KELUARGA SEBAGAI PONDASI LINGKUNGAN PENDIDIKAN
(1) MAN 1 Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract:
Salah satu yang cukup berperan besar yaitu lingkungan. Lingkungan akan memberi warna terhadap proses pendidikan anak. Dan lingkungan yang sangat utama adalah lingkungan keluarga dimana terjadi di dalamnya pendidikan keluarga. Keluarga sebagai kelompok terkecil dalam masyarakat merupakan wadah yang sangat penting karena menjadi tempat penanaman dasar-dasar tata kehidupan bagi seorang manusia. Keluarga merupakan wadah pendidkan karakter seseorang yang pertama dan utama. Yang menjadi permasalahan banyak terjadi peran orang tua dalam proses pendidikan dalam keluarga tidak menunjukkan pada pola pendidikan sebenarnya. Orang tua menyadarai bahwa pendidikan keluarga sangat penting tetapi pada prakteknya para orang tua tidak maksimal dalam menerapkannya. Bentuk pendidikan anak dalam keluarga diantara yaitu dengan cara; menanamkan ketauhidan,ketauladanan, saling menghormati sesama anggota keluarga, keharmonisan keluarga, kepercayaan kepada anak, perhatian orang tua terhadap anak, komunikasi yang demokratis serta mengapresiasi anak. Hal-hal tersebut merupakan proses pembentukan lingkungan keluarga yang mendukung dalam proses pendidikan anak, sehingga proses pendidikan anak akan lebih maksimal.
Kata kunci: lingkungan, pendidikan, keluarga, anak
Abstract
One that plays a big role is the environment. The environment will give color to the child's education process. And the very main environment is the family environment where family education occurs. The family as the smallest group in society is a very important container because it becomes a place for planting the basics of life for a human being. Family is the first and foremost place for educating one's character. The problem is that the role of parents in the educational process in the family does not show the actual pattern of education. Parents realize that family education is very important but in practice parents are not maximal in implementing it. The form of children's education in the family is by way of; instilling monotheism, exemplary, mutual respect for fellow family members, family harmony, trust in children, parental attention to children, democratic communication and appreciation of children. These things are the process of forming a family environment that supports the process of children's education, so that the children's education process will be maximized.
Keywords: environment, education, family, childrenFull Text:
PDFReferences
Fuad Ihsan, Dasar-Dasar Kependidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2001)
Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan Jakarta: Bulan Bintang,1995
Jalaluddin Rahmat, Islam Alternatif, Bandung: Mizan,1988
M. Quraish Shihab, “Membumikan†alQur’an, Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, cet. 20, Bandung: Mizan,1999
Muhammad Ali al-Shabuni, Mukhtasar Tafsir Ibn Katsir, Beirut: Dar al-Qalam,tt., Jld. II
Muhammad Thalib, Konsep Islami Pembinaan Keluarga Sakinah Penuh Berkah, Bandung: Irsyad Baitus Salam,1999
Yusuf al-Qardlawi, Pendidikan Islam dan Madrasah al-Banna (Bustami A. Gani dan Zainal Abidin Ahmad, pent.), Jakarta: Bulan Bintang,1980
Zakiah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara,1992
DOI: 10.24235/equalita.v2i2.7450
Article Metrics
Abstract view : 2 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:
EDITORIAL OFFICE:
LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.