PENERAPAN ATRIBUT ASESMEN FORMATIF FEEDBACK PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI UNTUK MEMBENTUK HABITS OF MIND SISWA KELAS XI MAN 2 KOTA CIREBON
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan.
Aydeniz, M., & Pabuccu, A. (2011). Understanding the Impact of Formatif Assessment Strategies on First Year University Students’ Conceptual Un¬derstanding of Chemical Concepts.Necatibey Faculty of Education Electronic Journal of Science and Mathematics Education. 5(2): 18-41. https://www.researchgate.net/publication/259850172.
Basuki, I & Hariyanto. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Costa, A. L & B. Kallick. (2008). Learning and Leading with Habits of Mind 16 Essential Characteristic for Success. Jakarta: Indeks.
Doan, L. (2013). Is feedback a waste of time? The stu¬dents’ perspective.Journal of Perspectives in Ap¬plied Academic Practice. 1(2): 3-10. DOI: 10.14297/jpaap.v1i2.69.
Gloria, R.Y. (2017). Efektivitas Pembelajaran Kapita Selekta Biologi Berbasis Masalah untuk Membentuk Habits of Mind Mahasiswa Calon Guru.Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains. 6(1): 8-14. DOI: 10.24235/sc.educatia.v6i1.1372.
Ismail. (2012). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAKEM. Semarang: Rasail Media Group.
Juleha, S., Khuzaemah, E., & Cahyani, D. (2014). Penerapan Strategi Belajar Murder Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas VIII MTs Al-Ikhlas Setupatok Cirebon.Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains. 3(2): 95-109. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/543/478.
Kartikawati, E. (2013). Penerapan Asesmen Formatif untuk meningkatkan Habits of Mind dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Pendidikan Biologi. repositoryupi.edu: 1-45.
Kartimi, Gloria, R.Y., Ayani, A. (2013). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pengajaran Biologi Untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII Di SMPN 1 Talun. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains. 2(1): 73-85. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/524/464.
Mulyani, A. (2013). Penerapan Multimedia-tutorial dalam Pembelajaran Sistem Saraf untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains. 2(1): 1-17. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/529/469.
Nahadi, Firman H, & Farina, J. (2015).Effect Of Feedback In Formative Assessment In The Student Learning Activities On Chemical Course To The Formation Of Habits Of Mind. Indonesian Journal of Science Education. 4(1): 36-42.
Nurhasanah, S & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran. 1(1): 135-142. http://ejournal.upi.edu/index.php/ jpmanper/article/view/3264/2338.
Purnomo, Y. W. (2013). Keefektifan Penilaian Formatif terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa ditinjau dari Motivasi Belajar.Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY: 649-656.
Ryan, C. S., & Hemmes, N. S. (2005). Effects of The Contingency for Homework Submission on Homework Submission and Quiz Performance in a College Course.Journal of Applied Behavior Analysis. 1 (38): 79-88. DOI: 10.1901/jaba.2005.123-03.
Saptono, S., Rustaman, N.Y., Saefudin, Widodo, A. (2016). Memfasilitasi Higher Order Thinking Skillsdalam Perkuliahan Biologi Sel Melalui Model Integrasi Atribut Asesmen Formatif.Unnes Science Education Journal. 5(3): 1403-1412. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/ article/view/13172.
Sriyati, S., Rustaman, N., dan Zainul Asmawi. (2010). Penerapan Asesmen Formatif Untuk MembentukHabits Of MindMahasiswa Biologi. Prosiding seminar nasional Biologi FPMIPA Universitas Negeri Semarang (UNNES): 1-14. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/ JUR._PEND._BIOLOGI/196409281989012-SITI_SRIYATI/Kumpulan_makalah_yang_sdh_ diseminarkan_12_artikel/Mklh_Unnes_2010.pdf.
Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sunandar. (2008). Peningkatan Hasil Belajar Kalkulus 1 Melalui Umpan Balik Tes Formatif dengan Pembelajaran Remedial. Jurnal Media Peneli¬tian Pendidikan. 2(2): 188-200. DOI: 10.26877/mpp.v2i2.282.
Zein, A. (2015). Penggunaan Mind Map dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Biologi Umum.Prosiding Semirata Bidang MIPA BKS-PTN Barat: Universitas Tanjungpura Pontianak: 482-491. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ semirata2015/article/download/13777/12352.
Article Metrics
Abstract view : 50 timesPDF - 37 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.