Implementasi Pemasaran Digital di Pondok Pesantren Al-Multazam dalam Upaya Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Beberapa faktor yang memengaruhi ketertarikan masyarakat untuk mendaftar ke sekolah, seperti sarana, faktor sumber daya manusia (SDM), dan faktor keunggulan sekolah, perlu diketahui oleh masyarakat. Salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah melaui kegiatan promosi. Pasca Pandemi Covid 19, pemasaran melalui media digital menjadi hal yang banyak dilakukan oleh sekolah-sekolah di Indonesia, salah satunya sekolah yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam. Penelitian ini mengungkap bagaimana manajemen marketing di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam dan bagaimana implementasi digital marketing di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam. Penelitian ini merupakan penelitian dengan analisis deskriptif kualitatif. Data-data yang didapatkan dari observasi dan wawancara direduksi, serta dideskripsikan secara objektif, kemudian ditarik kesimpulan secara benar dan logis. Hasil penelitian ini menunjukan Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam sudah mengenal manajemen pemasaran yang dilakukan oleh Divisi Humas dan Dakwah, sekarang dikelola oleh Tim Media yang berada dibawah kesekretariatan Yayasan dan kepada Tim Panitia Rekrutmen Santri. Sedangkan implementasi digital marketing pada layanan jasa pendidikan di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam berdasarkan hasil penelitian ini berjalan cukup baik yang diindikasikan dengan implementasi semua sarana digital marketing kecuali pada sarana Affliate Marketing dan Email Marketing yang belum diterapkan.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Syamsul. (2020). Marketing Pendidikan: Strategi dan Implementasi Pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Tadris, Vol 14/No 1
Azra, Azyumardi. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Halim, Fitra dkk. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Yayasan Kita Menulis
Hambali, Muh. dan Mu’allimin. (2020). Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD, cet.1
Ida LP, Ahmad YS, & Desi EK. (2019). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Peserta Didik Dalam Pemilihan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan Volume 2 nomor 3
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of Marketing. Pearson.
Kotler, Philip & Kavin Lame. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lexy, J. Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusmanto. (2017). Pengantar Digital Marketing. Manajemen Pemasaran berbasis TI. Jakarta: Penerbit STT NF
Saihudin. (2018). Manajemen Institusi Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia
Sastroatmodjo. (2021). Manajemen Pemasaran Marketing. Bandung: Media Sains Inedonesia
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Zainurossalamia, Saida. (2020). Manajemen Pemasaran: Teori dan Strategi. Lombok Tengah: Forum Pemuda Aswaja
DOI: 10.24235/jiem.v7i2.13678
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ade Zezen Mohammad Zaenal Muttaqien
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:
Â