Analysis of factors that affect customer decisions in choosing savings products at Bank Riyal Irsyadi
(1) Muhammadiyah of Ponorogo University
(2) Muhammadiyah of Ponorogo University
(3) S.Psi.
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam memilih bank syariah Riyal Irsyadi bekasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan ketentuan nasabah tabungan bank syariah Riyal Irsyadi sebagai sampel dan tempat penelitian dilakukan di kota bekasi. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor religiusitas, sosial, dan promosi pemasaran. Dibuktikan dengan hasil presentase kuesioner yang disebarkan kepada sampel dengan nilai sebesar 58% variabel yang diteliti, 42% variabel yang tidak diteliti dimana faktor lainnya berada diluar variabel yang telah diteliti. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dapat dinyatakan bahwa dari ketiga variabel yang diteliti ternyata variabel faktor pelayanan sebesar 143,214 memiliki nilai koefisien yang lebih dominan dibandingkan variabel faktor lainnya. Nilai koefisien tinggi kedua yaitu variabel lingkungan sosial dengan nilai sebesar 1,054 kemudian nilai koefisien terendah yaitu variabel religiusitas 0,357. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor terbesar yang mempengaruhi nasabah memilih tabungan Bank Syariah Riyal Irsyadi adalah faktor pelayanan dimana produk bank syariah memiliki pelayanan yang sangat baik, memiliki produk yang dibutuhkan oleh nasabah, serta adanya penawaran dengan prinsip syariah tanpa riba, garar, dan maysir yang kesemuanya itu sudah termasuk aspek prinsip bank syariah Riyal Irsyadi.
Kata Kunci : Bank Syariah Riyal Irsyadi, Nasabah, Keputusan Memilih Produk.References
REFERENCE
Actavianus, J. R., & Purmono, B. B. (2023). The Influence of Service Quality on Loyalty Through Customer Satisfaction and Trust as Intervening Variables in Pt. Bpr Universal Kalbar. JEMBA: Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 1(4), 20-45.
Allport, G. W. (1950). The Individual and His Religion: A Psychological Interpretation. New York: Macmillan.
Allport, G. W., & Ross, J. M. (1967). Personal Religious Orientation and Prejudice. Journal of Personality and Social Psychology, 5(4), 432-443.
Antonio, M. S. (2020). Bank Syariah: Teori dan Implementasi. Edisi terbaru.
Arikunto, S. (2017) Pengembangan Instrument Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Awan, H. M., Bukhari, K. S., & Iqbal, A. (2011). Service Quality and Customer Satisfaction in the Banking Sector: A Comparative Study of Conventional and Islamic Banks in Pakistan. Journal of Islamic Marketing, 2(3), 203–224
Azmy, A. (2015). Mengembangkan human resource management yang strategis untuk menunjang daya saing organisasi: perspektif manajemen kinerja (performance management) di bank syariah. Binus Business Review, 6(1), 78-90.
Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development. Cambridge: Harvard University Press.
Giddens, A. (1984). The Constitution of Society: Outline of the Theory of Structuration. Cambridge: Polity Press.
Glock, C. Y., & Stark, R. (1965). Religion and Society in Tension. Chicago: Rand McNally.
Hood, R. W., Hill, P. C., & Spilka, B. (2009). The Psychology of Religion: An Empirical Approach (4th ed.). New York: Guilford Press.
https://ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/default.aspx
Khairunnisa, N., & Rigianti, H. A. (2023). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1360-1369.
Kotler, P. (2000). Marketing Management. New Jersey: Prentice-Hall.
Kotler, P. (2000). Marketing Management. New Jersey: Prentice-Hall.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Lovelock, C., & Wirtz, J. (2011). Services Marketing: People, Technology, Strategy (7th ed.). Pearson.
Majid, N. (2020). Determinan Pengambilan Keputusan Memilih Bank Syariah. Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 12(2), 175-191.
Merton, R. K. (1957). Social Theory and Social Structure. New York: The Free Press.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12-40.
Rivai, V., & Arifin, A. (2010). Islamic Banking: Teori, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Soekanto, S. (2002). Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Tamara, R. M. (2016). Peranan lingkungan sosial terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan peserta didik di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 44-55. Doi:https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3467
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi.
Tjiptono, F. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Usmani, M.T. (2002). An Introduction to Islamic Finance. Karachi: Maktaba Ma'ariful Qur'an
Wahyudi, S., & Arif, R. (2013). Pengaruh Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 5(2), 145-157.
Weber, M. (1978). Economy and Society: An Outline of Interpretive Sociology. Berkeley: University of California Press.
Zeithaml, V.A., & Bitner, M.J. (2003). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. McGraw-Hill.
DOI: 10.70095/alamwal.v16i2.19250
Article Metrics
Abstract view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
 Al Amwal Indexed by:
Â
Â
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats