INOVASI BAHAN AJAR LKPD BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS, KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN PEMAHAMAN KONSEP
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengasah kemampuan siswa dalam menganalisis, mengkritisi dan menghubungkan konsep-konsep yang dipelajari di sekolah menggunakan graphic organizer dalam handout Biology sehingga siswa memperoleh pemahaman mendalam tentang konsep yang mereka pelajari dan menerapkan pengetahuan mereka untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian adalah desain kelompok kontrol pretest-posttest dengan pengumpulan data teknik menggunakan observasi, tes dan formulir pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan 1) aktivitas belajar kelas eksperimen siswa lebih baik daripada kelas kontrol; 2) Eksperimen dan kontrol kelas KBK meningkat, rata-rata kelas N-eksperimental 0,43 Keuntungan dan kontrol N-Gain rata-rata 0,31 kelas. Hasil tes statistik menghasilkan sig. 0,000 0,05, artinya <Ho ditolak dan Ha diterima; Respon siswa 3) terhadap penggunaan graphic organizer dalam handout Biologi termasuk dalam kriteria sangat kuat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) ada perbedaan yang meningkat signifikan antara siswa KBK eksperimen dan kontrol kelas, 2) aktivitas belajar siswa dalam eksperimen kelas jadi jauh lebih baik dari kelas kontrol, 3) siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan grafik penyelenggara dalam handout biologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akinoglu O & RO Tandogan. 2007. The Effect Of Problem Based Learning In Science Education On Students Academic Achievement, Attitude And Concept Learning: Eurasia Journal Of Mathematics, Science & Technology Educational, 3 (1), 71-78.
Bambang, S & Wahyu, S. (2013). Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Bandung: Trim Komunikata Publishing House.
Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Education research: an instrucduction (4th ed).NewYork: Longman Inc.
Dennis. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Krits dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka
Nurichah, E.F., Susantini E., & Wisanti. (2012). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal BioEdu Unesa, 1(2), 45-49.
Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas. 2010. Bahan Pelatihan: Penguatan MetodologiPembelajaran berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur.
Hake, R.R. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Makalah disajikan dalam Physics Education Research Conference, di Boise,Idaho.
Kurniahtunnisa., Dewi, N K., Utami, N R. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Ekskresi. Journal Of Biology Education: 5 (3) : 310-318
Lien PC. 2009. Learning from problem-based learning in a web-based environment: a systematic review. Reflection on PBL, 2(9): 12-17.
Maharani,Gultom. 2018. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemempuan Berpikir Kritis Di Mts Negeri Rantauprapat. Jurnal STKIP-Labuhan batu: Volume 4. No. 2.1-4.
Richard I. A. (2012). Learning To Teach Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Rohayati. 2006. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan.(-). 1-17
Sofiatin, Shintawati. Nurul Azmi. Evi Roviati. (2016). Penerapan Bahan Ajar Biologi Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Dan Daur Ulang Limbah (Studi Eksperimen Kelas X Mipa Di Sman 1 Plumbon). Scientia Educatia:Jurnal Pendidikan Sains.5(1):15-24
Article Metrics
Abstract view : 56 timesPDF - 66 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.