Perencanaan Kompensasi Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Tenaga Pendidik Di Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam
(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author
Abstract
Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan non formal dalam konteks pendidikan keagamaan Islam. Dalam konteks manajemen, peran ustadz dan ustadzah di Taman Pendidikan Al-Qur'an diakui sebagai sumber daya manusia yang sangat berperan. Hal ini membuat pengelolaan ustadz dan ustadzah merupakan suatu hal yang penting, termasuk pengelolaan terhadap perencanaan kompensasi yang diterima dalm upaya meningkatkan motivasi kerja. Adapun tempat penelitian dilakukan di TPQ Darul Muzakkirin. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dimana teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode Miles & Hubermas yang melibatkan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pembuatan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa perencanaan kompensasi finansial langsung bagi ustadz dan ustadzah yang berupa gaji masih sangat bergantung kepada Bantuan Kesejahteraan Guru (BKG) yang diberikan oleh pemerintah. Disamping itu, perencanaan kompensasis finansial tidak langsung juga belum dilakukan sepenuhnya kepada ustadz dan ustadzah TPQ. Adapun perencanaan kompensasi non finansial nampaknya cukup berhasil dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, bersahabat, dan kondusif. Hal ini menunjukkan bahwa perencanaan kompensasi di TPQ Darul Muzakkirin dapat meningkatkan motivasi kerja ustadz dan ustadzah, meskipun belum dilakukan seacra optimal dan perencanaan kompensasi tidak secara langsung dilakukan oleh lembaga.
Full Text:
PDFDOI: 10.24235/jiem.v8i1.16500
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Miftah Farid, Mulyawan Safwandy Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:
Â