FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BUDAYA MEMBACA DI MI MUHAMMADIYAH DANUREJO
(1) Universitas Muhammadiyah Magelang
(2) Universitas Muhammadiyah Magelang
(3) Universitas Muhammadiyah Magelang
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Budaya membaca di MI Muhammadiyah Danurejo masih rendah. Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya budaya membaca di MI Muhammadiyah Danurejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan bagaimana hubungan sarana dan prasarana perpustakaan, kebijakan terkait pengelolaan perpustakaan, dan motivasi instrinsik siswa terhadap budaya membaca siswa di MI Muhammadiyah Danurejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi dan analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi budaya membaca di MI Muhammadiyah Danurejo diantaranya dari sarana dan prasarana perpustakaan, kebijakan sekolah terkait pengelolaan perpustakaan, dan motivasi instrinsik siswa. Ketiga variabel tersebut sama-sama memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap budaya membaca yang ada di MI Muhammadiyah Danurejo. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sarana dan prasarana perpustakaan masih kurang memadai, kebijakan sekolah terkait pengelolaan perpustakaan belum dilakukan secara maksimal, dan motivasi instrinsik siswa dalam minat membaca masih rendah. Namun, beberapa upaya telah dilakukan oleh pihak sekolah untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan tersebut seperti melakukan pengontrolan, monitoring, dan evaluasi dalam pengelolaan perpustakaan, meningkatkan keterampilan pengurus perpustakaan, melibatkan guru dalam melaksanakan program literasi, dan mengadakan kegiatan outing class untuk meningkatkan motivasi membaca siswa,
Kata kunci: budaya membaca, perpustakaan, motivasi
Â
Abstrak
The reading culture at MI Muhammadiyah Danurejo is still low. There are several factors that cause a low reading culture in MI Muhammadiyah Danurejo. This study aimed to describe the conditions and the correlation between library facilities and infrastructure, policies related to library management, and students' intrinsic motivation towards students' reading culture at MI Muhammadiyah Danurejo. This study employed a quantitative approach. Data collection was carried out by observation, interviews, questionnaires, and documentation and the data were analyzed by using product moment correlation test. The results showed that the factors influencing the reading culture at MI Muhammadiyah Danurejo include library facilities and infrastructure, school policies related to library management, and students' intrinsic motivation. These three variables have a significant positive influence on students’ reading culture in MI Muhammadiyah Danurejo. The research findings show that library facilities and infrastructure are still inadequate, school policies related to library management have not been carried out optimally, and students' intrinsic motivation in reading is still low. However, several efforts have been made by the school to improve these deficiencies such as controlling, monitoring, and evaluating library management, improving the skills of librarians, involving teachers in implementing literacy programs, and holding outing class activities to increase students' reading motivation.
Keywords: reading culture, library, motivation
Full Text:
PDFReferences
Agustina, A. (2021). Indeks Aktivitas Literasi Membaca Peserta Didik Dan Prestasi Akademik: Studi Korelasi Pada 34 Propinsi Di Indonesia. Jurnal Analisa Pemikiran Insan Cendikia (Jurnal APIC), 4(2), 64-71.
Amalia, N., & Siregar, A. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Literasi Membaca Bahasa Indonesia yang Berkemajuan. Prosiding Pekan Seminar Nasional, 01, 255–274. https://doi.org/10.25273/jap.v1i1.527
Andi Prastowo. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya. Prenada Media Grup.
Devega, E. (2017). Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media
Laksono, K., & Retnaningdyah, P. (2018). Literacy Infrastructure, Access to Books, and the Implementation of the School Literacy Movement in Primary Schools in Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 296(1), 12045.
Rahayu, W., Winoto, Y., & Rahman, A. S. (2016). Kebiasaan Membaca Siswa Sekolah Dasar (Survei Aspek Kebiasan Membaca Siswa SD Negeri 2 Pinggirsari di Desa Pinggirsari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung). Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 4(2), 152-162.
Rangkuti, F. H. (2016). Strategi pengelolaan perpustakaan dalam rangka meningkatkan minat kunjung siswa di MAN-1 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Riduwan. (2012). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Rineka Cipta.
Sugiarti, I., Cahyoadi, B., & Sari, E. Y. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Sarana Prasarana Perpustakaan terhadap Kepuasan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 di STKIP PGRI Tulungagung. Jurnal pendidikan ekonomi, 2(2).
Syahril. (2018). Manajemen Layanan Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu. Al Maktabah, 3(2).
Tirtayasa, I. M., & Mudarya, I. N. (2018). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa di SMA Negeri 1 Tejakula. Locus, 10(1), 91-108.
Widnyana, I. K. (2018). Kemampuan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Rendang [Skripsi, Undhiksa]. Undiksha.
DOI: 10.24235/ath.v33i1.13076
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.