INTEGRASI ILMU ALAM (SAINS) DAN AGAMA BERBASIS KURIKULUM GRASS ROOTS DI PERGURUAN TINGGI ISLAM

Anda Juanda(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurikulum sebagai jantungnya pendidikan, dikatakan demikian secara signifikan kurikulum sebagai alat pendidikan mampu mengembangkan talenta (life skills) mahasiswa. Kurikulum yang salah bisa merusak masa depan talenta mahasiswa. Pada dasarnya kurikulum bersifat dinamis, agar kurikulum aktual mampu mengembangkan talenta mahasiswa melakukan integrasi ilmu alam dan ilmu agama, dan adaptif terhadap perkembangan sains dan teknologi, para praktisi pendidikan harus melakukan reaktualisasi pengembangan kurikulum secara visioner. Adaptasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan dinamika kampus adalah model kurikulum grass root.

        Kata kunci:  Ilmu Alam, Ilmu Agama dan  Kurikulum Grass Root.


Full Text:

PDF

References


Al-Syaibany. 1978. Falsafah Pendidikan Islam. (terjemah). Jakarta: Bulan Bintang.

Dorrell, J. 1993. Resoursce – Based Learning: Using Open and Flexsible Learning Resorces For Continuous Development. London – New York: McGraw-Hill Book Cmpany.

Hasan, H.S. 2007. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana.

Hamalik, O. 2006. Manajemen Implementasi Kurikulum: Bagi Pengembang, Pengelola, dan Pengawas. Bandung: Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamalik, O. 2000. Model-Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Glan Hass, at al. 2006. Curriculum Panning A Contemporary Approach. Botson: Pearso.

McNeil John D. 1990. Curriculum A Comprehensive Introduction. Botson: Little Brown & Co, Inc.

Nasution, S. 1998. Kurikulum Dan Pengjaran. Jakrta: Bina Akasara.

Sukmadinata. 2006. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek. Bandung: Rosda.

Soedijarto. (2001). Reformasi Pendidikan. Jakarta: Bulan Bintang.

Taba, H. 1962. Curriculum Development Theory and Practice. New York: Harcourt, Brace & World, Inc.

Zais, Robert S. 1976. Curriculum Principles And Foundation. New York: Harper & Row Publisher.

Furqan, A 2004. Strategi Pengembangan Perguruan Tinggi Agama. [Online]. Tersedia: http://www.dipertais.net/swara/waerta6-01.asp [30 Maret 2005].

Furqan, A. 2007. Anatomi Kurikulum Di PTAI. [Online]. Tersedia: http://www.dipertais.net/artikel/arief02.asp?cid=299490501&1809&q=ciri%20 [12/06/2007].




DOI: 10.24235/sc.educatia.v3i1.552

Article Metrics

Abstract view : 1329 times
PDF - 1412 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)

Â