PERSEPSI MAHASISWA CALON GURU MI TERHADAP KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman dan pengetahuan mahasiswa calon guru MI IAIN Syekh Nurjati Cirebon tentang Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh dari hasil survey sebanyak 149 responden yang dipilih dengan teknik random sampling. Analisis data menggunakan content analysis. Setiap indikator jawaban responden dilakukan analisis konten untuk mendapatkan penjelasan tentang kandungan informasi atas persepsi tentang program MBKM. Hasil penelitian yang didapat ialah sejumlah 77% mahasiswa belum mengetahui isi kebijakan MBKM secara maksimal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya informasi yang diperoleh mahasiswa sehingga ragu ragu untuk merekomendasikan program MBKM. Meskipun demikian, mahasiswa mempunyai minat dan antusias yang tinggi sebesar 59% dari total responden terkait adanya program MBKM. Oleh sebab itu, perlu adanya sosialisasi yang masif untuk mengenalkan program MBKM untuk mensukseskan keberhasilan program MBKM.
Kata kunci: kebijakan MBKM, persepsi, mahasiswa PGMI.
Â
Abstract
This study aimed to measure the understanding and knowledge of prospective primary teachers of IAIN Syekh Nurjati Cirebon on the Freedom to Learn, Independent Campus (MBKM) Policy. This study was a quantitative descriptive study. The data collected by using questionnaires involved 149 respondents chosen through the random sampling technique. The data were analyzed by using content analysis. Each indicator of MBKM perceptions was analyzed to figure out the explanation of the perceptions of prospective primary teachers of IAIN Syekh Nurjati Cirebon on the MBKM policy. The results of the study indicate that 77% respondents have not known about the MBKM policy yet. The lack of information obtained causes the respondents to not understand the contents of the MBKM policy and hesitate to recommend the MBKM program. However, 59% of the respondents have high interest and enthusiasm regarding the MBKM program. Therefore, massive socialization is needed to introduce the MBKM program for the success of the MBKM program.
Keywords: MBKM policy, perception, prospective primary teachersFull Text:
PDFReferences
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.†Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9
Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.†Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Agustino, L. 2016. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Al-Fikri, H. M. (2021). Peluang Dan Tantangan Perguruan Tinggi Menghadapi Revolusi Digital Di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 350–355. Retrieved from https://mail.prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/621
Ambarwati, A., & Raharjo, S. T. (2018). Prinsip Kepemimpinan Character of A Leader pada Era Generasi Milenial. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 2(2), 114. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v2i2.1151
Arifin, Z. (2011). Konsep & Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arsyad, M. (2021). implementasi merdeka belajar PAUD‎. Lambung Mangkurat University Press.
Asiah, N. (2020). Implementasi kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka (studi pada fakultas ilmu sosial dan hukum universitas negeri makassar). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Internal Quality Assurance System Of Education In Financing Standards and Assessment Standards. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 291–300. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.35
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205.
Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61
Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 1–33.
Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193
Fatimah, I. F. (2021). Strategi Inovasi Kurikulum. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16–30. https://doi.org/10.37859/eduteach.v2i1.2412
Fatmawati, E. (2020). Dukungan Perpustakaan dalam Implementasi “Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.†Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(2), 1076–1087.
Fatmawati, E. (2021). Dukungan Perpustakaan Dalam Implementasi “Kampus Merdeka Dan Merdeka Belajar.†Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(2), 1076. https://doi.org/10.20961/jpi.v6i2.46682
Hanim, L. M., & Ahlas, S. A. (2020). Orientasi Masa Depan dan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 41–48. https://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.362
Kodrat, D. (2021). Mindset Mutu Manajemen Perguruan Tinggi Islam Dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm). Al-Mujaddid: Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 3(1), 48–61.
Langgulung, H. (2003). Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al Husna Baru.
Leuwol, N. V., Wula, P., Purba, B., Marzuki, I., Brata, D. P. N., Efendi, M. Y., … Sari, I. N. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi: Sebuah Konsep, Fakta dan Gagasan. Yayasan Kita Menulis.
Mudrikah, A., Khori, A., Hamdani, H., Holik, A., Hakim, L. L., Yasmadi, B., & Hidayat, H. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Islam Nusantara. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 137. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2177
Muhsin, H. (2021). Kampus Merdeka Di Era New Normal. Masa Depan Kampus Merdeka & Merdeka Belajar: Sebuah Bunga Rampai Dosen, 143.
Nehe, B. M. (2021). Analisis Konsep Implementasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Masa Pendemik di STKIP Setia Budhi Rangkasbitung 2021. Prosiding Seminar Nasional Setiabudhi, 1(1), 13–19.
Nona, R. V., Banda, F. L., Leha, E., Supardi, P. N., Meke, K. D. P., & Suryani, L. (2022). Persepsi Dosen Universitas Flores Terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdek. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 763-777.
Nurhayati, T., Rokhimawan, M. A., & Putri, R. D. P. (2021). Persepsi Dosen Universitas Flores Terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 763–777. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1976
Pertiwi, A. K., & Pusparini, R. (2021). Vocational High School English Teachers’ Perspectives On “Merdeka Belajar†Curriculum. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1982–1992. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/672
Priatmoko, S., & Dzakiyyah, N. I. (2020). Relevansi Kampus Merdeka Terhadap Kompetensi Guru Era 4.0. At-Thullad Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4, 1–15.
Purnomo, A., Ratnawati, N., & Aristin, N. F. (2016). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 70–76. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p070
Qorib, M., & Harfiani, R. (2021). Independent Campus Policy in the New Normal Era. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 2, 13–20.
Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100. Retrieved from https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/edukasi/article/view/1395
Rahman, R. A., Astina, C., & Azizah, N. (2021). Kurikulum “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka†di PBA UNSIQ Jawa Tengah: Studi Integrasi Nilai Humanistik dan Kearifan Lokal. Taqdir, 7(2), 165–179.
Rosmiati, R., Putra, I., & Nasori, A. (2021). Pengukuran Mutu Pembelajaran di FKIP UNJA dalam Upaya Membangun Generasi Economic Citizen yang Mengelaborasi Program MBKBM Kemendikbud. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5256–5264. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1356
Salabi, A. S. (2020). Efektivitas dalam Implementasi Kurikulum Sekolah. Journal of Science and Research, 1(1), 1–13.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 89–95. https://doi.org/10.33751/jmp.v9i2.4238
Setyawati, E., Mulyawati, I., & Soecahyadi, S. (2022). Studi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Menggunakan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1030-1042.
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2022). Studi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Menggunakan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1030–1042. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2003
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. Retrieved from http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4, 818–829.
Sukmadinata, N. S. (2012). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13357
Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108
Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–12. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13356
Syam, A. R. (2011). Posisi Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan. MUADDIB:Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 33–46. https://doi.org/10.24269/muaddib.v7n1.2017.33-46
Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Wati, I., & Kamila, I. (2019). Pentingnya Guru Professional dalam Mendidik Siswa Milenial Untuk Menghadapi Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(1), 364–370. Retrieved from e-mail: missindah49@gmail.com
Wijayanto, A. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar.
Yodfiatfinda, Y., Permana, S. D. H., & Fitria, D. N. (2021). Diseminasi Program Belajar Merdeka Kampus Merdeka (MBKM) Untuk Meningkatkan Peran Mahasiswa Fakultas Sains Teknologi Dan Desain Universitas Trilogi Di Bidang Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(1), 1–20. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i1.24850
Yudhistira, R., Rifaldi, A. M. R., & Satriya, A. A. J. (2020). Pentingnya perkembangan pendidikan di era modern. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, (Juni), 1–6.
DOI: 10.24235/ath.v32i2.11182
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.