Pengaruh Permainan Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Siswa dalam Mengingat Kosakata Bahasa Arab di MTsN 11 Cirebon
(1) MTsN 11 Cirebon
(2) IAIN Sykeh Nurjati CIrebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab itu membutuhkan media pembelajaran. Seorang guru bahasa Arab harus mengetahui penggunaan media yang sesuai dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran kosakata. Perbendaharaan kosakata bahasa Arab yang mencukupi tentu dapat menunjang seseorang berkomunikasi dan menulis dengan bahasa tersebut. Artikel ini menegaskan bahwa permainan kartu huruf memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam mengingat kosakata bahasa Arab. Hal ini berdasarkan hasil penelitian terhadap siswa kelas 7 MTsN 11 Cirebon di kelas kontrol dalam pretest mendapatkan hasil mean sebesar 52.42, median sebesar 53, nilai minimum sebesar 19 dan nilai maksimum sebesar 88. Dan dalam posttest mendapatkan hasil mean sebesar 67.31, median sebesar 69, nilai minimum sebesar 38 dan nilai maksimum sebesar 94. Dan di kelas eksperimen dalam pretest mendapatkan hasil mean sebesar 59.72, median sebesar 63, nilai minimum sebesar 25 dan nilai maksimum sebesar 75. Dan dalam posttest mendapatkan hasil mean sebesar 83.67, median sebesar 83.5, nilai minimum sebesar 63 dan nilai maksimum sebesar 100. Berdasarkan data tersebut, df sebesar 70, alpha=0,05 mendapatkan hasil sig (2.tailed)= 0.00<0,05 maka Ha diterima. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain Non Equivalent Control Group Design.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Boeree, Georgee. 2009. Metode Pembelajaran dan Pengajaran: Kritik dan Sugesti Terhadap Dunia Pendidikan, Pembelajaran, dan Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Departemen Agama. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Kurikulum dan Hasil Belajar, Mata Pelajaran Bahasa Arab Untuk Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah. Jakarta.
Fajriah, Zahratun. 2015. “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambarâ€. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 9(1):107-126.
Hasibuan, Kalayo. 2007. Teaching English as a Foreign Language. Pekan Baru: Graha UNRI Press.
Mahriyuni. 2008. “Penggunaan Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Siswa SMA Negeri 2 Medanâ€. Jurnal Tabularasa Pps Unimed. 5(1): 93-102.
Masruroh, Lutfi Dwi. 2013. “Permainan Tic Tac Toe Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Tunagrahita Ringanâ€. Jurnal Pendidikan Khusus.
Mulyanto, Arif. 2009. Peran Media Gambar Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufrodat).
Purwodarmito. 1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rosyidi, Abdul Wahab. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
DOI: 10.24235/ibtikar.v8i2.4261
Article Metrics
Abstract view : 117 timesPDF - 55 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nurul Hikmah Permatasari, Masri’ah .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â