Arus Searah dan Arus Bolak Balik. Jurnal Regional Development Industry & Health Science, Technology and Art of Life. Volume 2 (1)
Harahap, M. R. (2016). Sel Elektrokimia: Karakteristik dan Aplikasi. Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.22373/crc.v2i1.764
Hidayah, H., Iriyadi, D., & Gufron, I. A. (2022). Relasi Sains Dan Agama dalam Perpspektif Ian Graeme Barbour. 13(1).
Lubis, M., & Widiawati, N. (2020). Integrasi Domain Afektif Taksonomi Bloom dengan Pendidikan Spiritual Al-Ghazali (Telaah Kitab Ayyuhal Walad). Journal Educative : Journal of Educational Studies, 5(1), 41. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.3228
Ma’ruf H,dan Widiharsa F (2016),Fuel Cellsebagai Sumber Energi Listrik Alternatif Pengisi Baterai Dengan Pengendali Panas, Jurnal Transmisi, Volume 7 Edisi-1/ Hal.45-54
Mutiah, M., Savalas, L. R. T., & Purwoko, A. A. (2022). Demonstrasi Kimia yang Dimodifikasi untuk Membentuk Model Mental Mahasiswa Pada Konsep Redoks dan Sel Elektrokimia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 941–948. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.573
Muti’ah, M., Siahaan, J., & Sukib, S. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Ilmu Kimia Melalui Demonstrasi Kimia Bagi Siswa SMA N 1 Labuapi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.704
Petrucci, H Ralph dkk. 2011. Kimia Dasar Prinsip-prinsip dan Aplikasi Modern. Jakarta: Erlangga.
Rahmawati, Y. (2018). Peranan Transformative Learningdalam Pendidikan Kimia: Pengembangan Karakter, Identitas Budaya, dan Kompetensi Abad ke-21. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 1-16. doi: https://doi.org/10.21009/JRPK.081.1
Riyanto.2013.Elektrokimia dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sabarni, S. (2019). Struktur Atom Berdasarkan Ilmu Kimia Dan Perspektif Al-Quran. Lantanida Journal, 7(1), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4647
Setyono, A. E., & Kiono, B. F. T. (2021). Dari Energi Fosil Menuju Energi Terbarukan: Potret Kondisi Minyak dan Gas Bumi Indonesia Tahun 2020 – 2050. Jurnal Energi Baru Dan Terbarukan, 2(3), 154–162. https://doi.org/10.14710/jebt.2021.11157
Suciati, R., Susilo, H., Gofur, A., Lestari, U., & Rohman, I. (2022). Millennial Students’ Perception on The Integration of Islam and Science in Islamic Universities. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 12(1), 31–57. https://doi.org/10.18326/ijims.v12i1.31-57
Wahyudin, D., & Nasikin, M. (2022). Integrasi-Interkoneksi Al-Qur’an, Sains, Dan Peradaban: Konsep, Metode Dan Proyeksi. El-Umdah, 5(1), 21–45. https://doi.org/10.20414/elumdah.v5i1.5221
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Research and Practice of Educational Chemistry
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.