Manajemen Kurikulum di Pondok Pesantren Al-Madani

Didi Permadi(1*), Ahmad Ripai(2), Maman Rusman(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional, khususnya di bidang keagamaan yang mana unsur utamanya adalah perseorangan seperti kyai dan ustadz yang di dalamnya terdapat karakter tersendiri dan merupakan fenomena khas Indonesia yang sudah terbukti eksistensi dan perannya di masyarakat sejak jaman penjajahan sampai sekarang. Pendidikan di pesantren bertujuan untuk mencetak generasi bangsa agar berkepribadian muslim sesuai dengan ajaran-ajaran agama Islam dan mengaplikasikannya pada aspek kehidupan serta menjadikan manusia yang berguna untuk agama, bangsa dan negara. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu: (1) Sarana prasarana pembelajaran belum sesuai standar, (2) Padatnya pembelajaran yang ada di Kurikulum Pesantren Modern Darussalam Gontor, (3) Banyaknya mata pelajaran yang diterima oleh santri. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kurikulum pondok Pesantren Al-Madani Cikalong Kabupaten Majalengka. Adapun teori dalam penelitian ini dikutip dari beberapa sumber, salah satunya buku yang ditulis oleh Rusman (2009). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data menggunakan beberapa tahapan, yaitu:   reduksi data, penyajian data dan selanjutnya penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan, yaitu menyiapkan tujuan, kalender program satu tahun mendatang, dan proses pembelajaran, (2) Pelaksanaan, meliputi kegiatan intra dan ekstra santri yang sangat bergantung pada pimpinan dan ustadz/ustadzah, (3) Evaluasi, yang dilaksanakan seminggu sekali dan objek dari evaluasi tersebut adalah santri dan para pengajar, (4) Faktor Pendukung dan Penghambat, yang mana terdapat pada setiap elemen.

Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Pondok Pesantren, Santri, Pimpinan Pondok/Assatidz

 

Pesantren is a traditional educational institution, especially in the religious field where the main element is individuals such as kyai and ustadz in which there is a separate character and is unique Indonesian phenomena that has proven its existence role in society since the colonial era until now. Educational in Islamic boarding schools aims to print the nation’s generation so that it has a muslim personality in accordance with the teachings of Islam and applies it to aspects of life and makes humans useful for religion, nation, and state. This research has a problem formulation, namely: (1) learning infrastructure is not up to standard, (2) The density of learning in the curriculum of the modern Islamic boarding school Darussalam Gontor, (3) The number of subjects received by students. This study also aims to determine how the curriculum management of Al-Madani Islamic boarding school Cikalong, Majalengka Regency. As for the theory in this study, it was quoted from several sources, one of which was a book written by Rusman (2009). This study uses qualitative research methods with data collection techniques through interviews, observations, and documentation studies. Researchers conducted data analysis using several stages, namely: data reduction, data presentation and then drawing conclusions/verification. As for the results of this study, namely: (1) Planning, namely preparing goals, program calender for next year, and learning process, (2) Implementation, including intra and extra student activities that are very dependent on the leadership and ustadz/ustadzah, (3) Evaluation, which is held once a week and the objects of the evaluation are students and teachers, (4) Supporting and inhibiting factors, which are found in each element.

Keywords: Curriculum Manajement, Islamic Boarding Schools, Students, Leader of Islamic boarding schools/assatidz


References


Abawihda, R. (2012). Kurikulum Pendidikan Pesantren dan Tantangan Perubahan Global. Jakarta: Pustaka Belajar.

Mukti, M. Ali Hasan. (2009). Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Pedoman Jaya.

Muhammad, Iskandar Noer. (2003). Pergulatan Membangun Pesantren. Bekasi: PT Mencari Ridho Gusti.

Kurniawan, Asep. (2018). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Cirebon: Eduvision.

Kurniawan, Asep. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Raharjo, Dawam (1985). Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES.

Rohimah, M. Noor. (2012). KH. Hasyim Asy’ari Memodernisasi NU & Pendidikan Islam. Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu.

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.

Sudarman. (2019). Pengembangan Kurikulum. Samarinda: Mulawarman University PRESS.

Syafaruddin. 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Wahyudin, Dinn. 2014. Manajemen Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yuliana, Arikunto Suharsimi dan Lia. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Zubaedah, Engku Iskandar & Siti. (2012). Sejarah Pendidikan Islam. Bandung: PT Rosdakarya




DOI: 10.24235/jiem.v7i2.11846

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Didi Permadi, Ahmad Ripai, Maman Rusman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â