Implementasi Pemasaran Digital di Pondok Pesantren Al-Multazam dalam Upaya Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik

Ade Zezen Mohammad Zaenal Muttaqien(1*), Ahmad Ripai(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Beberapa faktor yang memengaruhi ketertarikan masyarakat untuk mendaftar ke sekolah, seperti sarana, faktor sumber daya manusia (SDM), dan faktor keunggulan sekolah, perlu diketahui oleh masyarakat. Salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah melaui kegiatan promosi. Pasca Pandemi Covid 19, pemasaran melalui media digital menjadi hal yang banyak dilakukan oleh sekolah-sekolah di Indonesia, salah satunya sekolah yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam. Penelitian ini mengungkap bagaimana manajemen marketing di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam dan bagaimana implementasi digital marketing di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam. Penelitian ini merupakan penelitian dengan analisis deskriptif kualitatif.  Data-data yang didapatkan dari observasi dan wawancara direduksi, serta dideskripsikan secara objektif, kemudian ditarik kesimpulan secara benar dan logis. Hasil penelitian ini menunjukan Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam sudah mengenal manajemen pemasaran yang dilakukan oleh Divisi Humas dan Dakwah, sekarang dikelola oleh Tim Media yang berada dibawah kesekretariatan Yayasan dan kepada Tim Panitia Rekrutmen Santri. Sedangkan implementasi digital marketing pada layanan jasa pendidikan di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam berdasarkan hasil penelitian ini berjalan cukup baik yang diindikasikan dengan implementasi semua sarana digital marketing kecuali pada sarana Affliate Marketing dan Email Marketing yang belum diterapkan.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Syamsul. (2020). Marketing Pendidikan: Strategi dan Implementasi Pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Tadris, Vol 14/No 1

Azra, Azyumardi. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Halim, Fitra dkk. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Yayasan Kita Menulis

Hambali, Muh. dan Mu’allimin. (2020). Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD, cet.1

Ida LP, Ahmad YS, & Desi EK. (2019). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Peserta Didik Dalam Pemilihan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan Volume 2 nomor 3

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of Marketing. Pearson.

Kotler, Philip & Kavin Lame. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lexy, J. Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusmanto. (2017). Pengantar Digital Marketing. Manajemen Pemasaran berbasis TI. Jakarta: Penerbit STT NF

Saihudin. (2018). Manajemen Institusi Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Sastroatmodjo. (2021). Manajemen Pemasaran Marketing. Bandung: Media Sains Inedonesia

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Zainurossalamia, Saida. (2020). Manajemen Pemasaran: Teori dan Strategi. Lombok Tengah: Forum Pemuda Aswaja




DOI: 10.24235/jiem.v7i2.13678

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ade Zezen Mohammad Zaenal Muttaqien

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â