PENGARUH BERMAIN PAPER QUILLING TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN

Nur Rachmi Idris(1*),


(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain paper quilling terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok A. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 anak dengan 8 anak sebagai kelompok eksperimen dan 8 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak yang diberi perlakuan kegiatan paper quilling pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol dengan perolehan nilai Thitung 132 > Ttabel 2,145 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, sedangkan nilai Zhitung 2,34 > Ztabel 0,4906 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, ini membuktikan penggunaan kegiatan paper quilling memberikan pengaruh yang signifikan untuk perkembangan kemampuan motorik halus anak.

Keywords


Bermain , Paper Quilling, Motorik Halus. Anak 4-5 Tahun.

Full Text:

PDF

References


Angening Pawekas, R., & Murtiyoso, O. (2019a). Quilling As An Artwork Media With Flora Decorative In Art Learning For VII Grade Student Of Junior High School 1 Bae Kudus). In Eduarts (Vol. 8, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduart

Amal, A. (2021). Pengaruh Keterampilan Origami dalam Menigkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Pada TK Sulawesi Kota Makassar. 1217–1225.

Angening Pawekas, R., & Murtiyoso, O. (2019b). Quilling As An Artwork Media WIith Flora Decorative In Art Learning For VII Grade Student Of Junior High School 1 Bae Kudus. In Eduarts (Vol. 8, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduart

Aryanti, I. P. S. & P. (2021). Pengaruh kegiatan paper quilling terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B RA AL-Ikhlas Birobuli Kecamatan Palu Selatan.

Asih, D. S., & Sholihah, N. I. (n.d.). Peningkatan Keterampilan Fisik Motorik Halus Anak Melalui Paper Quilling Kertas Kokoru Pada Kelompok B Di RA Kalimosodo Gedangan-Malang.

Chairilsyah, D. (n.d.). Increasing The Fine Motor Skill Through The Activities Of Meronce In Children Age 4-5 Years Old In Early Chilhood As-Sakinah The Village Sungai Jalau District Kampar Northern Regency Of Kampar.

Chui, M. M. Y., Ng, A. M. Y., Fong, A. K. H., Lin, L. S. Y., & Ng, M. W. F. (2007). Differences In The Fine Motor Performance Of Children In Hong Kong And The United States On The Bruininks-Oseretsky Test Of Motor Proficiency. In Hong Kong Journal of Occupational Therapy 1 HKJOT (Vol. 17, Issue 1).

Dapp, L. C., Gashaj, V., & Roebers, C. M. (2021). Physical activity and motor skills in children: A differentiated approach. Psychology of Sport and Exercise, 54. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2021.101916

Ilham Apriadi. (2015). Efektivitas Metode Latihan Dalam Membuat Keterampilan Hiasan Dinding Paper Quilling Bagi Anak Autis. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Indarto, W., Risma, D., & Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, P. (n.d.). Effect Of Finger Painting Of Fine Motor Skills Of Children Ages 4-5 Years In Paud Balita Bunda Desa Pulau Permai Distrcit Tambang Kampar.

Kumalasari, R. Amal, A & Marhamah, A. (2022). Meningkatkan keterampilan fisik motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan menggunakan metode demonstrasi dan pemberian tugas TK Dharma Wanita 1 Jepangrejo Kab . Blora Jawa Tengah. 4(2), 136–138.

Lam, K. M. Y., Shum, C. T. Y., Chan, B. S. W., & Li-Tsang, C. W. P. (2002). Validation of the Hong Kong Developmental Assessment Checklist (HKDAC) - Fine motor skills for toddlers: A preliminary study. Hong Kong Journal of Occupational Therapy, 12(1), 33–39. https://doi.org/10.1016/S1569-1861(09)70015-4

Malone, S. A., Pritchard, V. E., & Hulme, C. (2022). Domain-specific skills, but not fine-motor or executive function, predict later arithmetic and reading in children. Learning and Individual Differences, 95. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2022.102141

Martzog, P., & Suggate, S. P. (2022). Screen media are associated with fine motor skill development in preschool children. Early Childhood Research Quarterly, 60, 363–373. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2022.03.010

McGlashan, H. L., Blanchard, C. C. V., Nicole, J. S., Lee, R., French, B., & Sycamore, N. J. (2017). Improvement in children’s fine motor skills following a computerized typing intervention. Human Movement Science, 56, 29–36. https://doi.org/10.1016/j.humov.2017.10.013

Nurul Hasanah, S., & Risma, D. (n.d.). Increasing Fine Motor Skill Through The Pricking Activity Children Ages 5-6 Year Old Strict Regency Of Kampar.

Pangesti, N. P., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Busy Book (Vol. 7, Issue 4). https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Puspitasari, A. (2021). Pengaruh Paper Quilling Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak- Kanak.

Rahim, N. A., Musi, M. A., & Rusmayadi, R. (2020). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Nusa Makassar. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 15. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14434

Rohana, D., & Puspitasari, E. (n.d.). Influence Game Playdough Fine Motor Skills Of Children Ages 5-6 Years In The Garden Even Children Heaven Kid's District Charming City Pekanbaru.

Syamsuardi, H. (2018). Penggunaan model pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 2(5), 1–7. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3104

Satriani, S., & Ilyas, S. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Puzzle Jari Tangan Dalam Mengembangkan Motorik Halus Di Taman Kanak-Kanak. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 84. https://doi.org/10.26858/tematik.v5i2.20290

Solfiah, Y. (n.d.). Iincreasing Fine Motor Skills Through Weave Children 5-6 Years In Ra Al Furqon Koto Perambahan Village East Kampar District Regency Of Kampar.

Yusnisari, S., & Tarsidi, I. (2020). Pengaruh Paper Quilling Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita Sedang (Vol. 20, Issue 1).

Zultiar, N. R. P. & I. (n.d.). Pengaruh teknik kolase terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun PAUD Warci Jaya Tahun ajaran 2017-2018.




DOI: 10.24235/awlady.v8i2.10352

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here