PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII DI MTS SALAFIAH BODE PLUMBON CIREBON
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asih, Triana. 2011. Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Berbasis Portofolio Siswa SMA Negeri 1 Purbolinggo. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro.
Cartono. 2005. Biologi Umum untuk Perguruan Tinggi LPTK. Bandung: Prisma Press.
Cartono. 2007. Metode dan Pendekatan dalam Pembelajaran Sains. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Isjoni. 2007. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Klompok. Bandung: Alfabeta.
Juhji. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA Vol. 2 (1) : 58-70.
Malik, A. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Context Based Learning. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Rustaman, N. Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM press
Rustaman, N. Y. 2011. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM press.
Semiawan, C. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu, Startegi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Subiantoro, A. W. 2010. Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Suparman. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Maluku: Universitas Khairun
Zuriyani, E. 2011. Literasi Sains dan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Article Metrics
Abstract view : 76 timesPDF - 49 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.