DEBAT DENGAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI MAHASISWA PGSD

Adzimatnur Muslihasari(1), Wuli Oktiningrum(2*),


(1) Universitas Islam Raden Rahmat Malang
(2) Universitas Islam Raden Rahmat Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Argumentasi merupakan aktivitas verbal, sosial dan rasional
yang bertujuan untuk meyakinkan kritik yang masuk akal tentang suatu pandangan yang dapat diterima. Keterampilan argumentasi penting dimiliki mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan debat dengan mind mapping pada mata kuliah perspektif global dapat meningkatkan keterampilan argumentasi mahasiswa PGSD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek mahasiswa Prodi PGSD kelas 21A2 yang berjumlah 25 mahasiswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, serta catatan lapangan. Data penelitian diolah dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan jika debat dapat meningkatkan ketrampilan argumentasi mahasiswa dengan kategori 68% baik, 22% cukup, serta 10% kurang. Hal tersebut berdampak pada meningkatnya keberanian mahasiswa dalam menyampaikan gagasannya, menanggapi gagasan yang lain, serta mempertahankan gagasannya.

Kata kunci: Keterampilan Argumentasi, Debat, Mind Mapping

 

Abstract

Argumentation skills are a very important skill to be possessed by students as a supplier to face the complexity of life problems in the 21st century. However, the skills are still very low. This is due to the lack of communication skills and innovative learning models. Thus, discussions with mind mapping are applied to courses with a global perspective to improve student argumentation skills. This research is a Class Action Research with the subject of a student Prodi PGSD class 21A2 which has a total of 25 students. The study consists of two cycles with data collection techniques such as observation, interview, lifting, and field recording. Research data is processed and analyzed qualitatively. The results of the study showed that debates can improve student argumentation skills by the category of 68% good, 22% sufficient, and 10% less. This affects the increasing courage of students in communicating their ideas, responding to other ideas, and defending their ideas.

Keywords: Argumentation Skills, Debate, Mind Mapping


Full Text:

PDF

References


Anita, Afandi, & Tenriawaru, A. . (2019). Pentingnya Keterampilan Argumentasi di Era Ledakan Informasi Digital. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Tanjungpura, August, 1740–1746.

Asniar, A. (2016). Profil Penalaran Ilmiah Dan Kemampuan Berargumentasi Mahasiswa Sains Dan Non-Sains. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 30. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.428

Darmuki, A.-. (2020). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map Pada Mahasiswa Kelas Ia Pbsi Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 263–276. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687

E.F., B., & E. O., O. (2013). Comparative Effectiveness of Hierarchical, Flowchart and Spider Concept Mapping Strategies on Students’ Performance in Chemistry. World Journal of Education, 3(1), 66–76. https://doi.org/10.5430/wje.v3n1p66

Farawansyah, K. I., Studi, P., & Kimia, P. (2021). The Development of Structured Assignment Sheet on Reaction Rate Materials to Train Argumentation Skills. https://doi.org/10.29303/cep.v4i2.2315

Hasibuan, N. A. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team-Assisted Individualization) Terhadap kemampuan Komunikasi Matematika Siswa di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Mathematic Education Journal)MathEdu, 2(1), 33–41. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Mufidah, N. (2019). Self Regulated Learning dan Self Efficacy Mahasiswa Tim Debat Bahasa Arab al-Kindy. 3(1), 13–28. https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.625

Noviyani, M., Kusairi, S., & Amin, M. (2017). Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA dengan Inkuiri Berbasis Argumen. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 974–978.

Pudjantoro, P. (n.d.). SIKAP KRITIS DAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI.

Redhana, I. W. (2015). Menyiapkan Lulusan FMIPA yang Menguasai Keterampilan Abad XXI. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V, 138–155.

Sari, L., Wardani, P., Pendidikan, M., Indonesia, B., Pascasarjana, S., Surakarta, U. M., & Surakarta, U. M. (2020). KUALITAS ARGUMENTASI MAHASISWA DALAM WACANA DEBAT “ BUDAYA LITERASI SEKOLAH †PADA PEMBELAJARAN. 3, 341–350.

Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih, S. (2020). Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. Prisma, 9(2), 128. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.958

Simarmata, M. Y., & Sulastri, S. (2018). Pengaruh Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Debat Dalam Mata Kuliah Berbicara Dialektik Pada Mahasiswa Ikip Pgri Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 49–62.

Suartha, I. N., Setiawn, I. G. A. N., & Sudiatmika, A. A. R. (2020). Pola Argumen Toulmin Pada Proses Pembelajaran Ipa Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April), 1–11.

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403

Thathit, M., Widhi, W., Hakim, A. R., Wulansari, N. I., Solahuddin, M. I., & Admoko, S. (2021). Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin ’ s Argumentation Pattern ( TAP ) Dalam Memahami Konsep Fisika Dengan Metode Library Research. 5(1), 79–91.




DOI: 10.24235/ath.v33i1.13598

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.